Lompat ke isi

Orang Khamti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Khamti Shan
Diorama orang Khamti di Museum Jawaharlal Nehru, Itanagar
Daerah dengan populasi signifikan
Myanmar, India
Bahasa
Khamti, Burma, Assam, dan lain-lain
Agama
Buddha Theravada, Animisme, Hinduisme
Kelompok etnik terkait
Orang Thai, Orang Shan

Khamti, atau Tai Khamti, Thai: (ชาวไทคำตี่, Chao Tai Kam Dtee), adalah sebuah sub-kelompok orang Shan yang ditemukan di Divisi Sagaing, Distrik Hkamti di barat laut Burma serta distrik Lohit di Arunachal Pradesh di India. Sejumlah kecil dapat ditemukan di sebagian Assam serta distrik Siang Timur di Arunachal Pradesh. Pada 1990 total populasi mereka diperkirakan sekitar 70,000, namun pada tahun 2000 jumlah tersebut dikalkulasi ulang dan didapati jumlah 13,100 yang 4,235 diantaranya tinggal di Burma. Nama suku tersebut juga disebut sebagai Hkamti oleh orang Burma dan Khampti oleh bangsa Assam.

Orang-orang Khamti yang tinggal di wilayah di sekitar Tengapani adalah keturunan dari para migrant yang datang pada abad ke-18 dari wilayah Bor-Khampti, sebuah lembah pegunungan di Irrawaddy. Orang-orang Khamti berada di Asia Timur.

Tai-Khamti adalah para pengikut Buddha Theravada. Tai-Khampti mengadopsi aksara asal Shan, yang dikenal sebagai Lik-Tai pada bahasa mereka.[1] Bahasa ibu mereka dikenal sebagai bahasa Khamti.

Referensi

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]