Nobody (lagu Wonder Girls)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Nobody"
Singel oleh Wonder Girls
dari album The Wonder Years: Trilogy dan 2 Different Tears
Dirilis22 September 2008
Format
Direkam2008
Genre
Panjang3:33
LabelJYP
PenciptaPark Jin-young
ProduserPark Jin-young
Kronologi singel Wonder Girls
"So Hot"
(2008)
"Nobody"
(2008)
"2 Different Tears"
(2010)

"Nobody" adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh grup vokal wanita Korea Selatan Wonder Girls, dari EP pertama mereka, The Wonder Years: Trilogy (2008). Lagu ini dirilis sebagai sebuah singel unduhan digital pada 22 September 2008 di Korea Selatan. Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Park Jin-young dan menampilkan sampel dari trio asal Italia, La La bertajuk "Johnny Johnny." Lagu ini dengan cepat menjadi terkenal, menjadi lagu dengan pencarian teratas dan menduduki peringkat nomor satu di berbagai situs musik digital.[1] Lagu ini direkam dan dirilis dalam empat bahasa berbeda: Korea, Inggris, Mandarin, dan Jepang.

Sebuah video penampilan langsung "Nobody" di acara M! Countdown sesaat menjadi salah satu video K-pop yang paling banyak disaksikan masyarakat di YouTube, sampai kemudian dilewati pada 1 September 2011 oleh video musik "Gee" oleh Girls' Generation. Penampilan langsungnya tersebut juga menjadi video K-pop pertama yang mencapai 50 juta tayangan di YouTube (pada tahun 2011). Billboard menempatkan lagu ini pada posisi #43 pada daftar 100 Lagu Grup Wanita Terbaik Sepanjang Masa.[2]

Remiks[sunting | sunting sumber]

Penampilan Wonder Girls saat membawakan "Nobody" pada acara Bucheon World Intangible Cultural Heritage Expo 2008.

Berbagai remiks "Nobody" diproduksi untuk berbagai acara penghargaan dan acara spesial di akhir tahun. Pada M.Net KM Music Festival 2008 (MKMF), Wonder Girls menampilkan "Nobody" dengan versi tango dan disko. Remiks dengan versi lainnya memulai debutnya pada acara Golden Disk Awards 2008, yang menampilkan setiap anggota Wonder Girls membawakan klip singkat remiks "Nobody" dengan cara yang unik. Pada tanggal 11 Oktober 2009, remiks resmi Amerika dirilis. Remiks tersebut dibawakan oleh DJ Amerika terkenal, Jason Nevins.

Plagiarisme dan tuntutan hukum[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2009, diberitakan bahwa JYP Entertainment dan Sony/ATV Music Publishing akan mengambil tindakan hukum terhadap grup musik Asia lainnya yang telah mengadopsi atau membuat cover lagu "Nobody" secara ilegal.[3] JYP Entertainment menyatakan bahwa kelompok dan aktris di Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja telah "sembarangan menyalin" lagu, tarian, dan kostum grup tersebut.[4]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Penampilan langsung pada acara The 9th 'Love Sharing Concert' 2008.

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Wonder Girls melakukan comeback resmi mereka pada akhir pekan 26-28 September 2008, tampil pada acara KBS Music Bank, MBC Music Core, dan SBS 인기가요 ("Top Songs"). Pada akhir Oktober, grup ini secara singkat menggunakan "Rainstone Remix" dari lagu tersebut. Pada tanggal 8 Agustus 2015, mereka membuat ulang lagu ini dengan versi instrumental bersamaan dengan comeback mereka pada tahun 2015 sebagai grup band beranggotakan 4 orang dalam acara You Hee-yeol's Sketchbook.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Untuk debut televisi Amerika pertama mereka, mereka menampilkan "Nobody" pada acara The Wendy Williams Show, sebuah gelar wicara pagi di FOX. Mereka juga tampil pada acara hit FOX So You Think You Can Dance pada babak penentuan hasil.

Pada tahun 2014, "Nobody" digunakan dalam film Penguins of Madagascar.

