Nymburk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Nymburk
Kota
Kaki langit Nymburk
Bendera Nymburk
Bendera
Lambang Nymburk
Lambang
NegaraRepublik Ceko
DaerahBohemia Tengah
WilayahNymburk
Hari jadi1275
Pemerintahan
 • WalikotaTomáš Mach
Luas
 • Total20,54 km2 (793 sq mi)
Ketinggian193 m (633 ft)
Penduduk (2019-01-01[1])
 • Total15.063
 • KepadatanBad rounding here7.3/km2 (Bad rounding here19/sq mi)
Zona waktuCET (UTC+1)
 • Musim panas (DST)CEST (UTC+2)
Kode pos288 02
Situs webwww.mesto-nymburk.cz

Nymburk (pengucapan bahasa Ceko: [ˈnɪmburk]; bahasa Jerman: Nimburg, Neuenburg an der Elbe) adalah sebuah kota di Daerah Bohemia Tengah di Republik Ceko, terletak 45 km (28 mi) di sebelah timur dari Praha di Sungai Elbe. Kota ini memiliki sekitar 15 ribu[2] penduduk dan luas 20,54 km².

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Saint Gilles, Nymburk

Kota Nymburk didirikan oleh raja Bohemia Přemysl Otakar II. Akan tetapi tanggal tepat kapan pembangunan Nymburk dimulai masih belum diketahui. Sekarang, tahun 1275 telah diterima oleh sejarawan sebagai tanggal fondasi kota yang paling mungkin karena pada tahun tersebut biara Dominikan dibangun oleh raja Přemysl.

Nama Nymburk berasal dari kata Neuenburg (Bahasa Latin: Novum Castrum; Bahasa Indonesia: Kastil Baru). Selain penetap Ceko, raja juga memanggil penduduk baru Jerman dan Belanda yang lambat laun berasimilasi orang Ceko.

Pada masa pemerintahan Václav II., pembangunan biara Dominikan selesai dan gereja gotik St. Nicholas (sekarang gereja St. Gilles) dibangun[3]. Kota Nymburk dikelilingi tembok-tembok batu bata dengan sekitar lima puluh menara dan dua parit pertahanan yang disediakan dari Elbe. Tembok-tembok termasuk empat gerbang kota dan satu gerbang ke sungai.

Kota Nymburk menjadi kaya berkat posisinya di persimpangan jalan perdagangan. Selama Perang Hussite kota ini awalnya mendukung sisi Katolik yang dipimpin oleh Kaisar Sigismund, tetapi pada 1421 membuat perjanjian dengan Uni Praha dan pindah ke sisi Protestan (Hussite). Pada masa pemerintahan George dari Poděbrady Nymburk kembali berkembang dan tetap menjadi kota Hussite hingga akhir abad ke-15. Kota mencapai puncak perkembangan pada abad ke-16 ketika balai kota Renaisans dibangun.[3] Pada akhir abad ini, sebuah stasiun pos didirikan di Nymburk. Meskipun demikian pada waktu Perang Tiga Puluh Tahun, pada tahun 1634, sebagian besar kota dibakar oleh prajurit Sachsen, yang juga menyembelih lebih dari 200 orang yang bersembunyi di gereja.[4] Perbaikan kota berlangsung selama beberapa dasawarsa, tetapi kemuliaan aslinya tidak pernah dapat dipulihkan karena beberapa kebakaran dan wabah.[3]

Industrialisasi mulai pada pertengahan abad ke-19. Kota Nymburk disambungkan ke jalur kereta api dan menjadi persimpangan jalan penting dengan stasiun kereta api sendiri. Administrasi Kereta Api Nymburk membangun kantor pusat, bengkel, los bundar, dan perumahan untuk pekerja. Selain itu pabrik gula dan pabrik bir dibangun dan pegilingan dimodernisasi. Telegraf diperkenalkan pada tahun 1850 dan telepon lokal pertama dipasang pada tahun 1900. Karena kemakmuran yang dibawa oleh industrialisasi ditingkatkan, rumah sakit, sekolah menengah, gedung olahraga, sinagoge, dan gereja evangelis kemudian muncul di kota.

