Nora, Swedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk pengertian lain silakan lihat Nora

Nora adalah sebuah kota (penduduk 6.398) di bekas provinsi Västmanland dan bekas distrik pertambangan Bergslagen, Swedia tengah dan ibu kota Kotamadya Nora, Daerah Örebro.

Nora menerima piagamnya pada tahun 1643. Pemerintah telah meminta penduduk Nora dan kota Lindesberg yang berdekatan untuk pindah bersama ke kota Järle yang baru diberi piagam. Namun, pemerintah terbukti gagal, dan alih-alih memberikan Nora dan Lindesberg piagam independen saat itu.

Nora sekitar 1700, dalam Suecia antiqua et hodierna.

Banyak rumah kayu yang dibangun pada abad ke-18 dan 19 yang terhindar dan kebakaran dan penghancuran, membuat Nora salah satu kota paling lestari di Swedia. Eksjö dan Hjo menjadi 2 contoh lain, dan bersama dengan Nora kedua kota ini menggagas proyek pengembangan kota kayu.

Sebagai bagian struktur kota lama ada jalanan yang dihias dengan rumah dan toko kecil. "Så liten stad, så mycket smak" (Kota kecil, begitu berselera) Anna Maria Lenngren, penulis Swedia.

Salah satu jaringan rel di Swedia dibuka untuk umum pada tahun 1856 antara Nora dan Ervalla, yang kini menjadi museum KA, dikerjakan oleh kelompok pelestarian.

59°31′N 15°02′E / 59.517°N 15.033°E / 59.517; 15.033