Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ngalang adalah desa di kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa Ngalang berada di wilayah kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. Luas Desa Ngalang adalah 14,82 Km², atau setara dengan 21,75% dari luas kecamatan Gedangsari. Jarak  desa dengan ibu kota kecamatan adalah ±4 km, sedangkan jarak dengan ibu kota kabupaten adalah ± 17 km (BPS Gunungkidul, 2019). Batas wilayah Desa Ngalang adalah sebagai berikut (ngalang-gedangsari.desa.id):

1.     Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Nglegi, Kecamatan Patuk.

2.     Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pengkol,  Kecamatan Nglipar.

3.     Sebelah Utara  berbatasan dengan Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari.

4.     Sebelah Selatan  berbatasan dengan Desa Gading, Kabupaten Playen.

Desa Ngalang terbagi ke dalam 14 padukuhan, yaitu: Boyo, Kenteng, Magirejo, Buyutan, Manggung, Karanganyar, Sambeng, Karang, Ngasem, Sumberjo, Wareng, Plosodoyong, Ngalang, Nglaran.

Ketinggian tanah di Desa Ngalang rata-rata 100 m di atas permukaan laut dengan curah hujan rata-rata 7,8 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 85 hari per tahun. Puncak hujan terjadi pada bulan Desember sampai dengan bulan Februari tiap tahunnya. Suhu udara berkisar antara 27oC sampai dengan 34oC. Dengan demikian Desa Ngalang disamping sektor pertanian masih dapat dikembangkan  sektor perkebunan, kehutanan, peternakan dan lain sebagainya (ngalang-gedangsari.desa.id).

Jika dilihat menurut desa di Kecamatan Gedangsari, tercatat Desa Ngalang memiliki jumlah penduduk tertinggi dibanding desa lain yaitu sebanyak 8.081 orang, dengan penduduk laki-laki sebanyak 3.893 orang dan penduduk perempuan sebanyak 4.188 orang. Panjang jalan 8 km diaspal, 14 km  diperkeras, 7 km tanah, jumlah 29 km (BPS Gunungkidul, 2018).

Ngalang
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiDaerah Istimewa Yogyakarta
KabupatenGunungkidul
KecamatanGedangsari