Nyawa (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karakter generik memiliki total tiga nyawa, diindikasikan sebagai bola biru muda. Karakter tersebut saat ini kehilangan 3,5 dari 11 poin kesehatan – kehilangan semuanya akan menelan biaya seumur hidup.

Dalam permainan video, nyawa menunjukkan kesempatan yang diberikan kepada pemain untuk maju dalam urutan permainan.[1] Sistem ini terutama hadir di video game pertama, ketika tidak ada kemungkinan untuk menabung.

Jumlah nyawa yang diberikan kepada pemain tergantung dari jenis permainannya. Batasan jumlah nyawa telah menjadi tipikal mesin arkade tahun 80-an. Seiring waktu, mekanisme game seperti pos pemeriksaan dan nyawa ekstra telah membawa lebih banyak elemen strategis ke game dengan nyawa. Dengan nyawa, pemain baru dapat menggunakannya untuk memahami mekanisme permainan, sementara pemain yang lebih berpengalaman dapat menggunakannya untuk mengambil tindakan yang lebih berisiko.

Nyawa tambahan[sunting | sunting sumber]

Nyawa tambahan (extra life) adalah item dalam permainan video dengan jumlah nyawa yang bertambah pada karakter pemain. Adapun istilah 1-up merupakan sebutan lainnya,[2] tetapi istilah ini tidak bersifat universal dalam aturan permainan video, sehingga pemakaiannya dapat beragam; walaupun item ini sangat jarang dan sulit didapatkan. Istilah "1-up" yang dirancang sebagai nyawa tambahan pertama kali dijumpai dalam Super Mario Bros.. Dalam permainan tersebut, terdapat sebuah jamur hijau "1-Up Mushroom" yang memberikan nyawa tambahan kepada pemain. Istilah tersebut menjadi sangat populer, yang dapat dijumpai di Home dan permainan video arkade.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Orlands, Kyle; Thomas, David; Steinberg, Scott Matthew (2007). The Videogame Style Guide and Reference Manual. Lulu.com. hlm. 41. ISBN 1430313056. 
  2. ^ Schwartz, Steven A.; Schwartz, Janet (December 1993). The Parent's Guide to Video Games - Steven A. Schwartz, Janet Schwartz. ISBN 9781559584746. Diakses tanggal 2011-10-07. 
  3. ^ Hsu, Dan "Shoe" (2007). Foreword. The Videogame Style Guide and Reference Manual. oleh Thomas, David; Orland, Kyle; Steinberg, Scott. Power Play Publishing. hlm. 11, 41. ISBN 978-1-4303-1305-2. Diakses tanggal 2014-12-10.