OMF International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari OMF)
OMF International
PendiriHudson Taylor
JenisAgensi Misi Penginjilan
Didirikan25 Juni 1865
Asal mulaChina Inland Mission (hingga 1964)
Wilayah layanan25 Negara
Situs resmihttp://omf.org http://www.chinasmillions.org/

OMF International (sebelumnya Overseas Missionary Fellowship dan sebelum 1964 bernama China Inland Mission) adalah sebuah lembaga misionaris Kristen Protestan interdenominasi, yang didirikan di Britania oleh Hudson Taylor pada tanggal 25 Juni 1865.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hudson Taylor sekitar 1865

Hudson Taylor membuat keputusan pertama untuk mendirikan China Inland Mission di Brighton, Inggris selama cuti pertama dari Tiongkok. Seperti nenek moyang misionarinya Karl Gützlaff dan seangkatannya William Chalmers Burns, Taylor yakin bahwa pakaian Tiongkok harus dipakai ketika terlibat dalam pekerjaan misionaris di pedalaman Tiongkok. Pada tanggal 3 Oktober 1865, Taylor mengirim John dan Anne Stevenson dan George Stott ke Tiongkok, di mana mereka tiba pada tanggal 6 Februari 1866. Termasuk lima misionaris yang sebelumnya dikirim ke Ningbo-James Joseph Meadows, Jean Notman, Stephen Paul Barchet, dan George dan Anne Crombie, delapan orang ini sudah di Tiongkok ketika Taylor kembali pada tahun 1866. Pada tanggal 26 Mei tahun itu, Taylor menyertai kelompok misionaris terbesar yang pernah berlayar ke Tiongkok pada Lammermuir. Ada 16 orang misionaris beserta Hudson, istrinya, Maria dan 4 anak mereka yang dikenal sebagai Partai Lammermuir. Perjalanan ini memakan waktu selama 4 bulan.

Partai Lammermuir berlayar pada tanggal 26 Mei 1866.

Pada tahun 1872, dewan London China Inland Mission dibentuk. Pada tahun 1875, ia mulai menginjili Tiongkok secara sistematis. Taylor meminta 18 misionaris dari Tuhan untuk sembilan provinsi yang masih belum terjangkau. Pada 1881, dia minta lebih dari 70 misionaris, dan pada 1886, 100 misionaris. Pada tahun 1887 "Seratus misionaris" dikirim ke Tiongkok. Taylor melakukan perjalanan di beberapa benua untuk merekrut anggota China Inland Mission. Pada akhir abad Ke-19, CIM dikenal di seluruh dunia.

Krisis Boxer tahun 1900[sunting | sunting sumber]

Pada 1900, serangan terjadi di seluruh Tiongkok sehubungan dengan Pemberontakan Boxer yang ditargetkan kepada orang Kristen dan orang asing. China Inland Mission kehilangan anggota dibandingkan lembaga lain: 58 orang dewasa dan 21 anak-anak tewas. Namun, pada tahun 1901, ketika bangsa-bangsa serumpun menuntut ganti rugi dari pemerintah Tiongkok, Hudson Taylor menolak untuk menerima pembayaran untuk kerugian harta benda atau kehidupan dalam rangka untuk menunjukkan kelembutan Kristus ke Tiongkok. Pada tahun yang sama, Dixon Edward Hoste diangkat menjadi direktur misi.

Pertumbuhan di tengah perang dan revolusi[sunting | sunting sumber]

Pada awal 1900-an terlihat ekspansi besar dari kegiatan misionaris di Tiongkok setelah Pemberontakan Boxer dan selama Revolusi 1912 dan berdirinya Republik Tiongkok. William Whiting Borden, pewaris kaya dari keluarga Borden, Inc., yang lulus dari Yale pada 1909, meninggalkan kehidupan yang nyaman di Amerika untuk menanggapi seruan kepada pekerja dengan kaum Muslim di barat laut Tiongkok. Ia meninggal di Mesir saat masih dalam pelatihan.

