Olimpiade Kebumian Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Olimpiade Kebumian Internasional (bahasa Inggris: International Earth Science Olympiad / IESO) adalah salah satu dari tiga belas Olimpiade Sains Internasional, yang merupakan sebuah kompetisi tahunan bagi pelajar sekolah menengah yang menguji kemampuan dalam disiplin ilmu geologi, meteorologi, oseanografi, dan astronomi. Pelajar yang menjadi pemenang dalam kompetisi nasional di masing-masing negara diundang untuk berpartisipasi dalam IESO dan semua negara yang tertarik mengikutinya dapat berkontribusi dalam kegiatan IESO. Di Indonesia, penyeleksian calon peserta IESO dilakukan melalui Olimpiade Sains Nasional bidang Kebumian dan Pelatihan Nasional Calon Peserta IESO.

Olimpiade ini merupakan salah satu kegiatan utama dari Organisasi Pendidikan Ilmu Kebumian Internasional (International Geoscience Education Organization / IGEO) yang bertujuan untuk menumbuhkan minat pelajar dan kepedulian umum mengenai ilmu kebumian, serta untuk menambah pembelajaran ilmu kebumian bagi pelajar di seluruh dunia.

Daftar Tuan Rumah[sunting | sunting sumber]

Partisipasi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia mengikuti Olimpiade Kebumian Internasional (IESO) sejak awal ajang ini diadakan pada tahun 2007 dengan mengirimkan Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia (TOIKI). Berikut adalah prestasi individu yang berhasil diraih oleh TOIKI: