OTO Melara 76 mm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

OTO Melara 76 mm gun adalah bagian artileri angkatan laut dibangun dan dirancang oleh perusahaan pertahanan Italia Oto Melara. Hal ini didasarkan pada Oto Melara 76 / 62C dan berkembang ke arah 76/62 SR dan 76/62 Strales. meriam sistem Compatto Oto Melara 76 mm cukup kompak untuk diinstal pada kapal perang yang relatif kecil, seperti korvet, avisos (sebuah kapal di suatu tempat antara korvet dan kapal patroli), atau kapal patroli. Tingkat tinggi Pistol murah dari penembakan dan ketersediaan amunisi khusus membuatnya cocok dalam peran bervariasi seperti jarak pendek titik pertahanan anti-rudal, anti-pesawat, anti-permukaan, dan tanah dukungan. Amunisi khusus meliputi baja tajam, pembakar, efek fragmentasi diarahkan, dan dipandu putaran dipasarkan sebagai mampu menghancurkan manuver rudal anti-kapal. Sebuah kubah siluman sekarang ditawarkan.

OTO Melara 76 mm telah banyak diekspor, sedang digunakan secara internasional oleh 60 angkatan laut. Baru-baru ini disukai dibanding gun angkatan laut Prancis 100mm untuk bersama Prancis / Italia proyek kapal frigate kelas Horizon dan FREMM. Pada 27 September 2006 Iran mengumumkan telah memulai produksi massal dari senjata artileri laut, bernama Fajr-27, yang merupakan Oto Melara gun reverse-engineered 76 mm.

Amunisi[sunting | sunting sumber]

Untuk memberikan banyak peran pada senjata, OTO menyediakan pengguna dengan rentang luas amunisi khusus:[butuh rujukan]

  • HE standar (semua model): berat 6.296 kg, kisaran 16 km, efektif 8 km (4 km vs target udara pada 85 °)
  • MOM: dikembangkan oleh OTO (Multirole OTO Munition)
  • PFF: proyektil anti-rudal, dengan fuse kedekatan dan bola tungsten yang tertanam di selongsong shell untuk efek fragmentasi yang ditentukan
  • SAPOM: 6,35 kg (0,46 kg HE), berkisar 16 km (SAPOMER: 20 km) semi-armoured piercing
  • DART: proyektil yang dipandu untuk target manuver anti-pesawat terbang
  • Vulcano: 5 kg, jangkauan maksimal sekitar 40 km (ini adalah versi yang lebih kecil dari Vulcano 127 mm)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stanglini, Ruggero: Dart/DAVIDE, antimissile, ma non solo, PD Magazine, Ed.ai, Firenze, June 2003