Njoo Han Siang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Njoo Han Siang (杨汉祥) (Yogyakarta, 1930 - 1985) adalah seorang perintis perbankan nasional dan perfilman Indonesia. Njoo dikenal sebagai sosok yang idealis, unik, dan mempunyai minat yang begitu luas. Ia dikenal sebagai seorang wartawan, pengusaha, pendidik, tokoh pembauran etnis Tionghoa, pecinta seni dan kebudayaan Indonesia serta seseorang yang peduli dengan kehidupan sosial serta politik bangsa.

Ia lahir pada tanggal 31 Agustus tahun 1930 di Yogyakarta ini berasal dari keluarga Tionghoa yang mampu berbicara Bahasa Hokkian dan Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Walaupun Njoo lahir dari generasi pertama Tionghoa, beliau telah mewarisi nilai-nilai kebudayaan Jawa yang telah mengalir dalam dirinya sejak kecil. Akulturasi ini telah mewarnai perjalanan hidupnya dimana naluri bisnis yang diwarisi dari orang tuanya berpadu dengan kepeduliannya terhadap bangsa Indonesia.

Lingkaran pergaulannya yang begitu luas meliputi beragam etnis dan agama serta berbagai macam profesi seperti pengusaha, militer, budayawan, politikus, intelelektual, pribumi maupun non-pribumi.

Karier[sunting | sunting sumber]

  • 1950 – Njoo belajar jurnalistik dan mengawali karier sebagai wartawan foto Sunday Courier, ia bersahabat baik dengan B.M. Diah dan Adam Malik.
  • 1958 – Njoo mendirikan maskapai pelayaran PT. Delta Baru dan sekaligus menjadi pengusaha ekspor-impor bahan pangan (beras dan terigu) dengan nama CV. Krisna.
  • 1966 – Njoo dengan Suhardiman (pendiri dan ketua SOKSI) dan Thomas Suyatno mendirikan Bank Dharma Ekonomi yang kemudian menjadi Bank Duta dan sekarang lebih dikenal dengan Bank Danamon.
  • 1969 – Njoo membantu Ali Murtopo menjadi pemasok logistik untuk Pepera di Papua. Dari hasil operasi logistik ini, kelompok Ali Murtopo menyisihkan dana untuk membeli Bank Umum Nasional (BUN). BUN didirikan dan dimiliki oleh tokoh-tokoh PNI, Njoo menjabat sebagai Presiden Komisaris BUN.
  • 1969 – Njoo Han Siang juga memprakarsai dan merintis pendirian Akademi Perbankan Nasional yang berkembang menjadi STIE Perbanas dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Perbanas. Atas jasanya, Njoo Han Siang diabadikan dalam bentuk monumen yang dibangun di depan kampus STIE Perbanas.
  • 1970 – Njoo bersama Sri Budoyo memelopori kartu kredit di Indonesia dengan mendirikan Diners Club Indonesia.
  • 1972 – Njoo bersama dengan Wim Umboh (seorang sutradara senior dari etnis Tionghoa Manado yang fasih berbahasa Mandarin dan menjadi penerjemah film bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia) dan Aloysius Soegianto (mantan kolonel RPKAD yang pernah berperan dalam operasi Seroja dan deklarasi Balibo di Timor timur 1975 dan juga mantan ketua Perkumpulan Kinologi Indonesia) mendirikan PT. Inter Pratama Studio Laboratorium (Inter Studio) di Pasar Minggu dengan tujuan membebaskan industri film Indonesia dari ketergantungan luar negeri.
  • 1973 – Njoo bersama Lie Siong Thay dan Go Swie Kie mendirikan perusahan agrobisnis PT. Great Giant Pinneaple Company (GGPC) serta PT. Darmo Permai di Surabaya. Pada tahun yang sama, Njoo juga menyelenggarakan pesta musik Summer 28 (memperingati hari kemerdekaan RI ke 28) yang diikuti oleh 17 grup musik yang tengah populer di masa itu seperti Koes Plus, The Pros, AKA, dan God Bless.
  • 1976 – Njoo bersama dengan Jusuf Wanandi, Sofjan Wanandi, dan Pang Lay Kim (ayah dari Marie Elka Pangestu), mendirikan perusahan asuransi PT. Maskapai Asuransi Madijo yang berubah nama menjadi PT. Asuransi Wahana Tata. Pada tahun yang sama Njoo juga mendirikan Bankers Club Indonesia sebagai wadah para bankir Indonesia dan menjabat sebagai ketua umum yang pertama.
  • 1978 – Njoo mendirikan sebuah restoran, bar dan klab malam yang bernama Golden Gate di Bandar Udara Kemayoran sekaligus mendirikan PT. Wai Halim di Lampung, perusahaan yang bergerak dalam bidang perumahan.
  • 2004 – Njoo Han Siang dianugerahkan "Satya Lencana Wirakarya" oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri dalam acara peringatan Hari Film Nasional atas jasa-jasanya dibidang sinematografi nasional.
  • 2004 – Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, melalui Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BPPN) selaku penyelenggara Festival Film Indonesia, menganugerahkan penghargaan khusus bernama Piala Njoo Han Siang kepada produser yang paling banyak memanfaatkan jasa teknik perfilman dalam negeri. Ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai perjuangan Njoo serta untuk melanjutkan dan memotivasi semangat kemandirian membebaskan perfilman Indonesia dari ketergantungan luar negeri. Disain piala itu merupakan hasil rancangan Heru Sudjarwo.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa karya film yang diproduksi oleh Njoo Han Siang:

Warisan[sunting | sunting sumber]

Tahun 2004, nama Njoo Han Siang pernah digunakan sebagai nama ajang penghargaan film. Pialanya dirancang oleh Heru Sudjarwo

Referensi[sunting | sunting sumber]