Operasi Gambit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Operasi Gambit adalah bagian dari Operasi Neptune, fase invasi pendaratan dari utara Perancis (Overlord) selama Perang Dunia Kedua. Langkah pertama melibatkan dua kapal selam kelas X (kapal selam kecil Inggris) menandai ujung invasi pantai Anglo-Canadian. Menggunakan lampu navigasi dan bendera, kapal selam yang menunjukkan batas barat dan timur Sword dan Juno.

X20 dan X23 tiba di posisi pada 4 juni dan karena keterlambatan yang disebabkan oleh cuaca buruk, tetap di posisinya sampai 4:30 a.m. pada tanggal 6 juni (D-Day) ketika mereka muncul, mendirikan alat bantu navigasi, dengan ketinggian 18 ft (5,5 m) tiang teleskopik dengan cahaya bersinar ke arah laut, suar radio dan gema suara, memberikan pesan kepada kapal pemasang ranjau untuk mendekati Sword dan Juno.

Operasi serupa juga ditawarkan kepada pendaratan pasukan Amerika Serikat untuk menandai pantai mereka tapi mereka tolak.

Kapal selam sempat mengalami resiko kerusakan akibat kesalahan penembakan oleh sekutu sendiri dan untuk menghindari hal ini, Letnan George Honour yang merupakan kapten X23 mengibarkan Bendera Putih Inggris ukuran lebih dari biasanya yang digunakan oleh kapal-kapal induk.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kemp 1996, hlm. 170–172.

Referensi[sunting | sunting sumber]