Nihon Keizai Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nihon Keizai Shimbun
Jenis Surat kabar harian
Format Koran
Pemilik Nikkei Inc.
Didirikan Tokyo, 2 Desember 1876
Bahasa bahasa Jepang
Kantor pusat Bendera Jepang Chiyoda, Tokyo dan Osaka
Sirkulasi 3.028.612 eksemplar (pagi), 1.618.220 eksemplar (sore)[1]
Situs web resmi www.nikkei.co.jp

Nihon Keizai Shimbun (日本経済新聞?) adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan oleh Nikkei Inc. Harian ini memuat berita yang berfokus di bidang ekonomi dan keuangan, serta indeks pasar saham Nikkei 225. Terbit dua kali sehari, pagi dan sore dengan oplah edisi pagi sekitar 3 juta eksemplar[1].

Nihon Keizai Shimbun disingkat sebagai The Nikkei atau Nikkei Shimbun. Pada halaman utama, nama surat kabar ini ditulis memakai kanji bentuk lama sebagai 日本經濟新聞 yang juga dibaca sebagai Nihon Keizai Shimbun. Kelompok Nikkei antara lain memiliki saham di Radio Nikkei, stasiun televisi TV Tokyo, Television Osaka, Nikkei CNBC, dan penerbit Nikkei Business Publications.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Harian ini berawal dari mingguan ekonomi Chūgai Bukka Shimpo yang diterbitkan Nippo-sha atas permintaan Mitsui mulai 2 Desember 1876. Sejak Juli 1885, surat kabar ini terbit sebagai harian, kecuali hari Minggu dan sehari sesudah hari libur resmi. Pada bulan Januari 1889, harian ini berganti nama menjadi Chūgai Shōgyō Shimpo.

Pada bulan Januari 1920, harian ini membuka kantor perwakilan di New York City. Edisi sore mulai terbit pada bulan Oktober 1924. Di masa Perang Dunia II, Pemerintah Jepang mengeluarkan perintah tentang penggabungan surat kabar. Pada 1 November 1942, Chūgai Shōgyō Shimpo merger dengan surat kabar dari Jepang timur sebagai Nihon Sangyō Keizai sebelum berganti nama menjadi Nihon Keizai Shimbun sejak 1 Maret 1946.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "NSK's member news organizations". The Japan Newspaper Publishers & Editors Association (NSK). Diakses 28 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]