Orang hilang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Orang hilang adalah orang yang hilang dan status hidup atau matinya tidak dapat dipastikan karena lokasi dan kondisinya tidak diketahui. Seseorang mungkin menghilang karena keinginannya sendiri, karena kecelakaan, kejahatan, atau mati di lokasi yang sukar ditemukan (seperti di laut), atau banyak alasan lainnya. Di sebagian besar dunia, orang hilang biasanya akan ditemukan dengan cepat. Sementara penculikan kriminal adalah beberapa kasus orang hilang yang paling banyak dilaporkan, ini hanya mencakup 2-5% dari anak-anak hilang di Eropa.

Sebaliknya, beberapa kasus orang hilang tetap tidak terselesaikan selama bertahun-tahun. Hukum yang terkait dengan kasus ini seringkali rumit karena, di banyak yurisdiksi, kerabat dan pihak ketiga tidak boleh berurusan dengan aset seseorang sampai kematian mereka dianggap terbukti oleh hukum dan sertifikat kematian resmi dikeluarkan. Situasi, ketidakpastian, dan kurangnya penutupan atau pemakaman yang diakibatkan ketika seseorang hilang mungkin sangat menyakitkan dengan efek jangka panjang pada keluarga dan teman.

Sejumlah organisasi telah dibentuk untuk menemukan, berbagi praktik terbaik, dan menyebarkan informasi dan gambar anak hilang untuk meningkatkan efektivitas investigasi orang hilang, termasuk Komisi Internasional Orang Hilang, International Centre for Missing & Exploited Children (ICMEC). Terdapat pula beberapa organisasi nasional, seperti National Center for Missing & Exploited Children di AS, Missing People di Inggris, Child Focus di Belgia, dan The Smile of the Child di Yunani.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]