Nocturnal Animals

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nocturnal Animals
Nocturnal Animals Movie Poster.jpg
Poster film Nocturnal Animals
SutradaraTom Ford
ProduserTom Ford
Robert Salerno
SkenarioTom Ford
BerdasarkanTony and Susan
oleh Austin Wright
PemeranAmy Adams
Jake Gyllenhaal
Michael Shannon
Aaron Taylor-Johnson
Isla Fisher
Armie Hammer
Laura Linney
Michael Sheen
Andrea Riseborough
MusikAbel Korzeniowski
SinematografiSeamus McGarvey
PenyuntingJoan Sobel
Perusahaan
produksi
Fade to Black
DistributorFocus Features
Tanggal rilis
  • 2 September 2016 (2016-9-2) (Festival Film Venesia)
  • 18 November 2016 (2016-11-18) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 9 Desember 2016 (2016-12-9) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
116 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$22,5 juta[2]
Pendapatan kotor$32.398.726[3][4]

Nocturnal Animals adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Tom Ford dan diproduseri oleh Tom Ford dan Robert Salerno. Naskah film ini ditulis oleh Tom Ford berdasarkan novel Tony and Susan karya Austin Wright. Film ini dibintangi oleh Amy Adams, Jake Gyllenhaal, Michael Shannon, Aaron Taylor-Johnson, Isla Fisher, Armie Hammer, Laura Linney, Michael Sheen dan Andrea Riseborough.

Film Nocturnal Animals ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 2 September 2016[5][6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 18 November 2016 secara terbatas dan 9 Desember 2016 secara luas.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dunia nyata[sunting | sunting sumber]

Susan Morrow (Amy Adams), pemilik galeri kesenian Angeleno, menerima naskah novel yang ditulis oleh mantan suaminya, Edward Sheffield (Jake Gyllenhaal), disertai dengan undangan makan malam ketika Edward berkunjung ke Los Angeles dalam waktu yang akan datang. Teringat akan pernikahannya dengan Edward yang memburuk demi pengusaha yang tidak setia Hutton Morrow (Armie Hammer), Susan terpaku oleh novel Edward tersebut, yang didedikasikan untuknya dan diberi judul Nocturnal Animals, panggilan Edward untuknya.

Fiksi (novel)[sunting | sunting sumber]

Tony Hastings (Jake Gyllenhaal) adalah seorang pria yang memiliki istri, Laura (Isla Fisher), dan anak perempuan, India (Ellie Bamber). Dalam perjalanan melalui Texas Barat, mobilnya menyerempet mobil milik tiga orang onar – Ray Marcus (Aaron Taylor-Johnson), Lou (Karl Glusman) dan Turk (Robert Aramayo). Dipaksa keluar dari jalan dan dihadang oleh Lou, Tony tidak dapat menghentikan Ray dan Turk, yang menculik istri dan putrinya menggunakan mobil Tony. Lou memaksa Tony untuk mengendarai mobil Ray ke ujung jalan di mana Tony ditinggalkan oleh Lou. Tony berhasil menghindari Ray dan Lou ketika mereka kembali mencarinya, lalu Tony berjalan ke rumah terdekat untuk menelepon polisi.

Detektif Bobby Andes (Michael Shannon) ditugaskan untuk menangani kasus ini dan menemukan mayat Laura dan India di dekat sebuah gubuk tua, di mana mereka telah diperkosa dan dibunuh. Mengetahui hal itu, Tony didera rasa bersalah. Ia dihubungi oleh Detektif Andes setahun kemudian dan diminta untuk mengidentifikasikan Lou sebagai kaki tangan dalam kasus pembunuhan Laura dan India.

Turk telah ditembak mati dalam perampokan yang gagal, meninggalkan Ray sebagai pelaku terakhir yang akan dibawa ke pengadilan. Detektif Andes menangkap Ray, tetapi pada akhirnya, ia memberitahu Tony bahwa jaksa membebaskan Ray karena mereka tidak memiliki bukti yang kuat. Mendekati pensiun dan menderita kanker paru-paru stadium akhir, Detektif Andes memutuskan untuk menyelesaikan kasus ini dengan tangannya sendiri dan bantuan Tony untuk menculik Ray dan Lou. Detektif Andes menembak Lou ketika ia mencoba untuk melarikan diri, tetapi Ray berhasil melarikan diri.

Tony mengejar Ray ke gubuk di mana Laura dan India tewas dan terjadi perkelahian di antara keduanya, di mana Ray mengaku memperkosa dan membunuh istri dan putrinya, lalu menyebut Tony lemah. Tony menembak Ray, tetapi ia dibutakan ketika Ray memukul bagian kepalanya dengan sebatang besi. Ray tewas dan Tony keluar dari gubuk. Tony tersandung, mengalami pendarahan otak dan meninggal setelah menjatuhkan pistolnya, menembak dirinya sendiri di bagian perut.

