Noura Publishing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Noura Publishing adalah penerbit buku populer hasil peleburan dua unit penerbit di Mizan Group, yakni Lingkar Pena Publishing House dan Penerbit Hikmah. Dibentuk pada 12 Januari 2012 untuk memberikan bacaan berkualitas untuk semua kalangan.

Noura Publishing
Penerbit
Didirikan12 Januari 2012
Kantor
pusat
Merek
PemilikPangestuningsih
IndukMizan Group
Situs webSitus web resmi

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam perjalanannya Noura Publishing (atau yang dulu disebut Noura Books) telah menghasilkan buku-buku best seller, baik buku lokal maupun terjemahan. Salah satunya adalah Sepatu Dahlan, novel pertama dari trilogi novel inspirasi Dahlan Iskan, yang disambut antusiasme tinggi pembaca Indonesia. Dua judul lain dalam trilogi ini adalah Surat Dahlan dan Senyum Dahlan. Selain telah terjual hingga ratusan ribu eksemplar, Sepatu Dahlan juga telah diadaptasi menjadi film. Novelisasi tokoh lainnya adalah Athirah, mengenai ibunda Jusuf Kalla, wakil presiden Republik Indonesia yang ditulis oleh Alberthiene Endah.

Selain itu Noura Publishing juga menerbitkan novel fantasi melalui lini Mizan Fantasi, di antaranya yang ditulis oleh Rick Riordan, seperti seri Percy Jackson & the Olympians, seri The Kane Chronicles, seri The Heroes of Olympus, dan seri Magnus Chase and the Gods of Asgard. Seri Bliss Bakery yang ditulis Kathryn Littlewood, seri The Immortals (Alyson Noel), dan seri Fablehaven (Brandon Mull)

Untuk mendekatkan karya sastra Indonesia kepada pembaca muda, Noura menerbitkan kembali karya-karya sastra klasik dari sastrawan besar Indonesia seperti Budi Darma (Orang-Orang Bloomington) dan Kuntowijoyo (Dilarang Mencintai Bunga-Bunga). Sejalan dengan penerbitan karya klasik luar negeri seperti karya-karya dari Jane Austen, Georgette Heyer, Edgar Allan Poe, dan E.M. Forster.

Dalam bidang nonfiksi, Noura Publishing menerbitkan beragam tema seperti parenting, self-help, psikologi, sosial budaya, politik, perjalanan, dan lain-lain. Steal Like an Artist & Show Your Work (Austin Kleon), Think Like a Freak (Steven D. Levitt & Stephen J. Dubner), seri parenting Ayah Edy, Happiness Inside (Gobind Vahsdev), sedikit contoh dari buku-buku nonfiksi.

Sedangkan pada lini Agama untuk memperkuat semangat Mizan Group, yakni mendorong tumbuhnya masyarakat Islam Indonesia yang penuh welas asih dan toleransi. Noura menerbitkan seri Islam Cinta selain menerbitkan karya ulama legendaris seperti Al-Ghazali, Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al- ‘Asqalany, Al-Buthy, Imam Syafi’i, Dr. Syawqi Abdul Khalil, Prof. Dr. Wahbah Al-Zuhaili, Haidar Bagir dan masih banyak lagi. Karya mereka di antaranya Ensiklopedi Muhammad Saw, Atlas Jejak Agung Rasulullah Saw, Bulughul Maram, Fiqih Sirah (The Great Episodes of Muhammad Saw.), Ensiklopedia Akhlak Muslim.

Imprint[sunting | sunting sumber]

Saat ini Noura Publishing memiliki tiga imprint, yaitu Mizan Fantasi (lini fantasi), Noura POP! (lini remaja), dan Noura Kids (lini anak).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]