Jepang[sunting | sunting sumber]

Penampilan langsung pertama dari versi Jepang Nobody berlangsung pada acara GirlsAward 2012 Spring/Summer by Crooz di Tokyo. Wonder Girls merupakan satu-satunya grup Korea yang diundang pada acara tersebut sebagai salah satu artis penampil, disamping penampil pembukaan, Code-V.[5][6]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Bahasa Korea dan Inggris[sunting | sunting sumber]

Video musik lagu ini dimulai dengan Park Jin-young menampilkan sebuah konser dengan gaya Motown bersama Wonder Girls sebagai penyanyi latarnya. Setelah pertunjukan tersebut, beberapa eksekutif rekaman memberi Park lembaran lirik lagu "Nobody", yang telah ia siapkan untuk debutnya di pertunjukan berikutnya selama tahun 1960-an. Beberapa menit sebelum acaranya dimulai, Park berada di kamar kecil dan tengah menggunakan toilet ketika ia menyadari bahwa tidak ada kertas toilet yang tersedia. Saat ia dengan cemas meminta pertolongan, semua orang di atas panggung mulai bertanya-tanya di mana ia berada saat pertunjukan dimulai. Para eksekutif kemudian menggerakkan Wonder Girls untuk membawa mikrofon mereka berdiri ke depan dan berada di tengah panggung. Di akhir penampilan mereka, Park akhirnya tampil di atas panggung untuk mengucapkan selamat kepada grup tersebut atas penampilan mereka. Ketika lagu tersebut diputar, video tersebut menjadi montase dari karier grup tersebut dari awal kariernya hingga menjadi bintang. Di akhir video, Park memasuki kamar toilet lain dan melihat terdapat kertas toilet yang tersedia. Sial bagi Park, ia menarik lembaran terakhir dari tempat kertas toilet tersebut dan sekali lagi harus meminta bantuan.

Bahasa Jepang[sunting | sunting sumber]

PV dimulai dengan Sohee memegang sebuah surat kabar The New York Lines dengan "Wonderful" Wonder Girls sebagai sampul depan surat kabar tersebut serta terdapat sebuah artikel bertajuk "Nobody, hit di seluruh dunia". Sohee dalam bayang putih melipat surat kabar tersebut. Kemudian, ditampilkan Wonder Girls yang tengah berada di pesawat terbang. Layar bergerak dari kiri ke kanan, menunjukkan tiap anggota dalam gaun dengan nyala neon: Sunye berwarna hijau, Hyerim berwarna biru, Yoobin berwarna oranye, Yeeun berwarna kuning, dan Sohee berwarna merah muda. Saat sisi pesawat meluncur turun, mereka keluar dari tangga dan disambut oleh kumpulan paparazzi. Mereka berjalan melewati paparazzi ke panggung. Bagian belakang panggung tertutup. Yoobin memulai dengan "it'll never change" dan lagunya dimulai dengan para anggota menari dengan mikrofon berdiri. Setelah syair kedua Sohee dan saat bagian chorus Yeeun, video beralih menunjukkan sebuah televisi hitam putih yang menunjukkan video musik Nobody. Sebuah keluarga menonton dan berdansa dengan lagu Nobody di satu ruangan dan beralih ke ruangan lain dengan dua wanita menari bersama. Televisi tersebut diperbesar untuk melihat para anggota berganti pakaian dan gaya rambut. Mereka kemudian mengenakan gaun emas yang serupa dengan versi 2008 mereka. Panggung kemudian berubah menjadi band yang tampil secara langsung, pianis di sebelah kiri, dan empat penyanyi latar di sebelah kanan kanan. Lagu berlanjut dengan Yeeun dan Sunye berbagi bagian chorus yang mengarah pada Yeeun dengan not tinggi, lalu diikuti Sunye. Lagu tersebut berakhir dengan rap dari Yoobin dan pose para anggota dengan mikrofon.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

