Nikolai Slichenko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nikolai Slichenko
Николай Сличенко
LahirNikolai Alekseyevich Slichenko
(1934-12-27)27 Desember 1934
Belgorod, RSFS Rusia, Uni Soviet
Meninggal2 Juli 2021(2021-07-02) (umur 86)
PekerjaanAktor, penyanyi, sutradara teater
Tahun aktif1951–2021
GelarArtis Rakyat Uni Soviet (1981)
Penghargaan

Nikolai Alekseyevich Slichenko (bahasa Rusia: Никола́й Алексе́евич Сличе́нко; 27 Desember 1934 – 2 Juli 2021)[1] adalah seorang penyanyi asal Rusia[2] dan direktur utama Teater Romen di Moskwa. Ia adalah satu-satunya orang Rom yang dianugerahi gelar Artis Rakyat Uni Soviet (1981).[3][4]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nikolai lahir di daerah Belgorod, Rusia, dalam sebuah keluarga dari orang Romani. Sebagian masa kecilnya dihabiskan selama Perang Dunia II. Selama perang, Nikolai kehilangan banyak kerabat. Secara khusus, sebagai seorang anak, ayahnya ditembak di depan matanya pada tahun 1942. Setelah perang, keluarga Slichenko menetap di sebuah peternakan kolektif Romawi di Voronezh Oblast. Remaja harus bekerja seperti orang dewasa. Itu adalah saat ketika Nikolai mendengar tentang teater Roma di Moskow dan telah bermimpi bertindak atas panggung.

Pada tahun 1951 Nikolai diterima ke dalam Theater Romen. Anak berbakat menarik perhatian master teater terkemuka. Mereka tentu tidak membuat hal-hal mudah baginya: ia mulai seperti kebanyakan, sebagai aktor pembantu.

Nikolai adalah pertama bertugas peran utama pada awal tahun 1952, ketika ia belum berusia 18 tahun. Ini adalah saat ketika teater meninggalkan Zagorsk (sekarang Sergiev Posad).

Setelah bermain yang Slichenko mendapat perhatian sebagai aktor mampu. teater mulai melibatkan dia dalam repertoar saat ini. Secara total, pada saat itu ia bermain lebih dari 60 peran di teater asalnya, dan juga berpartisipasi dalam sejumlah film populer.

Pada tahun 1977, Nikolai Slichenko menjadi direktur utama dari Theater Romen. Untuk melakukan hal ini, ia menyelesaikan Program unggul untuk Direksi di Russian Academy of Arts Theater pada tahun 1972.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]