Nights in Rodanthe (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nights in Rodanthe
Nights in rodanthe poster.jpg
Poster Film Nights in Rodanthe
SutradaraGeorge C. Wolfe
ProduserDenise Di Novi
SkenarioAnn Peacock
John Romano
BerdasarkanNights in Rodanthe
oleh Nicholas Sparks
PemeranDiane Lane
Richard Gere
James Franco
MusikJeanine Tesori
SinematografiAlfonso Beato
PenyuntingBrian A. Kates
Perusahaan
produksi
Village Roadshow Pictures
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
  • 26 September 2008 (2008-09-26)
Durasi
97 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan kotor$84,375,061 [1]

Nights in Rodanthe adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh George C. Wolfe dan diproduseri oleh Denise DiNovi. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2002, film ini dibintangi oleh Diane Lane, Richard Gere, dan James Franco. Diane Lane dan Richard Gere berkolaborasi di layar lebar untuk ketiga kalinya setelah keduanya berperan dalam film The Cotton Club (1984) dan Unfaithful (2002). Nights in Rodanthe difilmkan di pantai kecil Rodanthe, bagian utara dari wilayah Hatteras Island serta Pantai North Topsail, Carolina Utara.

Rumah di Rodanthe yang menjadi latar tempat film ini rusak karena badai setelah film ini diproduksi.[2] Pemilik barunya membeli rumah itu dan memindahkannya ke tempat lain dari Outer Banks. Para wisatawan dapat menyewa bagian dari rumah dan tinggal di kamar tertentu yang telah direnovasi seperti yang dilakukan pada film ini. Nama rumah itu adalah Serendipity.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ketika menjemput putra dan putrinya pada kunjungan akhir pekan, Jack Willis (Christopher Meloni) mengatakan kepada mantan istrinya, Adrienne (Diane Lane), bahwa ia masih "mencintainya" dan ingin kembali ke rumah (hal ini jelas bahwa Jack meninggalkan keluarganya untuk wanita lain). Adrienne menunjukkan bahwa penyesalan Jack adalah karena dia jatuh cinta dengan wanita lain, namun dalam hal apapun, Adrienne perlu waktu dan ruang untuk berpikir. Keretakan ini menyebabkan hubungan antara putrinya dan ibunya menjauh. Karakteristik putrinya yang cemas dan pemberontak mengikuti dan Adrienne yakin ia kehilangan putrinya atas peristiwa yang berlangsung di pernikahannya.

Adrienne pergi ke Rodanthe, Carolina Utara, untuk mengurus penginapan milik sahabatnya pada akhir pekan ketika ia pergi. Penginapan itu sederhana, tepat di pantai, dan pantainya bisa digunakan untuk berselancar saat air pasang.

Satu-satunya tamu untuk akhir pekan, Dr. Paul Flanner (Richard Gere), seorang dokter ahli bedah pribadi yang tiba di penginapan dengan perasaan bersalah. Ia memiliki masa lalu dari operasi yang berakhir tragis. Keluarga pasien, yang tinggal di Rodanthe, menuntut Paul. Sang suami pasien menulis surat kepada Paul, meminta untuk berbicara dengan Paul; ini alasan Paul pergi ke Rodanthe.

Badai terjadi, Paul beserta Adrienne bekerja sama untuk melindungi penginapan. Mereka makan bersama-sama, berbagi cerita, dan akhirnya bertukar hiburan yang mengesankan. Cinta mereka mulai tumbuh. Dengan saran dan dukungan moral dari Adrienne, Paul tetap berhadapan dengan sang suami pasien itu sehingga ia dapat menghadapi rasa sakitnya sendiri.

Paul merasa bersalah untuk hubungan dengan putranya, Dr. Mark Flanner (James Franco), dalam dukungan kariernya dan memutuskan pergi ke Amerika Selatan untuk berhubungan baik dengan putranya. Paul sangat enggan untuk meninggalkan Adrienne dan Rodanthe, tetapi ia tahu ia harus pergi ke putranya, yang meninggalkan praktiknya dengan ayah yang "workaholic" untuk menjadi dokter di sana.

Selama perpisahan mereka, Adrienne dan Paul saling mengirim surat tulisan tangan yang berisi ungkapan rindu mereka satu sama lain sekali lagi. Pada malam Adrienne dan Paul yang akan bereuni lagi, Paul tidak muncul. Adrienne tidak dapat memastikan apakah ia masih dalam perjalanan penerbangan dari Amerika Selatan. Sayangnya, Paul telah tewas karena tanah longsor. Putranya, Mark, tiba di depan pintu Adrienne keesokan harinya dengan sekotak barang-barang pribadi Paul, serta berterima kasih kepada Adrienne untuk "memberinya kembali ayah yang ia tahu ketika ia masih anak-anak".

Adrienne berusaha keras, untuk apa yang terjadi selama beberapa hari atau minggu, dengan kesedihan yang hampir tak tertahankan. Akhirnya, putrinya (yang lebih dewasa dan bijaksana sekarang) mampu meyakinkan Adrienne dari cerita ibunya itu. Ini adalah titik balik bagi hubungan mereka dan memungkinkan Adrienne untuk mulai mengatasi kehilangannya. Ia mengatakan kepada putrinya kisah cinta yang spesial dan mendorong putrinya untuk mencari keluar untuk dirinya sendiri suatu hari nanti.

Adrienne akhirnya diizinkan istirahat dari kesedihan yang menyayat hatinya, selama tinggal sendirian di sepanjang pantai pada hari yang sangat indah. Ia keluar untuk melihat kawanan kecil kuda liar yang pergi dengan gemuruhnya. Ia, anak-anaknya, dan sahabatnya berjalan ke dermaga di mana ia dan Paul berdansa, dan akhirnya ia mampu mengucapkan selamat tinggal kepada Paul ke langit.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Gavin Rossdale membuat lagu "Love Remains the Same" untuk album debut solonya pada tahun 2008. Lagu itu dijadikan soundtrack trailer dari film Nights in Rodanthe.

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan review dari Rotten Tomatoes, konsensus kritik menyatakan bahwa film Nights in Rodanthe "derivatif dan sentimental" serta "sangat berantakan oleh rencana bahwa kharisma dari Diane Lane dan Richard Gere tidak dapat memperbaikinya". Situs ini menilai film ini "sangat buruk", dengan nilai 30% berdasarkan 132 review.[4] Metacritic menilai film ini 39/100, atau "negatif secara umum", berdasarkan review dari 26 kritikan.[5]

The Times memasukkan film Nights in Rodanthe ke dalam 100 Worst Films dari daftar film yang rilis tahun 2008. Pada tahun 2010, Time menyebutkan film ini sebagai salah satu dari 10 film drama terburuk yang pernah dibuat.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Nights in Rodanthe dibuka di bioskop-bioskop Amerika Utara dengan posisi kedua box office di belakang film Eagle Eye, dengan pendapatan USD 13,418,454 dalam pembukaan akhir pekan.[7] Film ini berpendapatan tertinggi kedua yang diperoleh Warner Bros. pada tahun 2008.[8]. Total pendapatan domestik film ini mencapai USD 41,850,659 dan total pendapatan luar negeri mencapai USD 42,524,402 sehingga total pendapatan di seluruh dunia mencapai USD 84,375,061.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]