EP Korea
Unduhan digital Amerika Serikat
  1. "Nobody (Versi Bahasa Inggris)"
US CD single
No. JudulPenciptaProduser Durasi
1. "Nobody" (menampilkan vokal latar oleh J.Y. Park "The Asiansoul" dan Kim Hyuna)Park
  • Park
  • Woo Seok Rhee "Rainstone"
  • Ho Yoon Moon "Moonworker"
  • Jun Soo Nuh
  • Brian Stanley
  • Brian Gardner
3:37
2. "Nobody" (Jason Nevins Remix)Park
  • Park
  • Woo Seok Rhee "Rainstone"
  • Ho Yoon Moon "Moonworker"
  • Jun Soo Nuh
  • Brian Stanley
  • Brian Gardner
3:35
3. "Nobody" (Karaoke)   3:34
EP Remiks
  1. "Nobody" (Jason Nevins Remix)
  2. "Nobody" (Jason Nevins Extended Remix)
  3. "Nobody" (Jason Nevins Remix Instrumental)
  4. "Nobody" (Jason Nevins Extended Remix Instrumental)
EP Jepang

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2008, singel ini terjual 28,160 kopi digital di Amerika Serikat.[7] Lagu ini mernjadi lagu K-pop pertama yang masuk dalam Billboard Hot 100.

Tangga lagu (2008–09) Posisi
puncak
US Billboard Hot 100[8] 76
US Billboard Heatseekers Songs[9] 4

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2008 Cyworld Digital Music Awards[10] Song of the Month (September) Menang
Song of the Month (Oktober) Menang
MKMF Awards Song of the Year[11] Menang
Best Music Video[12] Menang
2009 Seoul Music Awards Record of the Year in Digital Release Menang

Rilis[sunting | sunting sumber]

Wilayah Tanggal Format Label
Korea Selatan 22 September 2008 JYP
Amerika Serikat 26 Juni 2009 Unduhan digital
30 September 2009 CD
Tiongkok[13] 10 Februari 2010
  • CD
  • Unduhan digital
Jepang 25 Juli 2012 EP DefStar Records

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "원더걸스 Nobody, 뜨거운 반응 '검색어 1위'". ibtimes.com. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  2. ^ "100 Greatest Girl Group Songs of All Time: Critics' Picks". Billboard. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  3. ^ International Lawsuit over Wonder Girls' 'Nobody'. Chosun Ilbo. 16 Maret 2009. Diakses tanggal 24 Maret 2009.
  4. ^ Wonder Girls to sue for plagiarism: agent. AFP. 13 Maret 2009. Diakses tanggal 24 Maret 2009.
  5. ^ "Rakuten GirlsAward 2017 AUTUMN/WINTER|ガールズアワード". girls-award.com. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  6. ^ http://enewsworld.mnet.com/enews/contents.asp?idx=6907
  7. ^ Penjualan Album September 2008 Diarsipkan 21 February 2009 di Wayback Machine.. Recording Industry Association of Korea. Diakses tanggal 28 November, 2008.
  8. ^ "Wonder Girls – Chart history" Billboard Hot 100 for Wonder Girls.
  9. ^ "Heatseekers Songs". Billboard. billboard.com. 31 Oktober 2009. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  10. ^ 원더걸스 2달 연속 싸이월드 어워드 수상 ‘총5회 빅뱅과 동률’. Newsen/Joins.com. 6 November 2008. Diakses tanggal 6 November 2008.
  11. ^ "2008 M.net Korean Music Festival Winners list" Diarsipkan 25 December 2012 di Wayback Machine.. MAMA. Diakses tanggal 12 Juni 2014.
  12. ^ Kim, Shi-eun. ‘MKMF 3관왕’ 원더걸스 "변치 않는 원더걸스 되겠다" (MKMF Triple Winner Wonder Girls "Will Never Change"). HanKyung.com. 16 November 2008. Diakses pada 16 November 2008.
  13. ^ "Wonder Girls (Chinese Special Edition) – EP by Wonder Girls". iTunes Store. 10 Februari 2010. Diakses tanggal 8 Agustus 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]