Orbit transfer geostasioner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
GTO Orbit.png

Sebuah geosynchronous transfer orbit atau orbit transfer geostasioner atau geostationary transfer orbit (GTO) adalah sebuah orbit transfer Hohmann yang digunakan untuk mencapai orbit geosinkron atau orbit geostasioner.[1] Ini adalah orbit Bumi yang sangat elips dengan apogee dari 42.164 km (26.000 mil),[2] atau 35786 km (22.000 mil) di atas permukaan laut, yang sesuai dengan ketinggian geostasioner (GEO).

Argumen periapsis adalah sedemikian rupa sehingga apogee (titik terjauh) terjadi pada atau di dekat khatulistiwa. Perigee (titik terdekat) bisa dimana saja di atas atmosfer, tetapi biasanya terbatas pada beberapa ratus kilometer di atas permukaan bumi untuk mengurangi peluncur delta- V (\DeltaV) persyaratan dan untuk membatasi masa orbital atau peluruhan orbit (orbital decay) dari penghabisan booster.

Inklinasi dari GTO adalah sudut antara bidang orbit dan bidang khatulistiwa. Hal ini ditentukan oleh garis lintang dari tempat peluncuran dan azimuth peluncuran (arah ). Kecenderungan dan eksentrisitas keduanya harus dikurangi menjadi nol untuk memperoleh orbit geostasioner. Jika hanya eksentrisitas orbit dikurangi menjadi nol, hasilnya adalah orbit geosynchronous. Karena (\DeltaV) diperlukan untuk perubahan pesawat sebanding dengan kecepatan sesaat, kecenderungan dan eksentrisitas biasanya berubah bersama dalam manuver tunggal pada apogee mana kecepatan paling rendah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Larson, Wiley J. and James R. Wertz, eds. Space Mission Design and Analysis, 2nd Edition. Published jointly by Microcosm, Inc. (Torrance, CA) and Kluwer Academic Publishers (Dordrecht/Boston/London). 1991.
  2. ^ Vallado, David A. (2007). Fundamentals of Astrodynamics and Applications. Hawthorne, CA: Microcosm Press. p. 31.