Oprichnina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lukisan Oprichnik karya Nikolai Nevrev yang menggambarkan penghukuman mati konspirator I. P. Fedorov (kanan).

Oprichnina (bahasa Rusia: опри́чнина, IPA: [ɐˈprʲitɕnʲɪnə]) adalah kebijakan yang diberlakukan oleh Tsar Ivan yang Mengerikan di Rusia dari tahun 1565 hingga 1572. Kebijakan ini membentuk polisi rahasia, melakukan penindasan massal, penghukuman mati di muka umum, dan penyitaan tanah dari aristokrat Rusia. Enam ribu polisi rahasia yang ditugaskan oleh Tsar dijuluki oprichniki, dan istilah oprichnina juga mengacu kepada organisasi polisi rahasia ini.[1]

Istilah oprichnina yang dicetuskan oleh Tsar Ivan berasal dari kata dalam bahasa Rusia oprich (bahasa Rusia: опричь), yang berarti "terpisah dari" atau "kecuali".

Latar belakang pemberlakuan sistem ini adalah ketakutan Tsar Ivan bahwa para bangsawan akan mengkhianatinya.[2][3] Sebelumnya, pada tahun 1564, Pangeran Andrei Kurbsky telah berkhianat dan memimpin pasukan Lituania melawan Rusia dan menghancurkan kawasan Velikiye Luki.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oleg Gordievsky and Christopher Andrew (1999). KGB: The Inside Story of its intelligence operations from Lenin to Gorbachev (Russian language edition, Moscow, Centerpoligraph, ISBN 5-227-00437-4, halaman 21)
  2. ^ R.Skrynnikov, Ivan Grosny, M., Science, 1975, hlm.93-96
  3. ^ Andrei Pavlov and Maureen Perrie, Ivan the Terrible (London: Pearson Education Limited, 2003), 123.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]