Newsboys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Newsboys
Newsboys di panggung untuk panggilan tampil. Dari kiri ke kanan. Jody Davis, Michael Tait, Duncan Phillips, dan Jeff Frankenstein.
Newsboys pada bulan Maret 2009.
Informasi latar belakang
AsalMooloolaba, Queensland, Australia
Genrepop Kristen, pop rock, CCM, Christian rock
Tahun aktif1985–sekarang
LabelRefuge, Star Song, Virgin,[1][2] Sparrow, Inpop
Situs webwww.newsboys.com
Anggota
Mantan anggota

Newsboys adalah sebuah band musik pop rock Kristen yang dimulai tahun 1985 in Mooloolaba, Queensland, Australia. Mereka telah meluncurkan lebih dari 15 album, enam di antaranya bersertifikasi emas. Sekarang band ini terdiri dari vokalis utama Michael Tait yang tadinya tergabung dalam DC Talk, pemain keyboard and bas Jeff Frankenstein, pemain gitar Jody Davis, dan pemain drum serta perkusi Duncan Phillips.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1980-an[sunting | sunting sumber]

Band ini dibentuk di Mooloolaba, Queensland, Australia pada tahun 1985 oleh dua orang muda: Peter Furler dan teman sekolahnya George Perdikis. Dua remaja lainnya ditambahkan tidak lama kemudian: teman baik Furler, John James, dan pemain bas Sean Taylor. Nama asli band ini adalah The News, tetapi ketika sampai di Amerika Serikat mereka mengganti nama menjadi "The Newsboys" supaya tidak rancu dengan band asal Amerika Huey Lewis and the News. Band ini datang di Amerika Serikat di akhir tahun 1987 setelah dikontrak oleh Refuge Communications dan merilis album Read All About It pada tahun 1988 di Amerika Serikat.

1990-an[sunting | sunting sumber]

Setelah dikontrak oleh Star Song Communications, mereka merilis dua album lagi pada tahun 1990 dan 1991: Hell Is for Wimps dan Boys Will Be Boyz, dengan video pertama yang diberi judul sendiri. Tiga album pertama band ini tidak menarik banyak perhatian. Formasi band ini juga berubah pada setiap rilis.

Baru pada album mereka tahun 1992, Not Ashamed (memuat sebuah lagu cover dari DeGarmo & Key "Boycott Hell") band ini menarik perhatian di kalangan musik Kristen dengan peluncuran video berjudul sama yang kedua pada tahun berikutnya. Steve Taylor, penulis lagu dan produser, memulai kerjasama dengan band ini, memproduksi rekaman band dan menulis hampir semua lirik lagu-lagunya. Furler masih menjadi penulis lagu utama band ini dan mulai dari album ini berbagi tugas vokalis utama dengan James yang berlangsung terus sampai James keluar.

Pada tahun 1994, masih dengan formasi yang berganti-ganti (termasuk tambahan pemain tetap Jody Davis dan Duncan Phillips), band ini meluncurkan Going Public, album kelima dan yang pertama meraih sukses sebenarnya. Rekaman ini menjadi permulaan ketenaran mereka, memenangkan penghargaan Dove Award pada tahun 1995 untuk "Rock Album of the Year".[3] Album ini juga menghasilkan empat hit nomor 1: "Spirit Thing", "Real Good Thing", "Truth and Consequences", dan, yang paling terkenaly, "Shine". "Shine" memenangkan penghargaan Dove tahun 1995 untuk kategori "Rock Recorded Song of the Year". Pada tahun 2006, CCM Magazine menempatkan "Shine" pada ranking sepuluh besar dalam daftar 100 Lagu Paling Top di kalangan musik Kristen.

