Ngeluk, Penawangan, Grobogan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ngeluk
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Grobogan
Kecamatan Penawangan
Kodepos 58161
Luas 354.425 Ha
Jumlah penduduk 3.200 jiwa, L= 1.614 jiwa, P= 1.586 jiwa (Januari 2012)
Kepadatan -

Ngeluk adalah desa di kecamatan Penawangan, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia. Secara geografis, desa Ngeluk terletak di sepanjang jalan raya Purwodadi - Semarang km 9 - 11, atau secara astronomis di antara 07°03’11” LS dan 110°50’25” BT. Terdiri 2 (dua) dusun/pedukuhan yaitu Dusun Ngeluk dan Dusun Dolah (16 RT, 2 RW). Sebagian sarana pemerintahan Kecataman Penawangan terletak di desa Ngeluk, seperti Polsek, Puskesmas, KUA, UPTD, Pendidikan, dan Koramil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konon Syech Jangkung yang berasal dari Pati (sekarang Kabupaten Pati) suatu ketika berperang dengan Sunan Kudus. Ketika Syech Jangkung di kejar oleh Sunan Kudus, dia lari, dan di suatu tempat dia kelelahan, untuk menghilangkan lelahnya dia 'ngeluk pinggang' atau melepas lelah. Dengan adanya peristiwa tersebut maka tempat Syech Jangkung melepas lelah atau ‘ngeluk pinggang’ tersebut dikenal dengan nama Ngeluk. Sedangkan versi lain mengatakan bahwa Ngeluk diambil dari kata 'angel diluk' (bahasa Jawa) yang berarti susah diatur.

Potensi Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Pertanian (padi, semangka, kacang hijau), Peternakan (sapi, kambing, kerbau, unggas), Perikanan (lele), Home Industri (anyaman bambu, es krim, kerupuk bakar)

Referensi[sunting | sunting sumber]