Ngengat tentara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ngengat tentara
Oleander hawkmoth up.jpg
Ngengat tentara dewasa
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Lepidoptera
Famili: Sphingidae
Subfamili: Macroglossinae
Genus: Daphnis
Spesies: D. nerii
Nama binomial
Daphnis nerii
(Linnaeus, 1758)
Sinonim
  • Deilephila nerii

Daphnis nerii, ngengat tentara atau oleander hawk-moth adalah ngengat dari famili Sphingidae seperti yang dijelaskan oleh Carl Linnaeus dalam edisi ke-10 Systema Naturae pada tahun 1758.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Daphnis nerii adalah ngengat besar yang dapat ditemukan di wilayah yang luas di Afrika, Asia dan Kepulauan Hawaii. Ngengat ini merupakan spesies yang bermigrasi, terbang ke bagian timur dan selatan Eropa selama musim panas, terutama Turki.

Kebiasaan makan[sunting | sunting sumber]

Ngengat dewasa memakan nektar dari berbagai bunga. Mereka memiliki selera dengan spesies bunga yang harum seperti petunia, melati dan kamperfuli. Mereka biasanya aktif pada waktu senja, melayang di atas bunga-bunga setelah matahari terbenam.

Larva ngengat hidup di tanaman oleander (Nerium oleander) yang terkenal sangat beracun, tetapi larva ngengat tentara tampaknya kebal dengan racun tersebut. Mereka juga mungkin memakan tanaman dari  famili Apocynaceae, seperti Adenium obesum, Tabernaemontana divaricata dan Alstonia scholaris di India.

Siklus hidup[sunting | sunting sumber]

Larva ngengat yang baru menetas memiliki panjang sekitar 3-4 mm, berwarna kuning cerah, dan memiliki "tanduk" panjang berwarna hitam pada bagian belakang tubuh. Semakin tua, larva berubah menjadi hijau ke coklat dengan bintik mata besar berwarna biru dan putih dekat kepala, dan sebuah "tanduk" kuning pada bagian belakang. Ada juga garis putih di sepanjang sisi tubuh, dengan hamburan titik-titik kecil putih kebiruan di samping garis tersebut. Spirakel pada sisi tubuh berwarna hitam. Larva dewasa memiliki panjang sekitar 7,5-8,5 cm.

Sebelum menjadi kepompong, larva ngengat berubah warna menjadi coklat. Pupa spesies ini memiliki panjang sekitar 5,5-7,5 cm dan berwarna coklat muda dengan bintik-bintik hitam dan garis hitam di tengah.

Pupa berwarna pucat kemerahan atau putih kecoklatan dan memiliki penampilan seperti lilin. Pupa tergeletak langsung di atas tanah, di bawah lumut atau daun kering.

Ngengat dewasa memiliki kepala berwarna kehijauan dengan garis abu-abu pada verteks. Toraks ngengat berwarna hijau atau abu-abu hijau dan tiga titik hijau kecoklatan pada segmen keenam dan ketujuh. Sayapnya berwarna hijau gelap, ditutupi dengan bercak kecil merah muda dan putih.[1]

Spesies terkait[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hampson, G. F. (1892). The Fauna of British India Including Ceylon and Burma: Moths. I. Taylor & Francis. Diakses tanggal 29 September 2017. 
  2. ^ Moore, A. and Miller, R.H. (2008) Daphnis nerii (Lepidoptera: Sphingidae), a new pest of oleander on Guam, including notes on plant hosts and egg parasitism. Proceedings of the Hawaiian Entomological Society, 40: 67-70.
  3. ^ "Sphingidae of the Western Palaearctic. Daphnis nerii".  A.R. Pittaway
  4. ^ Leong, T.M. and D'Rozario, V. (2009) Final instar larvae and metamorphosis of the oleander hawkmoth, Daphnis nerii (Linnaeus) in Singapore (Lepidoptera: Sphingidae: Macroglossinae). Nature in Singapore, 2: 297-306.
  5. ^ Sphingidae of the Eastern Palaearctic - Daphnis hypothus http://tpittaway.tripod.com/china/d_hyp.htm

Pranala luar[sunting | sunting sumber]