Dunia nyata (lanjutan)[sunting | sunting sumber]

Terkejut dengan isi novel yang kelam, Susan mengenang dan mengingat pertemuannya dengan Edward di perguruan tinggi dan jalinan hubungan mereka, tetapi ibu Susan yang terlalu dominan, Anne Sutton (Laura Linney), menolak hubungan mereka. Anne menganggap Edward tidak pantas menjadi suami Susan karena pandangan dunia romantis Edward yang membuat Edward tidak memiliki dorongan untuk mencapai tujuannya. Susan mengabaikan pendapat ibunya dan menikah dengan Edward.

Setelah menemukan bukti lebih lanjut dari perselingkuhan Hutton, Susan membaca naskah novel tersebut. Susan mulai mengingat pernikahannya dengan Edward yang bermasalah dan semakin tegang. Susan frustrasi dengan karier awal Edward dan sikap remehnya terhadap aspirasi sastra Edward. Konflik memuncak ketika Susan berselingkuh dengan Hutton di belakang Edward, lalu Susan menceraikan Edward demi menikah dengan Hutton. Awalnya, Edward berusaha untuk memperbaiki hubungan mereka. Pada akhirnya, Edward memutuskan hubungan dengan Susan setelah mengetahui bahwa ia hamil dari Edward, tetapi diam-diam, Susan melakukan aborsi untuk memastikan proses perceraian tetap berlanjut. Susan menyadari bahwa naskah novel ini adalah sebuah alegori untuk Edward, yang kehilangan dan menderita selama perpisahan mereka, dan bahwa Edward mendedikasikan novel kepada Susan sebagai bentuk balas dendam setelah ia mengirimkan naskah untuk membuktikan kepada Susan bahwa ia mampu menulis novel. Susan mengevaluasi kembali perilaku dirinya saat ini dan menghubungi Edward. Susan mengatur pertemuan dengan Edward dengan harapan dapat memperbaiki hubungan mereka, tetapi Edward tidak muncul.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Dunia nyata[sunting | sunting sumber]

  • Amy Adams sebagai Susan Morrow, pemilik galeri seni yang tinggal di Los Angeles
  • Jake Gyllenhaal sebagai Edward Sheffield, mantan suami Susan dan novelis
  • Armie Hammer sebagai Hutton Morrow, suami kedua Susan yang mengabaikan Susan
  • Laura Linney sebagai Anne Sutton, ibu Susan
  • Michael Sheen sebagai Carlos Holt, teman Susan dan suami Alessia
  • Andrea Riseborough sebagai Alessia Holt, teman Susan dan istri Carlos
  • India Menuez sebagai Samantha Morrow, putri Susan dan Hutton
  • Zawe Ashton sebagai Alex
  • Jena Malone sebagai Sage Ross
  • Kristin Bauer van Straten sebagai Samantha Van Helsing

Fiksi (novel)[sunting | sunting sumber]

  • Jake Gyllenhaal sebagai Tony Hastings
  • Michael Shannon sebagai Detektif Bobby Andes
  • Aaron Taylor-Johnson sebagai Ray Marcus, ketua geng
  • Isla Fisher sebagai Laura Hastings, istri Tony yang diculik oleh geng Ray Marcus
  • Ellie Bamber sebagai India Hastings, putri Tony dan Laura yang ikut diculik bersama ibunya
  • Karl Glusman sebagai Lou, anggota geng Ray Marcus
  • Robert Aramayo sebagai Turk (bernama asli Steve Adams), anggota geng Ray Marcus
  • Graham Beckel sebagai Letnan Graves

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Nocturnal Animals mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 73%, berdasarkan 269 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Nocturnal Animals mendapatkan $10.663.357 di Amerika Utara dan $21.735.369 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $32.398.726, melebihi anggaran produksi film $22,5 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $492.648, menempati posisi ke-18 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.161.381, menempati posisi ke-8 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nocturnal Animals (15)". British Board of Film Classification. October 4, 2016. Diakses tanggal October 4, 2016. 
  2. ^ Galloway, Stephen (September 7, 2016). "Tom Ford's Inner Life: A Director's Turmoil, Depression Battles and Staggering Talent". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 7, 2016. 
  3. ^ a b c "Nocturnal Animals (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 22, 2017. 
  4. ^ a b "Nocturnal Animals (2016)". The Numbers. Diakses tanggal April 1, 2017. 
  5. ^ "Venice film festival 2016: Tom Ford's Nocturnal Animals world premiere – in pictures". Theguardian.com. Diakses tanggal September 4, 2016. 
  6. ^ "Nocturnal Animals". Venice Film Festival. Diakses tanggal September 4, 2016. 
  7. ^ "Nocturnal Animals (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 22, 2016. 
  8. ^ "Nocturnal Animals reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 22, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]