Orang lanjut usia di Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Populasi semakin menua di Jepang. Selama tahun 1950-an, persentase populasi dalam kelompok 65 tahun ke atas tetap stabil di sekitar 5%. Namun, selama dekade berikutnya, kelompok umur tersebut terus meningkat, dan pada tahun 1989 meningkat menjadi 11,6% dari populasi. Diperkirakan hal itu akan mencapai 16,9% pada tahun 2000 dan hampir 25,2% pada tahun 2020. Kemungkinan ciri khas yang paling tampak dari tren ini adalah kecepatan dibandingkan dengan tren di negara-negara industri lain. Di Amerika Serikat, ekspansi kelompok usia 65 tahun ke atas dari 7% menjadi 14% membutuhkan waktu 75 tahun; di Inggris dan Jerman, ekspansi ini memakan waktu 45 tahun. Ekspansi yang sama di Jepang hanya memakan waktu 24,5 tahun, melewati 7% pada akhir tahun 1970 dan 14% pada awal tahun 1995.

Stratifikasi usia dan lansia[sunting | sunting sumber]

Usia tua seharusnya merupakan waktu relaksasi dari kewajiban sosial, membantu pertanian keluarga atau bisnis tanpa memikul tanggung jawab utama, bersosialisasi, dan menerima perawatan dari keluarga dan penghormatan dari masyarakat. Pada akhir tahun 1980-an, tingkat bunuh diri yang tinggi (walaupun menurun) di antara orang tua dan keberadaan kuil yang berkelanjutan dengan seseorang dapat berdoa untuk kematian yang cepat[1] menunjukkan bahwa keharusan ini tidak selalu terpenuhi. Negara Jepang memiliki hari libur nasional yang disebut Hari Penghormatan Orang Lanjut Usia, tetapi bagi kebanyakan orang hari itu hanyalah hari libur biasa. Bus dan kereta api membawa tanda terutama tempat duduk yang dipesan khusus untuk mengingatkan penumpang agar menyerahkan tempat duduk mereka untuk penumpang lansia. Banyak lansia Jepang terus menjalani kehidupan penuh yang mencakup pekerjaan yang menguntungkan dan hubungan dekat dengan orang dewasa.

Meskipun usia standar pensiun di Jepang pada sebagian besar periode pascaperang adalah 55 tahun, seseorang berusia 65 tahun ke atas di Jepang lebih mungkin untuk bekerja daripada di negara maju lainnya pada tahun 1980-an. Pada tahun 1987 sekitar 36% pria dan 15% wanita dalam kelompok usia ini berada di angkatan kerja. Dengan dana pensiun yang lebih baik dan penurunan kesempatan untuk pertanian atau pekerjaan wiraswasta lainnya, bagaimanapun, membuat partisipasi angkatan kerja oleh orang lansia menurun sejak tahun 1960. Pada tahun 1986 sekitar 90% orang Jepang yang disurvei mengatakan bahwa mereka ingin terus bekerja setelah berusia 65 tahun. Hal itu ditandai dengan alasan keuangan dan kesehatan untuk pilihan ini. Faktor lain, seperti etos kerja yang kuat dan keterpusatan ikatan sosial pria di sekitar tempat kerja, mungkin juga berkaitan. Namun, pekerjaan tidak selalu tersedia, dan pria dan wanita yang bekerja setelah pensiun biasanya mengalami pengurangan gaji dan prestise yang cukup besar. Antara tahun 1981 dan 1986, proporsi orang berusia 60 tahun ke atas yang melaporkan bahwa pensiun publik adalah sumber pendapatan utama mereka meningkat dari 35% menjadi 53%, sementara mereka yang mengandalkan penghasilan untuk pendapatan turun dari 31% menjadi 25% dan mereka yang mengandalkan anak menurun dari 16% menjadi 9%.

