No Longer Human

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
No Longer Human
No Longer Human (Osamu Dazai novel) cover.jpg
PengarangOsamu Dazai
Judul asli人間失格
PenerjemahDonald Keene
Negara Jepang
BahasaJepang
GenreNovel pendek
PenerbitChikuma Shobō
Tanggal rilis1948 (Terjemahan Inggris 1958)
Jenis mediaPrint (paperback)
Halaman271
DidahuluiA Cherry
DiikutiGoodbye

No Longer Human (人間失格, Ningen Shikkaku) adalah novel karya Osamu Dazai. Ini adalah jajaran karya Dazai yang menjadi novel terbaik kedua di Jepang, di belakang, Kokoro, karya Natsume Soseki.[1] Terjemahan literal dari judul tersebut, yang dibahas oleh Donald Keene dalam kata pengantar untuk terjemahan bahasa Inggris, adalah "Didiskualifikasi Dari Menjadi Manusia". Dalam terjemahan Italia, buku ini berjudul Lo squalificato ("Yang Didiskualifikasi"). Novel yang diriwayatkan sebagai orang pertama, mengandung beberapa elemen yang mengkhianati autobiografi dasar, seperti bunuh diri, tema berulang dalam kehidupan penulis. Banyak yang percaya bahwa buku itu adalah kehendaknya, karena Dazai bunuh diri tak lama setelah bagian terakhir buku itu (yang muncul dalam bentuk serial) diterbitkan.

Pada 1 Januari 2019, buku ini berada dalam domain publik. Buku ini telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia, antara lain oleh penerbit Basabasi dengan judul Orang Gagal (2020, ISBN-13: 9786237290599) dan penerbit Mai dengan judul Gagal Menjadi Manusia (2020, ISBN-13: 9786237351306).

Garis besar plot[sunting | sunting sumber]

No Longer Human diceritakan dalam bentuk buku catatan yang ditinggalkan oleh Ōba Yozo ( 大 庭 葉 蔵 ) , seorang lelaki bermasalah yang tidak mampu mengungkapkan jati dirinya kepada orang lain, dan yang, sebaliknya, mempertahankan fasad kegembiraan kosong. Karya ini terdiri dari tiga bab, atau "memorandum", yang menceritakan kehidupan Ōba dari masa kecilnya hingga akhir dua puluhan.

  • Memorandum Pertama: Diatasi dengan perasaan alienasi dan keberbedaan yang intens dan merasa hampir mustahil untuk memahami orang-orang yang mengelilinginya yang hidup dalam egoisme dan itikad buruk , Ōba tidak dapat melakukan apa-apa selain menggunakan gaya lawak untuk menjalin hubungan antarpribadi. Dia dilecehkan oleh pelayan laki-laki dan pelayan perempuan selama masa kecilnya, tetapi memutuskan bahwa melaporkannya tidak akan berguna.
  • Memorandum Kedua: Ōba menjadi semakin khawatir akan potensi penetrasi fasadnya yang ceria oleh teman sekolahnya Takeichi, yang melihat melalui lawakan palsu. Ōba berteman dengannya untuk mencegah Takeichi mengungkapkan rahasianya. Saat ia menunjukkan kepada Takeichi lukisan-lukisan seperti Amedeo Modigliani yang seperti hantu , ia menyadari bahwa beberapa seniman mengekspresikan kebenaran batin dari kekejaman manusia melalui trauma mereka sendiri. Ōba melukis potret diri yang diilhami oleh para seniman ini, yang sangat mengerikan sehingga dia tidak berani menunjukkannya kepada siapa pun kecuali Takeichi, yang menghargai gambar itu. Dia mengabaikan studinya di universitas, karena takut akan kehidupan kolektif. Di bawah pengaruh seorang rekan seniman yang ditemuinya di kelas melukis, Horiki, ia turun ke lingkaran minum-minum, merokok, dan prostitusi, yang berpuncak cinta satu malam dengan seorang wanita yang sudah menikah dengan siapa ia berusaha melakukan bunuh diri ganda dengan cara tenggelam. Meskipun dia selamat, tetapi wanita itu meninggal, ia meninggalkannya dengan perasaan bersalah yang luar biasa.
  • Memorandum Ketiga, Bagian Satu: Ōba dikeluarkan dari universitas, dan berada di bawah asuhan seorang teman keluarga. Dia mencoba untuk memiliki hubungan normal dengan seorang ibu tunggal, melayani sebagai ayah pengganti untuk gadis kecilnya, tetapi meninggalkan mereka demi tinggal bersama nyonya bar yang dilindunginya. Sejak itu ia mencoba untuk percaya arti masyarakat bagi seorang individu adalah untuk melarikan diri dari perilaku menyakiti diri sendiri. Dia banyak minum, terinspirasi oleh Rubaiyat Omar Khayyam. Kemudian, dia jatuh ke dalam hubungan dengan Hiiragi, seorang wanita muda dan naif yang ingin dia berhenti minum.
  • Memorandum Ketiga, Bagian Dua: Berkat pengaruh kuat Hiiragi pada hidupnya, Ōba berhenti minum dan menemukan pekerjaan yang menguntungkan sebagai kartunis. Kemudian Horiki muncul, mengubah Ōba menjadi perilaku menyakiti diri sendiri lagi. Lebih buruk lagi, pada saat mengingat Kejahatan dan Hukuman oleh Dostoevsky ketika dia membahas antonim kejahatan dengan Horiki, Ōba menjadi terasing dari istrinya setelah sebuah insiden di mana dia secara seksual dianiaya oleh seorang kenalan biasa. Seiring waktu OBA menjadi peminum alkohol dan kecanduan morfin, takut berakibat fatal ia merasa menghadapi serangan dari istrinya. Dia akhirnya dikurung di rumah sakit jiwa dan, setelah dibebaskan, pindah ke tempat yang terisolasi, mengakhiri cerita dengan mati rasa refleksi diri setelah keputusasaan yang mendalam.

