Ngô Quyền

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ngô Quyền
Raja Dinasti Ngô
Tượng Ngô Quyền.jpg
Patung Ngô Quyền di Hai Phong
Pangeran Agung otonom Tĩnh Hải quân
Berkuasa938-939
Pendahulujabatan diciptakan
PenerusDương Bình Vương
Raja Dinasti Ngô
Berkuasa939–944
PendahuluDinasti didirikan
PenerusDương Bình Vương
Lahir17/04/897
Đường Lâm, Vietnam
Wafat944 (usia 47)
Cổ Loa
WangsaNgô
Nama lengkap
Ngô Quyền
AyahNgô Mân
PasanganDương Hậu (Putri Dương Đình Nghệ)
Dương hậu
Đỗ phi
AnakAdipati Thiên Sách Ngô Xương Ngập
Adipati Nam Tấn Ngô Xương Văn
Ngô Nam Hưng
Ngô Càn Hưng.

Ngô Quyền ( 12 Maret 897 – 944) merupakan seorang raja Vietnam yang berasal dari Dinasti Ngô yang memerintah dari tahun 939 hingga 944. Ia mengalahkan kekaisaran Han Selatan pada Pertempuran Sungai Bạch Đằng di utara Haiphong modern dan mengakhiri 1.000 tahun dominasi Tiongkok sejak zaman kembali hingga 111 SM di bawah Dinasti Han.[1] Sebuah distrik pusat di Haiphong modern dinamai menurut namanya. [2]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ngô Quyền lahir pada tahun 897 di Đường Lâm (District Ba Vì modern, Hanoi, di Vietnam utara) selama Dinasti Tang. Dia adalah putra Ngô Mân, seorang pejabat pemerintah Tang yang berpengaruh di Annam. Ayahandanya adalah pendukung kuat Phùng Hung, gubernur militer Jiedushi (Tiết độ sứ) pertama dari Annam dan penguasa semi-otonom ketika kekaisaran Tang sedang merosot.

Pada tahun 931, ia bertugas di bawah Dương Đình Nghệ (administrator Zhou Cho Giao Chỉ) dan dengan cepat naik pangkat militer dan administrasi pemerintahan; pada tahun 934, ia dipromosikan ke jabatan gubernur militer Ái Châu. Setelah Dương Đình Nghệ dibunuh dalam kudeta militer pada tahun 938 oleh seorang perampas kekuasaan bernama Kiều Công Tiễn, ia mengambil kendali militer dan diterima dengan baik. Pada tahun yang sama, pasukan Ngô Quyền mengalahkan pemberontak Kiều Công Tiễn dan memerintahkannya untuk dieksekusi. Ini berubah menjadi kepura-puraan oportunistik untuk menguasai Annam oleh rezim Han Selatan yang baru karena lokasi geografisnya yang strategis. Ngô Quyền meramalkan niat Han Selatan. Dia dengan cepat mengerahkan pasukan bersenjata dan membuat persiapan perang jauh di muka. Kemenangannya di Pertempuran Bach Dang membuka jalan bagi kemerdekaan Annam (Vietnam masa depan).

Ngô Quyền dinyatakan sebagai Raja dan secara resmi diakui oleh Han Selatan pada tahun 939. Dalam prosesnya, Annam memperoleh kemerdekaan penuh dan otonomi pemerintah.

Kenaikan militer[sunting | sunting sumber]

Ngô Quyền adalah seorang panglima perang dan menantu panglima perang Vietnam yang andal dan Tuan Pelindung de facto Dương Đình Nghệ. Pada tahun 931, ketika Dương Đình Nghệ mengalahkan pengaruh Han Selatan di Annam, Ngô Quyền adalah Jenderal Angkatan Darat berusia 33 tahun. Dương Đình Nghệ mencintai bakatnya dan memberinya salah satu putrinya, Lady Dương, dalam pernikahan dan menempatkannya sebagai penanggung jawab Ái Châu (provinsi Nghệ An saat ini). Provinsi tersebut adalah kampung halaman dan basis kekuatan militer Dương Đình Nghệ. Dengan memberikan komando Ngô Quyền di wilayah ini Dương Đình Nghệ mengakui kesetiaan dan bakat Ngô Quyền.