2000-an[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Newsboys menjadi pemusik utama pada konser tahunan yang berpindah-pindah CCM, Festival Con Dios, bersama Audio Adrenaline dan The O.C. Supertones. Pada tahun yang sama, Newsboys merilis kumpulan hit terbaik mereka, Shine: The Hits, yang tidak menyertakan lagu-lagu dari album Love Liberty Disco tetapi memuat empat lagu baru, dua di antaranya ("Joy" dan "Who?") meraih peringkat pertama. Setelah album ini, tidak ada materi baru yang dirilis sampai akhirnya tahun 2002 dengan peluncuran Thrive, rekaman yang menghasilkan dua single nomor 1 "Million Pieces (Kissin' Your Cares Goodbye)" dan yang bercorak praise-and-worship "It Is You". Ini menjadi hit terbesar dalam karier mereka sampai saat itu dengan videonya yang berjudul "Thrive: From The Rock And Roll Hall Of Fame.". Juga pada tahun 2002, The Newsboys merekam lagu "In the Belly of a Whale" untuk tampilan kredit akhir pada film tahun 2002 Jonah: A VeggieTales Movie. Pada tahun 2009, diumumkan bahwa Furler, yang telah mengikuti tur bersama The Newsboys sejak pembentukan band ini, memutuskan untuk mundur menjadi pemain pendukung dan terus menjadi penulis lagu serta produser utama band ini. Karenanya, dibutuhkan pengganti vokalis utama agar band ini tetap dapat melakukan tur. Pada tanggal 9 Maret 2009, diumumkan bahwa Michael Tait, tadinya tergabung dalam dc Talk, akan menjadi penyanyi utama yang baru. "Michael Tait akan ikut tur dengan band sebagai penyanyi utama bersama Peter yang akan muncul secara khusus sepanjang tahun. Peter akan terus bersama band dan penulisan lagu serta produksinya yang khas akan dipertahankan selagi ia memfokuskan karier profesionalnya untuk rekaman Newsboys di masa mendatang."[4] Pada tanggal 17 Maret, Tait tampil pada konser penuh pertamanya sebagai penyanyi utama di Highlands Ranch, Colorado.

The Newsboys merilis studio album berjudul In the Hands of God pada tanggal 5 Mei 2009 (melalui Inpop Records) bersama Max Hsu (Superchick and tobyMac) sebagai produser album. Kolaborator lama Steve Taylor turut menulis semua lagu dan menyanyi pada salah satunya. Pada konser tanggal 11 September 2009 di Orlando, Furler mengumumkan bahwa ini merupakan penampilan terakhirnya bersama band ini.

2010-an[sunting | sunting sumber]

Album studio Newsboys pertama yang menampilkan penyanyi utama Michael Tait dengan lagu Born Again dirilis pada tanggal 13 Juli 2010[5] dan mencapai peringkat ke-4 pada Billboard 200,[6] their highest debut position,[7] serta terjual lebih dari 45.000 kopi pada minggu pertama. Pada tanggal 12 Oktober 2010 mereka meluncurkan album Natal berjudul Christmas! A Newsboys Holiday menampilkan The Christmas Song oleh Tait. Pada tahun 2011, lagu "City to City" dari GO Remixed ditampilkan pada trailer untuk film buatan Disney Pixar, Cars 2.

God's Not Dead dirilis pada tanggal 15 November 2011.[8] Album live mereka dengan judul Live in Concert: God's Not Dead diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2012.[9] Pada tahun yang sama mereka juga merilis single "The League of Incredible Vegetables" untuk video VeggieTales The League of Incredible Vegetables. Band ini meluncurkan album studio mereka yang ke-16 Restart pada tanggal 10 September 2013.[10] Tur mereka "Restart Tour" berlangsung dari tanggal 20 September sampai 27 Oktober 2013.[10] Band ini juga menjadi bagian Winter Jam Tour 2013 dari bulan November 2013 sampai Maret 2014.[11]

Band ini tampil dalam film God's Not Dead, yang dirilis pada tahun 2014.[12] Kemudian band ini mengadakan tur dengan nama "We Believe Tour".[13] Mereka tampil pada acara BigChurchDayOut 2014.[14]

Buku[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Juli 2002, band ini menerbitkan buku pertama mereka, Shine: Make Them Wonder What You've Got. Buku ini menekankan perlunya orang Kristen untuk tidak takut menunjukkan iman mereka, dilapisi dengan sampul yang berpendar pada kegelapan dan ruang kosong untuk menulis catatan harian. Pada bulan April 2003, buku ini diterbitkan dalam bahasa Spanyol.

