Novo Millennio Ineunte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Novo Millennio Ineunte [1] ("Di awal milenium yang baru") adalah sebuah surat apostolik Paus Yohanes Paulus II yang ditujukan kepada para uskup, pelayan gereja dan rohaniwan lainnya, "di akhir masa Yubileum Agung tahun 2000".

Surat ini menyusun prioritas Gereja Katolik Roma bagi milenium ketiga dan seterusnya. Semua prioritas Gereja ini berpusat pada Yesus Kristus,

Oleh karena itu hal ini bukan saja permasalahan menemukan suatu rencana yang baru. Program ini telah ada: yaitu rencana yang ditemukan di dalam Injil dan di dalam tradisi gereja yang hidup, yang semuanya tetap sama selamanya. Puncaknya, hal ini berpusat di dalam Kristus sendiri, yang mesti diketahui, dicintai dan diteladani, sehingga di dalam-Nya kita bisa menjalani kehidupan Trinitas, dan bersama-Nya mengubah sejarah hingga saat kepenuhan di dalam Yerusalem yang surgawi. Ini adalah suatu rencana yang tidak berubah dengan pergeseran waktu dan kebudayaan, walaupun rencana ini memperhatikan waktu dan kebudayaan demi terjadinya dialog yang benar dan komunikasi yang efektif. Rencana sepanjang masa ini adalah rencana kita di Milenium Ketiga.

Prioritas tertinggi diletakkan pada kesucian (no. 30). Prioritas kedua adalah sarana utama untuk mencapai kesucian tersebut: latihan keterampilan berdoa (no. 32).

Referensi[sunting | sunting sumber]