Seorang penulis Ceko terkenal, Bohumil Hrabal, tumbuh di Nymburk. Ayahnya pengurus pabrik bir setempat dan Hrabal menulis beberapa buku dari lingkungan itu. Misalnya: Kota Kecil Tempat Waktu Tetap, Cutting It Short, Kesedihan yang Indah, Jutaan Harlequin dan Kereta yang Dipantau Dengan cermat.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Simbol kota adalah tembok batu bata dengan baluarti prismatik. Pada abad pertengahan kota dengan skema dasar berbentuk ginjal dikelilingi oleh dua jajaran tembok - yang pertama dari batu napal, yang kedua dari batu merah, bersama dengan dua parit. Hanya sedikit dari tembok yang tersisa hari ini. Bagian terpanjang di timur direkonstruksi secara romantis pada awal abad ke-20, sisa-sisa tembok lainnya terletak di Jalan Hradební.

Ciri dominan kota Nymburk adalah gereja gotik Saint Giles batu bata. Gereja ini, bersama dengan sisa-sisa yang dipertahankan dari tembok Nymburk, adalah contoh unik arsitektur bata gotik (aslinya Jerman Utara) di tanah Ceko. Di alun-alun adalah Balai Kota renaisans. Monumen teknis yang menarik adalah Menara Turki di dekatnya, itu bekas bangunan air kota dari tahun 1597.

Monumen budaya penting Nymburk lain adalah: Kolom Wabah, Kapel st. John dari Nepomuk, SMA Bohumil Hrabal, Sinagoga Nymburk, Pusat Pengunjung, Menara Air dan Rumah Nelayan Tua .

Pengindustrian[sunting | sunting sumber]

Di bagian selatan kota terletak pabrik bir kecil Pivovar Nymburk, didirikan pada tahun 1895. Pabrik bir membuat bir yang dikenal sebagai Postřižinské .

JDK adalah perusahaan besar yang memproduksi peralatan pendingin di Nymburk dan mengekspornya ke seluruh dunia. Sejak 2005, perusahaan China Changhong membangun pabrik untuk pemasangan TV untuk seluruh pasar Eropa.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Nymburk adalah persimpangan jalur kereta api yang penting dan terletak di persimpangan empat jalur kereta api. Jalan yang melewati kota: I / 38, II / 330 dan II / 331. Transportasi perkotaan hanya disediakan oleh bus.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Nymburk terkenal dengan tim bola basketnya namanya Basketball Nymburk, sebuah klub yang memenangkan 16 Liga Bola Basket Nasional terakhir. Ia memainkan pertandingan kandangnya di Sportovní Centrum.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Nymburk memiliki kembaran dengan:[5]

  • Bendera Rusia Mytishchi, Russia
  • Bendera Jerman Neuruppin, Germany
  • Bendera Italia[Porto San Giorgio, Italy
  • Bendera Slowakia[Vrútky, Slovakia
  • Bendera Hongaria Újfehértó, Hungary
  • Bendera Polandia Żarów, Poland

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Population of municipalities of the Czech republic". Czech Statistical Office. Diakses tanggal 30 April 2019. 
  2. ^ Czech statistical office: Population of Municipalities - as of 1.1.2019. Praha. 30.04.2019. ISBN 978-80-250-2914-5. 
  3. ^ a b c "Nymburk v proměnách věků". Polabské muzeum Nymburk. 28.6.2016. Diakses tanggal 18.03.2020. 
  4. ^ "Malebné historické centrum Nymburka zdobí impozantní hradby, pamatují i velmi tragické události - Novinky.cz". www.novinky.cz. Diakses tanggal 2020-03-18. 
  5. ^ "Partnerská města" (dalam bahasa Cheska). Město Nymburk. Diakses tanggal 24 August 2019.