Nikolaos Oikonomidis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nikolaos atau Nikos Oikonomides (Yunani: Νικόλαος Οικονομίδης, 14 Februari 1934 – 31 Mei 2000) merupakan seorang Byzantinis asal Yunani-Kanada, dan salah satu ahli terkemuka di bidang administrasi Bizantium.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Oikonomides lahir di Athena.

Ia belajar di Universitas Athena dari tahun 1951 sampai tahun 1956, di bawah asuhan Byzantinis Dionysios Zachytinos. Setelah memperoleh gelarnya, pada tahun 1958 ia pergi ke Paris untuk melanjutkan studi doktoralnya di bawah Paul Lemerle. Studinya di Paris juga memperkenalkannya pada sigillografi, dan mengarah pada penemuan apa yang disebut Escorial Taktikon atau Taktikon Oikonomides. Hasil karyanya pada Escorial Taktikon dan Taktika lainnya (daftar tempat duduk dalam perjamuan Kekaisaran Bizantium) diterbitkan pada tahun 1972, sebagai daftar Les listes de préséance bizantium des IXe et Xe siècle, berisi terjemahan dan komentar mengenai Taktika. Oikonomides kembali ke Yunani, tetapi pendirian Junta militer Yunani pada tahun 1967 memaksanya pergi ke pengasingan di Kanada bersama istrinya, Ottomanis Elisabeth Zachariadou. Pada bulan Juli 1969, ia menerima kursi sejarah Bizantium di Universitas Montreal, sebuah jabatan yang ia pegang sampai tahun 1989, ketika ia kembali ke Athena. Dia meninggal pada tanggal 31 Mei 2000 di Athena, dan meninggalkan istri dan dua orang putrinya.

Selain Listes de préséance, karya-karyanya yang utama meliputi tujuh jilid Arsip de l' Athos, sebuah karya multi-volume dari dokumen-dokumen biara-biara Gunung Athos yang dimulai oleh Paul Lemerle, serta pekerjaan penting dalam studi dan perincian dari koleksi Dumbarton Oaks ekstensif dari segel Bizantium. Karyanya di sana mengarah pada penciptaan jurnal ilmiah baru, the Studies in Byzantine Sigillography, yang disuntingnya.

Daftar karya utamanya[sunting | sunting sumber]

  • Les listes de préséance byzantines des IXe et Xe siècles, Paris, 1972
  • Fiscalité et exemption fiscale à Byzance (IXe-XIe s.), Athens 1996 ISBN 960-7094-65-4
  • Social and economic life in Byzantium, Aldershot, 2004
  • Society, Culture and Politics in Byzantium, Aldershot, 2005

Sumber[sunting | sunting sumber]