Notosoesanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Prof.Mr.Notosoesanto Dia pernah menamatkan sekolah di Rechthogeshool (RHS)Jakarta pada tahun 1932. Kemudian ia berkarier di Departemen Kehakiman sebagai Commies Redactur Regentschap di Malang pada tahun 1932. namun, pada tahun 1937 beliau ditempatkan di Batavia sekarang Jakarta sebagai Graffier pada Hof Islamitsche Zaken dari Departemen Van Justitie. siapa tokoh yang dimaksud? dia Prof.Mr.Notosoesanto yang merupakan guru besar hukum Islam di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. beliau lahir di Lasem pada tanggal 4 Maret 1903 dan meninggal 30 April 1974, dan menikah dengan Tini dan dikaruniai tiga orang anak, diantaranya yang yakni Prof.Dr.H. Nugroho Notosoesanto mantan rektor Universitas Indonesia 1982 dan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 1983. [1]

Prof.Mr.Notosoesanto dikenal dengan kesederhanaannya dan cukup dikenal pribadinya yang santun dan sopan kepada sesama. beberapa karya beliau yang dapat dinikmati oleh generasi hari ini yakni Sedikit Tentang Peradilan Persada ditulis oleh beliau waktu di Mesir, selain itu beliau memeiliki pandangan bahwa Indonesia harus menyusun Undang-Undang Hukum Perdata sebagai acuan dalah hidup bernegara tanpa memandang Suku, Ras, Agama dan Golongan (SARA).[1] aturan tersebut harus menjadi pijakkan untuk mengakomodir semua harapan dan kepentingan sesama anak bangsa. walaupun, beliau mengatakan bahwa tidak berlaku bagi hukum perkawinan karena dianggap terlalu khusus karena menyangkut agama. sebagai info tambahan bahwa Prof.Mr.Notosoesanto, selain pernah mengajar di UGM, beliau juga pernah mengajar di IAIN Sunan Kaligaja Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Semarang, Universitas Airlangga dan juga Akademi Militer Nasional di Magelang. itulah informasi sekilas tentang Prof.Mr.Notosoesanto, yang telah memberikan kontribusi dan sumbangsi bagi generasi bangsa dan mudah-mudahan dapat memberikan nutrisi ilmu pengetahuan bagi semua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 1983-, Bahari, Adib, (2011). 129 pendekar hukum Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. ISBN 9789793411040. OCLC 768480553.