Novena, Singapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Novena (Singapura))
Novena
Inggris Novena
Tionghoa 诺维娜 / 諾維娜
(Pinyin nùoweínà)
Melayu Novena
Tamil நொவீணா

Novena adalah sebuah daerah pemukiman di Singapura, berada di Wilayah Pusat, Singapura. Terkenal dengan sebuah gereja Katolik yang memiliki daya tarik religi. Saat ini diramaikan juga dengan pusat belanja baru.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Novena dikelilingi kesibukan pembangunan lingkungannya, Mei 2011)

Novena dan jalan-jalannya (Jalan Novena Barat dan Novena Terrace), bangunan-bangunan (Novena Ville dan Novena Gardens), serta stasiun MRT dan pusat belanja dinamakan demikian karena adanya Gereja Novena atau Gereja Santo Alfonsus (Curch of St Alphonsus) di Thomson Road.

Gereja Novena dan lahan tempatnya dibangun berasal dari seorang pengusaha Tionghoa kaya, Wee Kah Kiat. Lahan tersebut dibeli dari komunitas Redemtoris pada tahun 1948 dan sebuah gereja kecil dibangun pada Mei 1950. Ibadat Novena hari Sabtu mulai diadakan pada Januari 1949 dan mulai ramai dipublikasikan pada 1951. Novena adalah sebuah misi Katolik yang diberikan oleh Paus Pius IX kepada pastor-pastor Redemtoris yang menjadikan Santa Maria Penolong Senantiasa (Our Lady of Perpetual Succour) menjadi dikenal di seluruh dunia.

Gereja Novena[sunting | sunting sumber]

Gereja Novena dari jembatan penyeberangan Thompson Road. (foto Juni 2010)

Gereja Novena atau Gereja Santo Alfonsus di daerah ini terkenal sebagai sebuah tempat ibadat Katolik yang mempunyai jadwal ibadat Novena yang sangat banyak dan juga menyelenggarakan misa dalam bahasa Inggris dan Mandarin. Gereja ini sangat ramai dengan umat dari berbagai bangsa selain penduduk Singapura sendiri, diantaranya dari Filipina selain umat Tionghoa dan India.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Novena terhubung ke kota dengan MRT, bis dan taksi. Daerah ini tidak ada terminal bis, terminal terdekat di Ang Mo Kio. Bis yang berhenti di Novena diantaranya nomor 21, 851, 54, 57, 131, 166, 167, 980, 143, 162. Banyak jalur bis ini datang dari pusat pemukiman lainnya seperti Pasir Ris, Yishun, Bishan, Ang Mo Kio, Sembawang and Yio Chu Kang. Semuanya terhubung ke pusat-pusat kota lainnya.

Pusat Kegiatan Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Pusat kegiatan daerah ini adalah Novena Square Shopping Mall, sebuah pusat belanja tepat di atas Stasiun MRT Novena, terdapat juga Novena Medical Center di lantai 8 sampai 11 dari gedung Novena Square 2. Disamping Novena Square terdapat pusat belanja bertema olahraga dengan nama Velocity. Pusat belanja lain di Novena adalah United Square Shopping Mall, sebuah pusat belanja bertema anak-anak. Toko-toko di daerah Novena termasuk Starbucks, Spnielli dan Flash N Splash. Novena berkembang pesat sejak Novena Square 2 dan Velocity dibuka.

Panorama Novena, Singapura. Di latar belakang terdapat Farrer Park Gardens dan Kampong Java Housing Estates di Kallang Planning Area. (foto Agustus 2006)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Victor R Savage, Brenda S A Yeoh (2003), Toponymics - A Study of Singapore Street Names, Eastern Universities Press, ISBN 981-210-205-1

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]