Operasi Phantom Thunder

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Operasi Phantom Thunder
Bagian dari Perang Irak

Seorang tentara Amerika menembakkan AT4 di lingkungan Adhamiyah.
Tanggal16 Juni 2007 – 14 Agustus 2007
LokasiIrak
Hasil

Kemenangan Sekutu

(Wilayah besar yang sebelumnya dikuasai pemberontak berada di bawah kendali koalisi; Operasi dilanjutkan dengan Operasi Phantom Strike)
Pihak terlibat
 Irak
 Amerika Serikat

Negara Islam Irak


Tentara Mahdi
Prajurit Stryker yang ditugaskan ke Batalyon ke-4, Resimen Infanteri ke-9, mempersiapkan diri untuk masuk ke sebuah kios dari lumpur selama pembersihan sebuah desa di pinggiran kota Baqouba, Irak, 19 juni 2007.

Operasi Phantom Thunder dimulai pada tanggal 16 juni 2007, ketika Multi-Nasional Force-Irak meluncurkan operasi penyerbuan masif terhadap kelompok al-Qaeda dan ekstremis teroris lainnya yang beroperasi di seluruh wilayah Irak. Operasi Phantom Thunder adalah sebuah operasi tingkat korps, termasuk didalamnya Operasi Arrowhead Ripper di Diyala Provinsi, Operasi Marne Obor dan Operasi Komando Eagle di Babil, Operasi Fardh al-Qanoon di Baghdad, Operasi Alljah di Anbar, Provinsi, dan melanjutkan pasukan khusus tindakan melawan Tentara Mahdi di Irak selatan dan melawan Al-Qaeda pimpinan di seluruh negeri. operasi adalah salah satu yang terbesar dalam operasi militer di Irak sejak invasi AS pada tahun 2003.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan bulan oktober 2006, al-Qaeda mengumumkan pembentukan negara Islam Irak (ISI), menggantikan Mujahidin Shura Council (MSC) dan al-Qaeda di Irak (AQI).

Dari Januari hingga Juni 2007, sebagai bagian dari "surge", tambahan lima brigade tiba di Irak dan dikerahkan di seluruh wilayah Baghdad Sabuk dalam persiapan untuk operasi yang akan datang. Pada saat yang sama, pasukan AS meluncurkan operasi "pembentukan" untuk mengatur kondisi untuk operasi.

Pada 14 juni, Komando Operasional Diyala didirikan, Irak komando setingkat korps yang memungkinkan koordinasi antara pasukan keamanan Irak sepanjang wilayah Diyala.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]