OSI (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari OSI (band))
OSI
AsalAmerika Serikat
GenreProgressive rock, progressive metal
Tahun aktif2002–Sekarang
LabelInsideOut Music, Metal Blade Records
Artis terkaitChroma Key, Dream Theater, Fates Warning
Situs webwww.osiband.com
AnggotaJim Matheos
Kevin Moore
Gavin Harrison
Mantan anggotaMike Portnoy

OSI adalah band progressive rock Amerika, awalnya dibentuk oleh gitaris Fates Warning, Jim Matheos pada tahun 2002, dengan keyboardist dan vokalis Chroma Key, Kevin Moore yang merupakan anggota tetap band. Kolaborasi ini dapat dianggap sebagai proyek studio, sebagai anggota dan kontributor dalam menulis dan merekam sebagian besar materi mereka secara mandiri, berbagi dan mengembangkan rekaman jarak jauh, dan hanya bertemu pada akhir proses untuk proses "mixing" dan untuk menambah materi. Nama band ini adalah referensi pada "Office of Strategic Influence", (Kantor Pengaruh Strategis(, sebuah lembaga pemerintah Amerika yang berumur pendek, dibentuk pada tahun 2001 untuk mendukung Perang Melawan Teroris melalui propaganda. Band ini telah menampilkan sejumlah musisi tamu dalam albumnya, termasuk Sean Malone, Steven Wilson, Mikael Åkerfeldt, Joey Vera dan Gavin Harrison.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jim Matheos, pendiri OSI

Awalnya Matheos merekrut Moore, kemudian drummer Dream Theater Mike Portnoy dan bassis Sean Malone untuk membuat album solo Matheos. Matheos dan Portnoy awalnya berencana untuk menghasilkan album progressive metal yang mirip dengan karya Matheos di Fates Warning, namun dampak dari masuknya Moore mengubah arah musik dan genre, menggabungkan electronica ke dalam suara metal asli progresif. Debut album band dirilis oleh InsideOut Music pada tahun 2003.

OSI pada awalnya ditujukan hanya sebagai proyek sampingan, tetapi Matheos dan Moore memiliki kesempatan dalam jadwal mereka sehingga OSI ditindaklanjuti. Free dirilis pada tahun 2006, dengan Mike Portnoy kembali bermain drum, tetapi sebagai musisi tamu, bukan sebagai anggota penuh band, karena perselisihan pribadi antara dia dan Kevin Moore. Blood dirilis pada tahun 2009, dengan drummer Porcupine Tree, Gavin Harrison menggantikan Portnoy.[1][2][3] Album keempat, Fire Make Thunder dirilis pada tahun 2012 melalui Metal Blade Records, dengan Harrison masih pada drum.

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Kevin Moore pada tahun 2007
Anggota Sekarang
Mantan anggota
Musisi Tamu

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moore, Kevin (2008-09-04). "OSI III". Chroma Key – News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-01. Diakses tanggal 2010-07-14. 
  2. ^ Perri, David (2009-05-14). "OSI – "Almost Natural Enemies…"". Bravewords.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-11. Diakses tanggal 2010-04-15. 
  3. ^ Marsicano, Dan (2009-05-26). "OSI Interview: A Conversation With Vocalist/Keyboardist Kevin Moore". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-10. Diakses tanggal 2010-04-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]