Ngarai Samariá

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lokasi Taman Nasional Samariá
Ngarai Samariá
Pintu Masuk menuju Ngarai
Pintu masuk lewat atas
Ngarai Samariá
Portes – celah tersempit di Ngarai Samariá

Ngarai Samariá (bahasa Yunani: Φαράγγι Σαμαριάς atau cukup Φάραγγας; bahasa Inggris: Samariá Gorge) adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di Pulau Kreta dan menjadi salah satu objek wisata dalam taman nasional yang memiliki nama sama, Taman Nasional Samariá, yang telah menjadi taman nasional bagi negara Yunani sejak tahun 1962. Ngarai ini menjadi tujuan wisata yang paling ramai dikunjungi apabila datang ke Pulau Kreta, dan tempat ini sekaligus menjadi Tempat Reservasi Biosfer Dunia.

Ngarai ini berada di barat daya Kreta tepatnya di unit regional Chania. Itu diciptakan oleh sebuah sungai kecil yang membentang di antara Pegunungan Lefká Óri dan gunung Volkias. Ada sejumlah ngarai lainnya di Pegunungan Lefká Óri. Sementara beberapa orang mengatakan bahwa ngarai tersebut jaraknya 18 km, jarak ini mengacu pada jarak antara pemukiman Omalos di sisi utara dataran tinggi dan desa Agia Roumeli. Sebenarnya, ngarai itu jaraknya 16 km, dimulai dari ketinggian 1.250 m di pintu masuk utara, dan berakhir di tepi Laut Libya di Agia Roumeli. Jalan menuju Taman Nasional Samariá adalah sepanjang 13 km, namun kita harus berjalan tiga kilometer lagi ke Agia Roumeli dari pintu masuk taman, membuat jalan setapak sepanjang 16 km. Bagian paling terkenal dari ngarai adalah peregangan yang dikenal sebagai "Gates" atau "Gerbang" (kemungkinan disebut sebagai "Iron Gates" atau "Gerbang Besi"), di mana sisi ngarai mendekati lebar hanya empat meter dan melambung sampai ketinggian hampir 300 meter (980 kaki). Ngarai Samariá dijadikan taman nasional pada tahun 1962, terutama sebagai tempat perlindungan kri-kri (kambing dari Kreta) yang langka, yang sebagian besar terbatas pada taman dan sebuah pulau di lepas pantai Agia Marina. Ada beberapa spesies endemik lainnya di ngarai dan daerah sekitarnya, serta banyak spesies bunga dan burung lainnya.

Desa Samariá terletak persis di dalam ngarai. Akhirnya ditinggalkan oleh penduduk terakhir yang tersisa pada tahun 1962 untuk membuat jalan bagi taman nasional. Desa dan ngarai tersebut mengambil nama mereka dari gereja kuno desa tersebut, Óssia María.

Suatu keharusan bagi pengunjung ke Kreta adalah untuk menyelesaikan perjalanan menyusuri ngarai dari dataran tinggi Omalos ke Agia Roumeli di Laut Libya, pada saat mana wisatawan berlayar ke desa terdekat Sougia atau Chora Sfakion, di mana mereka bisa bermalam di sana, atau mereka bisa menyusuri jalan kembali ke Chania. Jalan kaki memakan waktu lima sampai tujuh jam dan bisa menjadi medan yang berat dan melelahkan, terutama di puncak musim panas.

Operator wisata lokal menyediakan tur yang telah disusun sesuai jadwal menuju objek wisata ngarai. Ini termasuk transportasi bus dari hotel ke pintu masuk (dekat desa Omalos), dan sebuah koneksi bus yang akan menunggu pejalan kaki setelah mereka turun dari kapal feri di Sougia atau Sfakia (Chora Sfakion). Jika Anda sendiri, Anda dapat melakukan perjalanan pulang-pergi satu hari dari Chania atau dari Sougia atau Paleochora. Perhatikan bahwa bus pagi dari Sougia dan Paleochora tidak beroperasi pada hari Minggu. Kapal feri meninggalkan Agia Roumeli ke Chora Sfakion (ke timur) dan ke Sougia / Paleochora (barat) pada pukul 17:00 waktu setempat.

Ada juga "jalan rahasia" - dari Agia Roumeli ke Gerbang, dan sebaliknya.

Informasi dari Pelayanan Hutan Lindung Chania[sunting | sunting sumber]

  • Kunjungan ke taman nasional diperbolehkan mulai 1 Mei sampai 15 Oktober.
  • Jam buka taman adalah pukul 07:00 sampai 15:00 setiap hari. Dari pukul 15:00 sampai terbenam, pengunjung diperbolehkan menempuh jarak hanya dua kilometer di dalam taman, baik dari stasiun Xyloskalo atau dari Agia Roumeli.
  • Di dalam taman dilarang berkemah, bermalam, kebakaran ringan, atau berenang di sungai daripada ngarai[1].

Cara Mengunjungi Objek Wisata dari Chania[sunting | sunting sumber]

  • Ada bus harian mulai dari Chania sampai ke pintu masuk ngarai, yang disebut Xyloskalo. Bus, bertulis "OMALOS", berangkat dari Chania Central Bus Station pukul 07:45 dan 08:45; Tarif untuk perjalanan pulang pergi adalah € 15,70.
  • Bus pagi memakan waktu tempuh satu jam. Ngarai sendiri jaraknya adalah 12,8 km (8,0 mil), tapi ada jarak tambahan 3,2 km (2,0 mi) untuk berjalan kaki setelah meninggalkan ngarai hingga mencapai Agia Roumeli; Anda perlu lima sampai enam jam untuk berjalan 16 km. Sadarilah bahwa medan jalan selalu menurun dan dengan demikian akan sangat berat sampai ke lutut.
  • Biaya masuk adalah €5 (gratis untuk anak-anak di bawah usia 15).
  • Ada banyak sumber mata air minum sepanjang ngarai. Dianjurkan untuk memakai sepatu bot, sepatu kets juga boleh dipakai.
  • Di ujung ngarai ditambah 3,2 km (2,0 mi) adalah Agia Roumeli, sebuah desa dengan restoran dan akomodasi, dan kapal ke Chora Sfakion atau Sougia. Untuk kembali pada hari yang sama, naiklah kapal pukul 17.30 (2016) (tarif: € 12,70, 2016) ke Chora Sfakion[2][3].
  • Dari Sougia atau Chora Sfakion, bus kembali ke Chania, berangkat pukul 18.30; bus selalu menunggu kapal tiba.
  • Tiket untuk dua bus bisa dipesan di kantor tiket di terminal bus Chania (harga tiket hari kembali 15,70 €). Tiket untuk kapal hanya bisa dibeli di Agia Roumeli.
  • Ada tur berpemandu harian dari berbagai biro perjalanan yang beroperasi, yang harganya biasanya sekitar € 20 (2011) dan termasuk tiket untuk bus dan pemandu wisata. Harganya tidak termasuk tiket kapal (€ 11) dan biaya masuk (€ 5.00), yang biasanya dikumpulkan terpisah di bus.

Pilihan harga total angkutan umum untuk satu orang dewasa yang berbasis di Chania adalah 30,30 € (2014)[4]. Ini termasuk tiket masuk ke objek wisata Ngarai Samariá, naik bus dan bus kembali ke Chania dan kapal feri yang akan membawa Anda dari Agia Roumeli ke Sfakia untuk naik bus pulang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]