Nicola Piovani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nicola Piovani

Nicola Piovani (lahir pada 26 Mei 1946, Roma, Italia) adalah seorang komposer skor film dan teater, musisi klasik terang, dan pemenang dari Oscar Skor Drama Asli Terbaik 1998 untuk skor pada film Roberto Benigni La Vita è bella, yang paling dikenal oleh penonton pemakai bahasa Inggris sebagai Life Is Beautiful.

Setelah sekolah tinggi, Piovani masuk Universitas Sapienza Roma, meraih gelarnya dalam bidang piano dari Konservatorium Verdi di Milan pada 1967, dan kemudian mempelajari orkestra dibawah bimbingan komposer Yunani Manos Hadjidakis.

Salah satu karya terkenalnya adalah skor untuk film Federico Fellini Intervista, kolaborasi keduanya dari tiga kolaborasi dengan sutradara terkenal, yang lainnya adalah Ginger e Fred (Ginger and Fred dalam bahasa Inggris) dan La voce della luna (The Voice of the Moon). Bertahun-tahun kemudian, ia mengkomposisikan sebuah balet yang berjudul Balletto Fellini.

Pada 2000 skor buatannya yang memenangkan Oscar untuk La Vita è bella (Life Is Beautiful) dinominasikan untuk sebuah Penghargaan Grammy dalam kategori "Komposisi Instrumental Terbaik untuk sebuah Film, Televisi atau Media Visual Lainnya", mengalahkan Randy Newman. Pada 2005, ia menjadi anggota juri di Festival Film Internasional Moskow ke-27.[1] Karena karyanya dengan sutradara-sutradara Perancis, seperti Danièle Thompson, Philippe Lioret, dan Éric-Emmanuel Schmitt, Menteri Budaya Perancis memberikannya gelar Chevalier (Kesatria) Ordre des Arts et des Lettres pada 21 Mei 2008 di Festival Film Cannes.

Pada saat ini, Piovani memiliki lebih dari 130 skor film untuk penyebutannya, termasuk film-film seperti The Perfume of the Lady in Black (1974), Flavia the Heretic (1974), Le Orme (1975), A Leap in the Dark (1980) dan The Night of the Shooting Stars (1982). Namun, ia dikabarkan percaya bahwa "Beberapa skor film juga membuat seorang komposer menjadi retas, namun musik teater berada diatas seluruh pekerjaan kerajinan". Selain itu, ia melanjutkan karya dalam teater musikal, dan juga mengkomposisikan konser-konser dan musik chamber.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "27th Moscow International Film Festival (2005)". MIFF. Diakses tanggal 2013-04-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]