Niels Shoe Meulman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Niels Shoe Meulman (lahir di Amsterdam, 25 September 1967) adalah seniman visual, grafiti, penulis, desainer grafis dan art director, yang berdomisili di kota Amsterdam,Belanda. Desain dan karya seni Meulman berada di koleksi tetap Museum Stedelijk di Amsterdam dan The San Francisco Museum of Modern Art, sebagai bagian dari [[koleksi ] pribadinya yang banyak.

Pembahasan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Amsterdam 25 September 1967, Niels Meulman adalah seorang seniman yang dikenal secara internasional sebagai seorang desainer dan direktur seni. Meulman mulai dikenal dengan kariernya ini pada tahun 1979 dan menjadi legenda grafiti pada saat ia berumur 18 tahun. Dikenal dengan sebutan 'shoe' dalam komunitas grafiti, karyanya berkembang menjadi bisnis untuk huruf dan ia melanjutkan kuliah serta bekerja magang di master desain grafis Belanda, Anthon Beeke.

Tahun Awal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun sembilan puluhan Meulman mulai mendesain sendiri perusahaannya, Caulfield & Tensing, sebelum bergabung dengan jaringan iklan BBDO Internasional.Dalam beberapa tahun terakhir, ia telah menjadi Direktur Kreatif untuk MTVNetworks, menjadi seorang desainer tipografi. Meulman merevolusi seni menulis dengan Calligraffiti, sebuah bentuk seni kolaborasi antara kaligrafi dan graffiti. Ia meluncurkan gerakan ini pada tahun 2007 dengan pameran solo yang sukses di Amsterdam, dengan kontribusi dari pionir grafiti dan seniman grafis Eric Haze.Meulman juga bekerja sama dengan label rekaman internasional Rush Hour, untuk menyelenggarakan sebuah pameran berjudul Calligraffiti Strokes. Dia sekarang bekerja pada pameran di seluruh dunia .

Pengalaman Profesional[sunting | sunting sumber]

Diakui secara luas, desain Meulman dan karya seni nya menjadi koleksi tetap di Museum Stedelijk dan The San Francisco Museum of Modern Art,Amsterdam . Di antara karya penting nya adalah desain sepatu untuk merek olahraga Inggris,Umbro,mendesain ulang saluran televisi TMF Belanda, kaligrafi untuk Bols Genever, dan Hadiah Logo Christel Palace yang dianugerahi oleh Direksi Seni Klub New York, karena label syal sutra miliknya dengan nama Unruly yang mewah dan tentunya untuk desain Calligraffiti .

Calligraffiti[sunting | sunting sumber]

Shoe, panggilan seniman Calligraffiti, adalah sebuah bentuk seni kolaborasi antara kaligrafi dan grafiti. Shoe melancarkan gerakan ini pada tahun 2007 dengan pameran tunggal di Amsterdam dengan nama yang sama. Sejak itu, Calligraffiti nya, ditandatangani NSM, telah terlihat di berbagai pameran internasional di Eropadan Amerika Utara. Pada bulan Maret, 2010 'Calligraffiti - Seni Grafis Niels Shoe Meulman' buku ini diterbitkan oleh Penerbit Fame di Berlin. John Langdon, seniman ambigram yang menulis kata pengantar, dikutip dalam buku tentang pertama kalinya dia bertemu Shoe dan melihat karyanya: "Anda sudah sebagus seperti saya. Hanya saja Saya lebih .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Chalfant, Henry; Prigoff, James (1987). Spraycan Art. London: Thames & Hudson, 1987, p67.ISBN 0-500-27469-X
  • Caputo, Andrea (2009). All City Writers. Milan: Kitchen 93, 2009, head title design by Niels Shoe Meulman, p34, 38, 42, 46. ISBN 2-85980-013-1
  • Betsky, Aaron; Eeuwens, Adam (2004). False Flat, Why Dutch Design is So Good, London: Phaidon Press, 2004, p215, 375, 378. ISBN 0-7148-4069-6

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Calligraffiti, the Graphic Art of Niels Shoe Meulman, p 129