Seorang musisi dan seorang insinyur bernama James O. Fraser adalah yang pertama untuk membawa pesan Injil kepada suku-suku Lisu Yunnan di Tiongkok barat daya. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan gereja secara fenomenal di antara berbagai suku bangsa di daerah yang bertahan sampai abad ke-21.

Periode Warlord menimbulkan pelanggaran hukum secara meluas ke Tiongkok dan pekerjaan misionaris sering kali berbahaya dan mengancam jiwa. John dan Betty Stam adalah pasangan muda yang dibunuh pada tahun 1934 oleh tentara Komunis. Biografi mereka "The Triumph of John and Betty Stam" mengilhami generasi misionaris untuk mengikuti langkah yang sama dalam pelayanan meskipun penganiayaan dan perang berkecamuk di Tiongkok pada 1930-an dan 1940-an.

Invasi Jepang makin menyulitkan upaya sebagai ketidakpercayaan Jepang siapapun yang berkebangsaan Inggris atau Amerika. Ketika Jepang menginvasi Tiongkok dalam Perang Dunia II, China Inland Mission memindahkan kantor pusatnya ke Sungai Yangzi menuju Chongqing. Banyak misionaris yang dimasukkan ke kamp-kamp konsentrasi sampai akhir perang. Salah satu kamp tersebut berada di Weifang. Seluruh Sekolah Chefoo yang dijalankan oleh misi di Yantai dipenjarakan di sebuah kamp konsentrasi. Pada saat anak-anak dan guru-guru berbaris mereka menyanyikan:

Para siswa dipisahkan dari orang tua mereka selama lebih dari 5 tahun.

Pada 1900 diperkirakan ada sekitar 100.000 orang Kristen di Tiongkok. Jumlahya menjadi tujuh kali lipatnya pada tahun 1950 (700.000). Gereja Tiongkok mulai menjadi gerakan masyarakat adat dibantu oleh pemimpin-pemimpin yang kuat seperti John Sung, Wang Ming-Dao, dan Andrew Gih.

Dari C.I.M. menjadi O.M.F[sunting | sunting sumber]

Phyllis Thompson menulis bahwa antara 1949 dan 1952, setelah kemenangan tentara Komunis, ada sebuah "reluctant exodus" dari semua anggota China Inland Mission. Para pemimpin bertemu di Bournemouth, Inggris untuk membahas situasi dan keputusan itu dibuat untuk kembali menyebarkan semua misionaris ke seluruh Asia Timur. Markas Besar dipindahkan ke Singapura dan pekerjaan dimulai di Jepang, Taiwan, Hong Kong, Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Indonesia. Selain mengurangi beberapa bahasa untuk bentuk tertulis, Alkitab diterjemahkan, dan pendidikan teologi dasar diberikan kepada kelompok suku terabaikan. Publikasi dan distribusi dari literatur Kristen diprioritaskan di antara kedua orang-orang suku pedesaan dan kelas pekerja perkotaan dan para siswa. Tujuannya tetap bagi setiap komunitas untuk memiliki sebuah gereja di Asia Timur dan dengan demikian Injil akan diberitakan "untuk setiap makhluk". Proklamasi pesan Kristen juga termasuk pekerjaan medis. Tiga rumah sakit dibuka di pedesaan Thailand serta program pengendalian kusta. Banyak dari pasien pengungsi. Di Filipina, program pengembangan masyarakat diluncurkan. Rehabilitasi pecandu alkohol dimulai di Jepang, dan rehabilitasi di antara pekerja seks dimulai di Taipei dan Bangkok.

Pada 1980, cucu besar dari Hudson Taylor, James Hudson Taylor III, menjadi Direktur Jenderal pekerjaan misi. Menurut Taylor pada tahun 1989,

Pekerjaan itu terus sampai sekarang. Patrick Fung, seorang Kristen Tiongkok ditunjuk pada tahun 2005, adalah yang pertama di Asia untuk memimpin misi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]