Orbit phasing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
If spacecraft is behind the final position on the same orbit, the spacecraft must slow down to enter a smaller, faster phasing orbit to catch up to final position.
If the target (satellite) is behind the spacecraft (shuttle) in the same orbit, the spacecraft must speed up to enter a larger, slower phasing orbit to allow the target to catch up.

Dalam astrodinamik orbit pentahapan (orbit phasing) adalah sebuah penyesuaian posisi saat pesawat ruang angkasa di sepanjang orbitnya, biasanya digambarkan sebagai menyesuaikan pesawat ruang angkasa mengorbit anomali sejati.

Jenis yang paling dasar dari pentahapan manuver hanyalah transfer Hohmann dua-impuls yang mengambil pesawat ruang angkasa jauh dari, dan kemudian kembali ke, orbit aslinya, dengan periode orbit pengalihan dipilih sedemikian rupa sehingga waktu di mana pesawat ruang angkasa kembali ke nya orbit asli dapat ditentukan.

Orbit pentahapan diperlukan untuk pendekatan sukses untuk stasiun ruang angkasa dalam docking manuver. Di sini, dua pesawat ruang angkasa di orbit yang sama tetapi pada anomali benar berbeda rendezvous oleh salah satu atau kedua satelit memasuki pentahapan lintasan yang menyebabkan mereka untuk kembali ke orbit asli mereka di anomali sejati yang sama pada waktu yang sama.

Pentahapan manuver juga sering digunakan oleh satelit geosynchronous, baik untuk melakukan manuver stasiun untuk mempertahankan orbit mereka di atas lintang tertentu, atau untuk mengubah lintang sama sekali.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]