Pada akhir abad kedua puluh, terdapat kecenderungan ke arah keluarga inti daripada rumah tangga tiga generasi yang meninggalkan lansia, terbiasa dengan nilai-nilai yang berbeda dan diharapkan untuk tinggal bersama keluarga putra mereka selama masa tua, dengan sendirinya.[2] Proporsi yang hidup dengan anak menurun dari 77% pada tahun 1970 menjadi 65% pada tahun 1985, meskipun angka ini masih jauh lebih tinggi daripada di negara-negara industri lainnya. Jumlah lansia yang tinggal di rumah atau panti jompo di Jepang juga meningkat dari sekitar 75.000 orang pada tahun 1970 menjadi lebih dari 216.000 orang pada tahun 1987.

Namun tetap saja, kelompok ini merupakan sebagian kecil dari total populasi lansia. Orang yang tinggal sendiri atau hanya dengan pasangan sebesar 32% dari kelompok 65 tahun ke atas. Kurang dari setengah dari mereka yang menanggapi survei pemerintah percaya bahwa menjadi tugas anak tertua untuk merawat orang tua, tetapi 63% menjawab bahwa wajar bagi anak-anak untuk merawat orang tua mereka yang sudah lanjut usia. Motif tempat tinggal bersama tampaknya telah berubah, dari rangkaian yang diharapkan dari masyarakat pertanian menjadi pilihan untuk mengatasi keadaan seperti penyakit atau menjanda di masyarakat pasca-industri.

Kesehatan lansia mendapat perhatian yang besar dari masyarakat. Tanggung jawab untuk perawatan orang tua, terbaring di tempat tidur, atau pikun, bagaimanapun, masih dilimpahkan terutama pada anggota keluarga, biasanya menantu perempuan.

Penuaan dan lansia[sunting | sunting sumber]

Sementara Jepang memfokuskan pembuat kebijakan dan pakar medisnya untuk mencari cara terbaik menangani populasi yang menyusut, penurunan tenaga kerja, dan kenaikan biaya perawatan lansia, suara dari para lansia sendiri jarang terdengar.[3]

Nbukan hanya banyak lansia yang ingin tetap bekerja untuk melawan masalah kesehatan psikologis dan fisik,[4] mereka termotivasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau memiliki hobi, kegiatan rekreasi dan "ikigai" - yang secara kasar berarti "tujuan hidup" - untuk menghindari ketakutan terburuk mereka menjadi beban bagi keluarga mereka. Menjaga diri mereka sibuk dan produktif, para lansia mengambil bagian dalam pekerjaan sukarela di organisasi masyarakat sipil dan proyek-proyek komunitas, sementara terdapat beberapa orang yang bergabung dengan proyek-proyek pembangunan luar negeri di bawah naungan Korps Sukarelawan Luar Negeri Jepang.[4] Selain aktivitas fisik, latihan mental juga dianjurkan, seperti membaca dengan suara keras, yang dianggap bermanfaat untuk menjaga kemampuan konsentrasi seseorang dan lebih menantang daripada hanya membaca dalam hati.[2] Populasi lansia yang aktif juga memberi jalan bagi pasar konsumen yang berkembang mulai dari rekreasi dan pendidikan hingga perawatan kesehatan dan perumahan.[4]