Mengalahkan Han Selatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 938, Han Selatan mengirim pasukan untuk menumpas pemberontakan An Nam. Ngô Quyền menghitung bahwa Han Selatan akan berlayar menyusuri Sungai Bạch Đằng untuk menurunkan pasukan mereka tepat di tengah Giao Châu untuk melakukan kerusakan paling parah. Untuk mencegah serbuan ini, Ngô Quyền menyusun strategi dan memerintahkan perairan Bạch Đằng yang tertanam dengan ribuan tombak kayu besar yang disembunyikan tepat di bawah air pasang. Dia menggunakan perahu dengan angin dangkal untuk menghasut dan memancing Han Selatan menuju perangkap setelah pasang naik. Ketika ratusan kapal Han Selatan ditusuk dan ditangkap melawan jebakan maut, Ngô Quyền memimpin pasukannya dalam serangan itu. Ratusan kapal yang terperangkap dibakar dan disabotase dan ribuan tentara Han Selatan terbunuh, sementara beberapa berhasil mundur dan diusir tanpa henti oleh pasukan An Nam. Di tengah pertempuran, sebagian besar pasukan Han Selatan, termasuk Laksamana Liu Hongcao (; bahasa Vietnam: Lưu Hoằng Tháo; putra Kaisar Han Selatan), tewas.

Raja Viet Nam[sunting | sunting sumber]

Setelah menggulingkan pemerintah Tiongkok di Vietnam dan mendirikan Dinasti Ngô, bisa dibilang sebagai dinasti Vietnam pertama, Ngô Quyền memindahkan ibu kota ke Cổ Loa, ibu kota Âu Lạc, kerajaan Vietnam kuno, dengan demikian menegaskan kesinambungan tradisi suku Lạc Việt.

Sejak saat itu, Ngô Quyền memperoleh kembali kemerdekaan Vietnam dan diproklamasikan sebagai Raja (Ngô Vư Anng) dari An Nam pada tahun 939. Ia memberi nama Vietnam Đại Việt diangkat menjadi raja.

Ahli waris langsung Ngô Quyền terbukti tidak mampu mempertahankan status kesatuan. Setelah kematiannya pada tahun 944, Dương Tam Kha merebut takhta untuk waktu yang singkat, sampai kedua putra Ngô Quyền, Ngô Xương Văn dan Ngô Xương Ngập, akhirnya membentuk aturan bersama, yang bertahan sampai jatuhnya Dinasti Ngô pada tahun 954.

Penting dalam sejarah Vietnam[sunting | sunting sumber]

Sejarah pertama oleh Lê Văn Hưu (abad ke-13), Anthology of Palace Spirits of Lý Tế Xuyên (abad ke-14), dan sejarah berturut-turut semuanya mengakui pentingnya Quyền.[3]

Gambar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Van Dao Hoang Viet Nam Quoc Dan Dang: A Contemporary History of a National Struggle: 1927-1954 Page 7 2008 "... expression of the traditional attitude against foreign invasion derived from such heroes as Trưng Sisters Queens, Ngô Quyền, Lê Lợi, Hưng Đạo, and Quang Trung."
  2. ^ "Ngo Quyen, Vietnam King". britannica. 
  3. ^ Patricia M. Pelley, Postcolonial Vietnam: New Histories of the National Past (2002), page 177 "For instance, the first history of Vietnam, written in the thirteenth century by Lê Văn Hưu, recognized the importance of the Trưng sisters and Ngô Quyền. Subsequent texts, such as Palace Spirits, the popular compilation of the fourteenth ."

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Ngô Quyền
Dinasti Ngô
Lahir: 897 Wafat: 944
Didahului oleh:
Kiều Công Tiễn
sebagai gubernur Tĩnh Hải quân
Raja Nam Việt
939–944
Diteruskan oleh:
Dương Tam Kha