Ofel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ofel (bahasa Ibrani: עופל), berarti bukit berbenteng atau wilayah atas, adalah nama alkitab yang diberikan untuk bagian pemukiman atau kota tertentu yang lebih tinggi daripada wilayah di sekitarnya. Dalam alkitab Ophel merujuk pada ketinggian di dua kota: Kota Daud di Kota Tua Yerusalem[1], dan di Samaria[2], ibu kota kuno Kerajaan Israel. Ernest L. Martin mengklaim dalam bukunya, "The Temples that Jerusalem Forgot", bahwa gundukan Ofel adalah tempat berdirnya Bait Pertama dan Kedua dan tempat yang sekarang disebut Bukit Bait sebenarnya adalah Benteng Romawi, Antonia.

Istilah ini setara dengan istilah Yunani, Acropolis.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

  • 2 Tawarikh 27:3: "Ia mendirikan Pintu Gerbang Tinggi di rumah TUHAN dan mengadakan banyak pembangunan pada tembok Ofel."
  • 2 Tawarikh 33:14: "Kemudian ia mendirikan tembok luar pada kota Daud, di sebelah Barat Gihon, di lembah, sampai dekat Pintu Gerbang Ikan, mengelilingi Ofel. Tembok itu dibuatnya sangat tinggi. Ia menempatkan juga panglima-panglima perang di tiap kota kubu di Yehuda."
  • Nehemia 3:26: "sampai di depan pintu gerbang Air, di sebelah timur, dan di depan menara yang menonjol. Adapun para budak di bait Allah tinggal di Ofel."
  • Nehemia 3:27: "Di samping Pedaya orang-orang Tekoa memperbaiki bagian yang berikut, dari depan menara besar yang menonjol itu sampai tembok Ofel."
  • Nehemia 11:21: "Tetapi para budak di bait Allah tinggal di Ofel. Ziha dan Gispa adalah pemimpin para budak di bait Allah itu.

Arkeologi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012 pakar arkeologi Israel terkemuka, Eilat Mazar, mengumumkan penemuan inskripsi pada ekskavasi di Ofel. "Inskripsi Ofel" ini dibuat pada suatu guci penyimpanan besar, dan hanya satu bagian terdiri dari 8 huruf yang terlestarikan. Bertarikh sekitar abad ke-11/ke-10 SM, tulisan ini belum dapat ditentukan bacaannya, maupun penulisnya, antara orang Ibrani atau orang Yebus.[3][4][5]

Pada tanggal 9 September 2013, Universitas Ibrani Yerusalem mengumumkan bahwa Eilat Mazar baru menemukan suatu harta karun emas di kaki Al-Haram asy-Syarif, bertarikh pada akhir periode Bizantin (awal abad ke-7 M). Dinamai "Harta karun Ofel" (Ophel Treasure, tempat penyimpanan berusia 1400 tahun ini antara lain memuat suatu medalion emas dimana diukir sebuah Menorah, shofar dan gulungan Taurat.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]