Sebuah inovasi terhadap masyarakat super-penuaan Jepang yang disebut REPRINTS, Research of Productivity by Intergenerational Sympathy, diluncurkan di wilayah Metropolitan Tokyo, yang memiliki 20,47 persen orang berusia di atas 65 tahun (di bawah rata-rata negara tersebut) pada tahun 2004 (Tokyo Statistical Yearbook, 2013, hal. 53). Proyek ini dimulai oleh tim peneliti untuk Partisipasi Sosial dan Promosi Kesehatan dari Tokyo Metropolitan Institute of Gerontology (TMIG), dan kemudian disponsori oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial. Tim termotivasi untuk membawa "partisipasi aktif dalam masyarakat oleh warga senior" di Tokyo, sambil mempelajari "bagaimana pertukaran antargenerasi antara relawan senior dan anak-anak mempengaruhi satu sama lain dan apa luaran yang dihasilkannya" (Research of Productivity by Intergenerational Sympathy, 2013). Setelah menyelesaikan lokakarya pelatihan tiga minggu, para relawan mengunjungi sekolah dasar dan taman kanak-kanak negeri dan kadang-kadang bahkan sekolah menengah atas tergantung pada permintaan sesi membaca buku bergambar. Para lansia dapat menentukan jenis buku yang sesuai untuk kelompok usia masing-masing yang akan mereka baca, atau terkadang, mereka dapat membaca cerita lama seperti mitos atau legenda Jepang kuno yang mereka nikmati selama masa kanak-kanak. Hal ini mendorong generasi tua untuk mengejar kegiatan intelektual sambil mentransfer kebijaksanaan dan berkontribusi pada pertumbuhan generasi muda. Meskipun jaringan REPRINTS sangat bergantung pada permintaan sekolah dan inisiatif para sukarelawan, pengalaman yang tercipta memiliki dampak besar baik bagi generasi muda maupun lansia itu sendiri. Sementara para siswa mengalami perubahan yang menyegarkan ke hari sekolah biasa mereka dengan cerita budaya yang menarik, peningkatan kesehatan yang bermanfaat ditemukan di antara para lansia yang intensif secara sukarela. Secara keseluruhan, jaringan REPRINTS memiliki aktivitas antargenerasi yang dapat dengan mudah diadopsi dan diperkenalkan ke komunitas lain sambil menyertakan warga lanjut usia, membantu mereka tetap aktif dan berguna bagi komunitas.[4]

Jenis program sukarela ini mungkin dapat menjadi jawaban untuk mempromosikan keterlibatan masyarakat, pemenuhan hidup dan kegiatan sehat bagi penduduk lanjut usia di Jepang.

Selain itu berbagai robot telah dikembangkan untuk memenuhi peningkatan jumlah lansia. Contohnya termasuk robot yang dirancang untuk memperoleh tanggapan emosional atau meningkatkan komunikasi seperti robot Paro atau Pepper serta robot asisten fisik, robot pelayan bergerak, dan robot pembawa orang. Robot-robot yang secara khusus dirancang untuk membantu lansia juga dikenal sebagai carebot, dan pengembangannya telah banyak didanai oleh pemerintah Jepang.[5]

Penuaan dan pensiun dari angkatan kerja[sunting | sunting sumber]

Seiring populasi Jepang yang semakin menua, begitu pula dengan tenaga kerja. Pada tahun 1990 sekitar 20% dari angkatan kerja terdiri dari pekerja berusia 55 tahun ke atas. Kementerian Tenaga Kerja memperkirakan bahwa pada tahun 2000 sekitar 24% dari populasi pekerja (hampir satu dari empat pekerja) akan berada dalam kelompok usia ini. Pergeseran demografis ini membawa masalah ekonomi makro dan ekonomi mikro. Di tingkat nasional, Jepang mengalami kesulitan membiayai sistem pensiun, dan masa depan sistem pensiun adalah topik utama dalam Pemilu Dewan Perwakilan Rakyat 2005. Di tingkat korporat, masalah termasuk meningkatnya biaya personel dan kekurangan posisi senior.

Di sebagian besar perusahaan Jepang, gaji meningkat seiring bertambahnya usia pekerja. Karena pekerja yang lebih muda dibayar lebih rendah, mereka lebih menarik bagi pemberi kerja, dan kesulitan dalam mencari pekerjaan meningkat seiring bertambahnya usia. Pola ini dibuktikan dengan tingkat pengangguran untuk kelompok umur yang berbeda dan jumlah pelamar per lowongan pekerjaan untuk setiap kelompok umur pada lowongan yang ditangani oleh kantor ketenagakerjaan publik. Seiring bertambahnya usia populasi Jepang, tren seperti itu dapat tumbuh.

Sebagian besar perusahaan Jepang mengharuskan karyawan pensiun setelah mencapai usia tertentu. Selama sebagian besar periode pascaperang, usia itu adalah 55 tahun. Karena pembayaran jaminan sosial pemerintah biasanya dimulai pada usia 60 tahun, para pekerja terpaksa mencari pekerjaan kembali untuk mengisi kesenjangan lima tahun. Namun, pada tahun 1986 Diet Jepang mengesahkan undang-undang untuk memberikan berbagai insentif bagi perusahaan untuk menaikkan usia pensiun menjadi 60 tahun. Banyak perusahaan Jepang menaikkan usia pensiun yang ditetapkan, sebagian sebagai tanggapan terhadap undang-undang ini. Dan meskipun kebijakan pensiun wajib, banyak perusahaan Jepang mengizinkan karyawannya untuk terus bekerja di atas usia 60 tahun, meskipun umumnya dengan upah yang lebih rendah. Orang yang berusia di atas 60 tahun terus bekerja karena berbagai alasan: untuk menambah pendapatan pensiun yang tidak memadai, memberi makna pada kehidupan mereka, atau tetap berhubungan dengan masyarakat. Beberapa perusahaan, khususnya perusahaan kecil dan menengah (UKM) memasukkan berbagai adaptasi seperti membuat tempat kerja bebas hambatan, realokasi tugas kerja, dan membangun "sistem perbaikan yang berorientasi pada lansia" kaizen untuk "memastikan motivasi dan kinerja pekerja lanjut usia melalui berbagai adaptasi konten pekerjaan dan lingkungan mereka”.[6]

Seiring bertambahnya usia populasi Jepang, kesehatan keuangan rencana pensiun publik memburuk. Untuk menghindari kenaikan besar-besaran dalam premi, pemerintah mereformasi sistem pada tahun 1986 dengan memotong tingkat tunjangan dan menaikkan usia yang ditentukan dalam rencana dengan tunjangan dimulai dari 60 tahun menjadi 65 tahun. Di bawah sistem yang direvisi, kontribusi yang dibayarkan dalam porsi yang sama oleh pemberi kerja dan karyawan diharapkan setara dengan sekitar 30% dari upah, berbeda dengan 40% dari upah di bawah sistem lama. Namun, masalah kemudian muncul dalam mengamankan kesempatan kerja untuk kelompok usia 60 hingga 65 tahun.

Pada tahun 1990, sekitar 90% perusahaan membayar dana pensiun kepada karyawannya dalam bentuk pembayaran dan pensiun sekaligus. Beberapa perusahaan mendasarkan jumlah pembayaran pada gaji pokok karyawan, sementara yang lain menggunakan formula yang tidak bergantung pada gaji pokok. Karena sistem ini dirancang untuk menghargai layanan yang lama, pembayaran meningkat secara progresif dengan jumlah tahun kerja.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Praying for a 'pokkuri' moment: No muss, no fuss". Japan Today. Diakses tanggal 13 January 2017. 
  2. ^ a b Inger, Maleen B. (2014). "Aging in Urban Japan - Intergenerational Reading in Tokyo". Working with Older People. 18 (1): 24–29. doi:10.1108/WWOP-10-2013-0026. 
  3. ^ McCurry, Justin (2015). "Japan Will be Model for Future Super-Ageing Societies". The Lancet. 386 (10003): 1523. doi:10.1016/S0140-6736(15)00525-5alt=Dapat diakses gratis. PMID 26530607. 
  4. ^ a b c d Kingston, Jeff (2011). Contemporary Japan: History, Politics And Social Change Since the 1980sAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan (edisi ke-1st). Wiley-Blackwell Publishing. hlm. 43. ISBN 978-1-4051-9194-4. 
  5. ^ Japan is running out of people to take care of the elderly, so it's making robots instead, Business Insider, 20 November 2015
  6. ^ Martine, Julien; Jaussaud, Jacques (2018). "Prolonging working life in Japan: Issues and practices for elderly employment in an aging society". Contemporary Japan. 30 (2): 227–242. doi:10.1080/18692729.2018.1504530. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]