Kisah ini ditulis dengan dua bab lain, lebih pendek, dari sudut pandang pengamat netral, yang melihat tiga foto Ōba dan akhirnya melacak salah satu karakter yang disebutkan dalam buku catatan yang mengenalnya secara pribadi.

Ōba merujuk pada dirinya sendiri di seluruh buku menggunakan kata ganti refleksif "Jibun" ( 自 分 ) , sedangkan kata ganti pribadi "Watashi" ( 私 ) digunakan baik dalam kata pengantar dan kata penutup untuk buku oleh penulis, yang namanya tidak jelas. Nama "Ōba" sebenarnya diambil dari salah satu karya awal Dazai, "Petals of Buffoonery" ( 道 化 の 華 ).

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Ningen Shikkaku diadaptasi ke film pada tahun 2009, peringatan 100 tahun kelahiran Dazai. Film ini disutradarai oleh Genjiro Arato, produser yang bertanggung jawab atas Zigeunerweisen pemenang penghargaan pada tahun 1980. Pembuatan film dimulai pada bulan Juli, dan dirilis pada 20 Februari 2010. Film ini dibintangi oleh Toma Ikuta (24) sebagai Ōba Yōzō, seorang pemuda. yang merasa sulit untuk berhubungan dengan dunia di sekitarnya, tetapi menutupi rasa keterasingan ini dengan sikap periang. Namun, hidupnya terus berputar menuju kehancuran diri. Aktris Satomi Ishihara (22) berperan sebagai salah satu dari beberapa wanita dalam hidupnya, dan satu-satunya yang dinikahinya. Film ini dipasarkan di luar Jepang dengan judul Fallen Angel.

Versi baru Ningen Shikkaku dirilis 13 September 2019, dibintangi oleh Shun Oguri dalam peran penulis Osamu Dazai. Film disutradarai oleh fotografer dan sutradara film Mika Ninagawa[2][3][4][5] Film ini dibuka di 320 bioskop, peringkat ke-4 di akhir pekan pertama.[6][7]

Serial anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi lain dari kisah ini diceritakan dalam empat episode pertama dari serial anime 2009 Aoi Bungaku. Ia menerima Hadiah Utama Platinum di festival Future Film di Italia.[8]

Anime lain, Bungō Stray Dogs menampilkan karakter yang dinamai Osamu, serta berbagai pengaruh dari No Longer Human.

Film fitur anime[sunting | sunting sumber]

Human Lost, anime 3D fiksi ilmiah fitur Polygon Pictures disutradarai oleh Fuminori Kizaki. Katsuyuki Motohiro menjabat sebagai direktur eksekutif. Tow Ubukata dan penulis skenario. Yūsuke Kozaki adalah desainer karakter. Ini perdana pada 22 Oktober 2019 di bioskop Amerika Serikat[9][10] Dalam film ini, novel tersebut diangkut ke tahun 2036. Terobosan dalam teknologi medis telah mengarah pada sistem nanoteknologi ditanamkan secara internal pada semua manusia yang dapat membalikkan penyakit, cedera, dan bahkan kematian. Tetapi jika seseorang melihat nano-nano mereka dari sistem, mereka bermutasi menjadi makhluk mengerikan yang dikenal sebagai "Lost". Oba, Horiki dan Hiiragi sekarang "pelamar" dengan kekuatan khusus.

Manga[sunting | sunting sumber]

Usamaru Furuya menciptakan versi manga tiga volume dari No Longer Human, yang diserialisasikan dalam majalah []Shinchosha]], Comic Bunch yang dimulai pada nomor 10, 2009. Edisi bahasa Inggris diterbitkan oleh Vertical Inc. pada 2011-2012.[11][12]

Yasunori Ninose membuat versi manga lain dari No Longer Human , berjudul Ningen Shikkaku Kai ( 壊 kai , "penghancuran"),[13] diserialkan di Champion Red dari bulan April hingga Juli tahun 2010. Tidak seperti versi Furuya, manga ini menggambarkan emosi negatif manusia. dan hubungan seksual sebagai tentakel, yang telah memikat Ninose sejak dia berusia lima tahun.

Versi ketiga ( ISBN 978-4872578102 ), yang menceritakan kembali secara langsung kisah yang ditetapkan dalam pengaturan awal sebelum Perang Dunia II, ditugaskan untuk seri Manga de Dokuha (adaptasi komik sastra klasik), yang diterbitkan oleh Gakken. Edisi bahasa Inggris diterbitkan dalam format online oleh JManga pada tahun 2011.[14]

Pada 2017, Junji Ito menciptakan adaptasi manga lain dari No Longer Human , yang mempertahankan judul aslinya. Dalam versi ini, Yozo bertemu Osamu Dazai sendiri selama pemulihan suaka, sehingga memberinya izin untuk menceritakan kisahnya di buku berikutnya. Manga ini termasuk menceritakan kembali bunuh diri Dazai dari perspektif Oba.

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

William Bradbury dari The Japan Times menyebutnya novel abadi, mengatakan bahwa "Perjuangan individu untuk masuk ke dalam masyarakat normalisasi tetap sama relevan hari ini seperti pada saat penulisan."[15] Serdar Yegulalp dari Genji Press mencatat kekuatan Dazai dalam menggambarkan situasi protagonis, menggambarkan novel itu sebagai "suram dengan cara yang ekstrem namun juga tidak dipaksakan"[16] Kedua kritikus telah mencatat kualitas otobiografi novel, tetapi mengklaim bahwa gaya Dazai menyebabkan pembaca untuk terhubung ke Ōba daripada fokus pada penulis.

Spekulasi[sunting | sunting sumber]

Seorang analis modern telah mengusulkan Dazai menderita gangguan stres pasca-trauma yang kompleks ketika ia menulis buku itu.[17]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Takeshi Obata Illustrates Cover for Best-Selling Japanese Novel". ComiPress. August 22, 2007. Diakses tanggal 2009-07-27. 
  2. ^ 小栗旬、太宰治役で減量 蜷川実花監督と「人間失格」誕生秘話映画化. cinematoday.jp (dalam bahasa Japanese). December 3, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 2, 2018. Diakses tanggal December 2, 2018. 
  3. ^ "Ningen shikkaku Official site". ningenshikkaku-movie.com (dalam bahasa Japanese). December 3, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 2, 2018. Diakses tanggal December 2, 2018. 
  4. ^ 映画『人間失格』製作開始!!. nsmovie2019.tumblr.com (dalam bahasa Japanese). December 3, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 2, 2018. Diakses tanggal December 2, 2018. 
  5. ^ 映画 『人間失格』. Tokyo now (dalam bahasa Japanese). 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 19, 2018. Diakses tanggal December 19, 2018. 
  6. ^ "Japan Box Office Report - 9/14~9/15 2019". tokyohive.com. September 18, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2019. Diakses tanggal September 20, 2019. 
  7. ^ 人間失格 太宰治と3人の女たち(2019年製作の映画). filmarks.com (dalam bahasa Japanese). September 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2019. Diakses tanggal September 20, 2019. 
  8. ^ "No Longer Human Anime Wins at Italy's Future Film Fest". Anime News Network. April 26, 2011. Diakses tanggal April 26, 2011. 
  9. ^ "Afro Samurai Director Fuminori Kizaki Reveals Human Lost Film". Anime News Network. March 22, 2019. Diakses tanggal March 22, 2019. 
  10. ^ "Human Lost Anime Film's Video Reveals October Screenings in U.S." Anime News Network. August 23, 2019. Diakses tanggal August 23, 2019. 
  11. ^ "Toronto Comic Arts Festival to Host Usamaru Furuya". Anime News Network. Diakses tanggal 20 February 2011. 
  12. ^ "No Longer Human". Vertical, Inc. Diakses tanggal 10 December 2011. 
  13. ^ マンガ界の奇才が太宰に挑む 『人間失格 壊』. Men's Cyzo (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 21 February 2011. 
  14. ^ "No Longer Human". JManga. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 May 2013. Diakses tanggal 10 December 2011. 
  15. ^ Bradbury, William. "No Longer Human". The Japan Times. Diakses tanggal 14 March 2015. 
  16. ^ Yegulalp, Serdar. "Book Reviews: No Longer Human (Osamu Dazai)". Genji Press. Diakses tanggal 14 March 2015. 
  17. ^ Betrayed as Boys: Psychodynamic Treatment of Sexually Abused Men, Japanese edit pp. 448–451 by Naoko Miyaji (2005, mainly Richard Gartner) ISBN 4-86182-013-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]