Nuclear Fuel Complex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nuclear Fuel Complex (NFC) didirikan pada tahun 1971 sebagai unit industri besar dari Departemen Energi Atom India, sebagai pabrik nuklir juga mengkhususkan diri dalam penyediaan bahan bakar nuklir bundel dan komponen reaktor inti. Ini adalah fasilitas unik di mana bahan bakar uranium alami dan diperkaya, kelongsong paduan zirkonium dan komponen inti reaktor diproduksi di bawah satu atap.

Natural uranium, ditambang di Tambang Uranium Jaduguda di Singhbhum wilayah negara Jharkhand, diubah menjadi bahan bakar nuklir. Paket bahan bakar PHWR 220 MW mengandung 15,2 kg uranium dioksida alami (UO2). Pelet uranium dioksida, yang menghasilkan panas saat menjalani fisi, juga menghasilkan produk fisi. Produk fisi yang bersifat radioaktif harus ditampung dan tidak boleh bercampur dengan air pendingin. Oleh karena itu pelet UO2 terkandung dalam tabung paduan zirkonium dengan kedua ujungnya tertutup rapat.[1][2][3]

Kompleks Bahan Bakar Nuklir memasok rakitan bahan bakar uranium oksida berlapis zircaloy dan komponen struktural paduan zirkonium untuk ke-14 reaktor tenaga atom yang beroperasi di India. Pabrik Hyderabad memiliki kapasitas untuk memproduksi 250 ton UO2 per tahun dan diharapkan dapat ditingkatkan hingga kapasitas 600 ton per tahun.

Produk NFC dipasok ke Departemen Energi Atom, Angkatan Laut India, Hindustan Aeronautics Limited dan organisasi pertahanan lainnya, serta industri kimia, pupuk.

NFC berencana untuk mendirikan dua fasilitas fabrikasi bahan bakar utama untuk memenuhi lonjakan yang diharapkan dalam produksi tenaga nuklir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nuclear Fuel Complex develops four alloys for strategic use". The Hindu Businessline. 22 June 2013. 
  2. ^ "Nuclear Fuel Complex (NFC)". NTI. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  3. ^ "Nuclear Fuel Complex to step up production, plans 2 new facilities". The Hindu Businessline. 13 May 2013.