Normal, Ohio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Normal, Ohio adalah sebuah komedi situasi televisi Amerika, yang diudarakan oleh Fox Network pada 2000. Acara ini dibintangi John Goodman sebagai William "Butch" Gamble, seorang gay yang kembali ke kota asalnya di Barat Tengah. Pemain-pemain lainnya termasuk Joely Fisher, Anita Gillette, Orson Bean, Mo Gaffney dan Charles Rocket.

Goodman memenangkan People's Choice Award untuk Aktor Terbaik dalam seri Komedi Baru, tetapi acara ini tidak mendapat peringkat yang tinggi, dan dibatalkan setelah hanya beberapa bulan.

Acara ini terkenal karena mengekspos pandangan budaya Amerika tentang homoseksualitas. Gamble digambarkan sebagai seorang pekerja kasar dengan banyak sifat jantan Amerika yang khas, termasuk menyukai football dan bir. Sebagai hasilnya, banyak media homoseksual yang memuji acara ini karena menggambarkan kehidupan seorang homoseksual sebagai sesuatu yang normal, sedangkan saluran media arus utama sering mengatakan peran Goodman tidak realistis.

Kredibilitas peran Goodman sebenarnya tergantung pada praanggapan seseorang tentang bagaimana seorang homoseksual harus berlaku. Dalam kenyataannya, orang homoseksual yang kelihatan dan berlaku seperti gaya "John Goodman" cukup banyak (lihat bear community), namun dalam persepsi budaya arus utama tentang homoseksualitas, orang-orang ini tidak terlihat karena mereka tidak termasuk ke dalam stereotip kaum homoseksual. Sebaliknya, tokoh Jack (Sean Hayes) dalam Will & Grace yang merupakan tokoh yang lebih khas kurang disetujui oleh para komentator media yang memuji peran Goodman dalam Normal, Ohio.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]