Opera Jawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Opera Jawa
Garin-nugroho-Opera Jawa.gif
SutradaraGarin Nugroho
ProduserGarin Nugroho
PenulisArmantono
Garin Nugroho
PemeranArtika Sari Devi
Martinus Miroto
Eko Supriyanto
I Nyoman Sura
Retno Maruti
Jecko Siompo Pui
Slamet Gundono
MusikRahayu Supanggah
SinematografiTeoh Gay Hian
PenyuntingAndhy Pulung Waluyo
DistributorSET Film Workshop
Durasi
120 menit
NegaraIndonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2006

Opera Jawa adalah film musikal produksi gabungan Indonesia dan Austria yang disutradari oleh Garin Nugroho dan diproduksi pada tahun 2006, dibintangi antara lain oleh Artika Sari Devi, Martinus Miroto dan Retno Maruti.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah dalam film independen ini menggambarkan kehidupan yang penuh konflik dengan menggunakan kisah Ramayana sebagai patokan cerita. Hampir semua aspek kehidupan masuk di dalamnya: mulai dari permasalahan cinta segitiga dalam sebuah keluarga (dengan tokoh Setyo, Siti, dan Ludiro) hingga masalah sosial, politik, dan perekonomian yang mengorbankan kehidupan rakyat kecil.

Ada aspek yang unik dari film ini karena menggabungkan unsur seni drama, tari, busana tradisional Indonesia serta menampilkan juga keindahan panorama Indonesia. Para seniman Indonesia di bidang-bidang tersebut juga turut meramaikan film ini.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film ini masuk dalam nominasi Festival Film Internasional Venesia 2006, Festival Film Internasional London 2006 dan Festival Film Internasional Toronto 2006. Dalam Festival Film Indonesia 2006 mendapat nominasi untuk kategori film layar lebar. Dalam Festival International Film Independent Bruxelles Ke-35 di Brussel, Belgia, 4-9 November 2008, film ini meraih penghargaan tertinggi untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Garin Nugroho), dan Aktris Terbaik (Artika Sari Devi).[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mondar-mandir panggung Rifat". Gatra daring. Edisi 22 November 2008. Diakses 22-11-2008.