Octavarium (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Octavarium
Octavarium song.jpg
Singel oleh Dream Theater
dari album Octavarium
Format Digital
Direkam 2005
Genre Progressive rock, progressive metal
Durasi 24:00
Label rekaman Atlantic
Pengarang lagu James LaBrie, John Petrucci, Mike Portnoy
Komposer Dream Theater
Daftar rekaman Octavarium
"Sacrificed Sons"
(7)
Octavarium
(8)

Octavarium adalah sebuah lagu dari band progressive metal /rock Dream Theater, dari album dengan nama yang sama. Lagu ini diawali dengan Jordan Rudess menggunakan Haken Continuum dan gitar lap steel nya, menggambarkan referensi dari lagu Pink Floyd , Shine On You Crazy Diamond, Tangerine Dream, album Scene dari Marty Friedman, dan lagu Queen, Bijou.

Bagian Lagu[sunting | sunting sumber]

Octavarium memiliki lima bagian, dan dimulai dari nada satu oktaf lebih tinggi dari The Root Of All Evil, meskipun dalam kunci yang sama.

I. Someone Like Him[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan Continuum (instrument) /lap steel gitar solo oleh Jordan Rudess yang panjang, bagian ini menceritakan dari sudut pandang orang pertama. Menggambarkan pikiran seseorang ketika ia memutuskan apa yang harus dilakukan dalam perjalanan hidupnya, serta keinginannya untuk tidak pernah menjadi orang biasa. Hal ini tampaknya terpengaruh dari "Carpe Diem", tema yang mempengaruhi sebagian besar EP "A Change of Seasons".

Dia berhasil menjalani kehidupan yang luar biasa, tetapi dengan kehidupannya itu, akhirnya ia berharap untuk menjadi orang biasa, 'Someone like Him'. Hal ini juga sejalan dengan 'Full Circle', tema dari Octavarium: "this story ends where it began".

Teori lain tentang bagian ini adalah jika bagian ini berbicara tentang karier musik John Petrucci, pertama mengagumi idolanya tetapi tidak ingin menjadi seorang musisi, dan akhirnya berubah pikiran dan menyadari apa yang ia inginkan selama ini.

II. Medicate (Awakening)[sunting | sunting sumber]

Seseorang bangun dari tidur dan menemukan seorang dokter yang duduk di samping tempat tidurnya. Dokter memberitahu dia bahwa ia telah mengalami tidur katatonik selama 30 tahun, tetapi ia yakin ia bisa menyembuhkannya. Tiba-tiba, pasien sangat membutuhkan bantuan karena ia merasa kesadarannya memudar. Dokter meresepkan dosis yang lebih tinggi dari obat-obatan, tetapi tampaknya tidak membantu. Meskipun dokter gagal dalam membantu dia, pasien memberitahu dokter bahwa dia tidak bersalah, dan bahwa ia tidak perlu merasa malu. Akhirnya, pasien kembali ke dalam ketidaksadaran. Hal ini sejalan dengan peristiwa pada cerita film Awakenings.

Sekali lagi, ini juga mencerminkan tema "this story ends where it began".

III. Full Circle[sunting | sunting sumber]

Full Circle adalah syair Mike Portnoy untuk progressive rock, ditampilkan dalam lirik dengan beberapa referensi yang mendasari lagu favorit, band dan banyak lagi. Jenis komposisi disebut Cento. Sekali lagi referensi dibuat untuk tema pemersatu lagu ('Everything ends where it begins'). Pencacahan menggunakan suku kata/kata terakhir sebagai awal dari referensi selanjutnya meningkatkan pesan yang semuanya terkait, tema umum di seluruh album Dream Theater. (contohnya Day for Night, mare Cinema, Show). Ada juga tanda halus lain dengan tema dalam referensi sendiri; (Bagian dimulai dan berakhir dengan referensi Pink Floyd).

IV. Intervals[sunting | sunting sumber]

Sebelum setiap bait dalam lirik, Mike Portnoy mengatakan gelar skala. Dalam setiap bait, sebuah lagu dari album Octavarium dirujuk, dan klip audio dari lagu dimainkan pada suara latar.[1]

  • Mike Portnoy berkata "Root"
    • "Take all of me" (menit 3:03 dari The Root Of All Evil) dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Second"
    • "Don't let the day go by" (menit 4:21 dari The Answers lies Within) dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Third"
    • sebuah klip dari These Walls dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Fourth"
    • "I walk beside you" (menit 1:06 dari I Walk Beside You) dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Fifth"
    • "Hysteria" (menit 3:55 dari Panic Attack) dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Sixth"
    • "What would you say" (menit 3:03 dari Never Enough) dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Seventh"
    • sebuah klip dari Sacrificed Sons dimainkan pada suara latar
  • Mike Portnoy berkata "Octave"
    • "Suara efek muncul" (menit 11:52 dari Octavarium part II) dimainkan pada suara latar
Root Our deadly sins fill his mortal wrath
Remove all obstacles from our path
Fifth Tortured insanity, a smothering hell
Try to escape but to no avail
The Root of All Evil Panic Attack
Second Asking questions, search for clues
The answer's been right in front of you
Sixth The calls of admirers who claim they adore
Drain all your lifeblood while begging for more
The Answer Lies Within Never Enough
Third Try to break through, long to connect
Fall on deaf ears with failed muted breath
Seventh Innocent victims of merciless crimes
Fall prey to some madmen's impulsive designs
These Walls Sacrificed Sons
Fourth Loyalty, trust, faith and desire
Carries love through each darkest fire
Octave Step after step, we try controlling our fate
When we finally start living it's become too late
I Walk Beside You Octavarium

Untuk menyelesaikan Octave itu, LaBrie mengulangi bait "Trapped inside this Octavarium", yang berarti bahwa ia terjebak dalam lingkaran penuh Octavarium, yang awal dan akhir yang sama. Untuk mengucapkan intensitas pernyataan ini (suara jeritan), LaBrie berusaha suaranya lebih dari apa yang telah dilakukannya selama lebih dari satu dekade. Pada saat lirik lagu mencapai ulangan keempat, suara LaBrie telah mencapai setinggi G5, catatan tertinggi di lagu Dream Theater dari vokal, mengalahkan suara tinggi F# yang terkenal pada lagu "Learning to Live". Selama pertunjukan live, LaBrie biasanya menyanyikan tiga baris pertama dengan not yang sama, kemudian melompat ke not yang lebih tinggi pada dua suku kata terakhir dari kata "Octavarium", kadang-kadang akan setinggi A5, menahan not dan melakukan trills rendah pada yang terakhir.

V. Razor's Edge[sunting | sunting sumber]

Bagian ini hanya menekankan sifat siklus dari segala sesuatu, serta album, karena mulai di mana ia berakhir, menggunakan melodi yang sama seperti akhir The Root of All Evil pada trek pertama, juga berakhir dengan nada yang sama dengan awal The Root of All Evil dimulai.

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]