Nyatri Tsenpo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nièchì Zànpǔ.JPG

Nyatri Tsenpo (dalam bahasa Wylie: gnya' khri btsan po "Raja dengan Takhta di Bahu") adalah seorang raja Tibet.[1] Ia adalah pemrakarsa dinasti yang disebut sebagai "dinasti Yarlung". Pemerintahannya konon bermula pada tahun 127 SM. Dalam sejarah Tibet tradisional, ia adalah raja pertama. Kronik Dunhuang menyatakan bahwa Nyatri Tsenpo turun dari langit ke gunung suci Yarlha Shampo. Akibat keanehan-keanehan fisik yang ia miliki, seperti tangan yang seperti kodok dan mata yang tertutup dari bawah dan bukan dari atas, ia dinobatkan sebagai dewa oleh masyarakat, dan kemudian sebagai raja.[2]

Menurut mitologi Tibet, bangunan Tibet pertama, Istana Yungbulakang, didirikan untuk raja ini. Tahun naik takhtanya dirayakan sebagai tahun pertama kalender Tibet. Losar, Tahun Baru Tibet, dirayakan untuk mengenang raja ini. Menurut tradisi, raja-raja pertama adalah entitas yang tak dapat mati dan kini ditarik kembali ke langit dengan seutas tali yang pada awalnya mengantarkan mereka ke Bumi. Nyatri Tsenpo dikabarkan bernasib sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bsod-nams-rgyal-mtshan (Sa-skya-pa Bla-ma Dam-pa) (1994). The Mirror Illuminating the Royal Genealogies: Tibetan Buddhist Historiography : an Annotated Translation of the XIVth Century Tibetan Chronicle : RGyal-rabs Gsal- Baʼi Me-long. Otto Harrassowitz Verlag. hlm. 138–. ISBN 978-3-447-03510-1. Diakses tanggal 2 December 2012. 
  2. ^ Ancient Tibet : research materials from the Yeshe de Project. Berkeley, CA, USA: Dharma Publishing. 1986. hlm. 142. ISBN 978-0898001464.