Ofek-16

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ofek 16
Jenis misiSatelit mata-mata
COSPAR ID2020-044A
SATCAT no.45860Sunting di Wikidata
Properti wahana
ProdusenIsrael Aerospace Industries
Daya6kW
Awal misi
Tanggal luncur6 Juli 2020, 01:00 UTC[1]
Roket peluncurShavit[2]
Tempat peluncuranPangkalan Udara Palmachim[1]
Parameter orbit
Sistem rujukanGeosentris
Sistem orbitBumi rendah[3]
 

Ofek 16 adalah satelit mata-mata milik Israel yang diluncurkan pada 6 Juni 2020 pukul 4 pagi waktu Israel. Satelit tersebut diluncurkan menggunakan roket peluncur Shavit dari Pangkalan Udara Palmachim di Israel bagian tengah. Menteri pertahanan Israel menyebut satelit ini sebagai "sebuah satelit mata-mata elektro-optis dengan teknologi canggih."[2] Satelit ini akan bergabung dengan jaringan satelit mata-mata Israel lainnya untuk memantau wilayah Timur Tengah.[3]

Proyek satelit Ofek 16 dipimpin oleh Kementerian Pertahanan Israel bersama Israel Aerospace industries (IAI) sebagai kontraktor utamanya. Setelah mencapai orbit, tim dari Kementerian Pertahanan Israel dan IAI akan melakukan serangkaian uji coba untuk menguji kesiapan satelit. Gambar pertama akan dikirimkan oleh satelit sepekan setelah peluncuran. Setelah serangkaian uji coba dan verifikasi selesai dilakukan, satelit akan dioperasikan oleh Unit 9900 Angkatan Bersenjata Israel yang menangani semua satelit mata-mata Israel.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Ofek 16 reconnaissance satellite launched into space by Defense Ministry". The Jerusalem Post | JPost.com. Diakses tanggal 2020-07-06. 
  2. ^ a b Post, The Jakarta. "Israel launches spy satellite to keep a better eye on enemies". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-06. 
  3. ^ a b c Gross, Judah Ari. "With Iran in its sights, Israel launches new spy satellite into orbit". www.timesofisrael.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-06.