Nuxt.js

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nuxt.js
Tipeperangkat lunak bebas, JavaScript library (en), Kerangka kerja JavaScript dan Pustaka perangkat lunak
Versi pertama26 Oktober 2016; 7 tahun lalu (2016-10-26)[1]
Versi stabil
3.11.1 (18 Maret 2024)
GenrePustaka JavaScript
LisensiLisensi MIT[2]
Karakteristik teknis
Sistem operasiLintas platform
Bahasa pemrogramanJavascript dan Vue.js
Sumber kode
Informasi tambahan
Situs webhttps://nuxtjs.org/
Stack ExchangeEtiqueta
Twitter: nuxt_js
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Nuxt.js adalah kerangka kerja aplikasi web yang bebas dan sumber terbuka berketergantungan pada Vue.js, Node.js, Webpack, dan Babel.js. Kerangka kerja ini dipromosikan sebagai "kerangka meta untuk aplikasi universal". Istilah universal di sini diartikan bahwa tujuan kerangka kerja ini adalah untuk memungkinkan pengguna membuat tampilan web dalam JavaScript menggunakan sistem komponen berkas tunggal Vue.js yang dapat berfungsi baik sebagai aplikasi halaman tunggal dalam peramban.[4][5] Tampilan web yang diberikan peladen kemudian dikosongkan agar menjadi fungsionalitas penuh aplikasi halaman tunggal.[6][7] Selain itu, kerangka kerja ini memungkinkan pengguna untuk memiliki konten, atau hanya beberapa bagiannya, lalu sepenuhnya di-render di peladen dan disajikan dengan cara generator situs statis.

Manfaat menggunakan Nuxt.js antara lain: mengurangi waktu untuk interaktivitas dan meningkatkan SEO dibandingkan dengan aplikasi halaman tunggal yang lain, karena faktanya bahwa konten penuh dari setiap halaman dilayani oleh peladen web sebelum sisi klien JavaScript dijalankan. Dengan kata lain, seseorang dapat mempertahankan keuntungan bagaimana pe-render-an HTML di sisi peladen secara tradisional, dan meningkatkan interaktivitas dan antarmuka pengguna tingkat lanjut dari aplikasi halaman tunggal. Manfaat inti kerangka kerja Nuxt.js itu sendiri adalah membuat konfigurasi dan pengaturan aplikasi menjadi disederhanakan dan mulus bagi pengembang aplikasi, yang dapat dengan mudah mengembangkan bagian antarmuka pengguna aplikasi seolah-olah itu adalah berkas tunggal aplikasi Vue.js.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nuxt.js First Public Release". Npm. 
  2. ^ "nuxt.js/LICENSE.md". GitHub. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-18. Diakses tanggal 2018-06-18. 
  3. ^ "Nuxt.js Releases". GitHub. 
  4. ^ Jones, Ben. "Creating Server-side Rendered Vue.js Apps Using Nuxt.js". Toptal. Diakses tanggal 2018-07-02. 
  5. ^ Sozo, Derrick. "10 reasons to use Nuxt.js for your next web application". VueMastery (Medium). Diakses tanggal 2018-07-02. 
  6. ^ "Nuxt.js: A Universal Vue.js Application Framework". Sitepoint. Diakses tanggal 18 June 2018. 
  7. ^ Berning, Dave (2018-04-16). "Getting Started with Server-Side Rendering Using Nuxt.js". Alligator.io. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-02. Diakses tanggal 2018-07-02.