Band ini juga menulis bersama Pastor Jim Lafoon sebuah buku berjudul Our Daily Blog: Devotions by Pastor Jim Lafoon. Buku ini diterbitkan pada tahun 2005 memuat renungan harian yang ditulis oleh Lafoon, dengan tambahan perenungan oleh band tersebut.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Formasi sekarang[sunting | sunting sumber]

  • Duncan Phillips (1993–sekarang) Drum, perkusi, dulunya keyboard
  • Jody Davis (1992–2003, 2009–sekarang) Gitar utama, vokalis pendukung
  • Jeff Frankenstein (1994–sekarang) Keyboard, synth bass, vokalis pendukung
  • Michael Tait (2009–sekarang) Vokalis utama

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

Vokalis utama
Drums
  • Peter Furler (1985–1997) pindah sepenuhnya menjadi vokalis utama
Gutar
  • George Perdikis (1985–1987,1989–1990) keluar sebelum band meluncurkan album perdana, tetapi turut menulis kebanyakan lagu di dalamnya.
  • Phil Yates (1987–1989)
  • Jonathan Geange (1990–1991, 1992) kembali sesaat lamanya ke band setelah Vernon Bishop keluar, sebelum Jody Davis bergabung.
  • Vernon Bishop (1991–1992)
  • Randy Williams (2003) Menggantikan Jody Davis pada beberapa show, sebelum Bryan Olesen bergabung.
  • Bryan Olesen (2003–2006) keluar untuk memimpin band sendiriVOTA secara full-time.
  • Paul Colman (2006–2009) keluar untuk berkarier solo dan dalam Paul Colman Trio.
Gitar Bass
  • Sean Taylor (1986–1992) keluar untuk meneruskan karier dalam bidang pendidikan.
  • Kevin Mills (1992–1994) keluar untuk mengurus White Heart. Meninggal dalam kecelakaan sepeda motor pada tanggal 3 Desember 2000.
  • Phil Joel (1994–2006) keluar untuk meneruskan "interes pribadi", berkarier solo, dan kesempatan pelayanan.
Keyboard
  • Corey Pryor (1988, 1990–1993) Left to play with his wife in a band called SoZo.

Grafik Anggota / Album[sunting | sunting sumber]

Tur utama[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Era John James[sunting | sunting sumber]

Era Peter Furler[sunting | sunting sumber]

Era Michael Tait[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Grammy Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nomine / karya Penghargaan Hasil
1992 Not Ashamed Best Rock/Contemporary Gospel Album Nominasi
1994 Going Public Best Rock Gospel Album Nominasi
1996 Take Me To Your Leader Best Rock Gospel Album Nominasi
2003 Adoration: The Worship Album Best Pop/Contemporary Gospel Album Nominasi

Dove Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nomine / karya Penghargaan Hasil
1993 "I Cannot Get You Out of My System" Short Form Music Video of the Year Nominasi
1995 Newsboys Group of the Year Nominasi
Going Public Rock Album of the Year Menang
"Shine" Rock Recorded Song of the Year Menang
Short Form Music Video of the Year Nominasi
Song of the Year Nominasi
1997 "God Is Not a Secret" Rock Recorded Song of the Year Nominasi
Take Me To Your Leader Recorded Music Packaging of the Year Menang
Rock Album of the Year Nominasi
"Take Me to Your Leader" Short Form Music Video of the Year Nominasi
1999 Step Up to the Microphone Rock Album of the Year Nominasi
Newsboys Group of the Year Nominasi
"Entertaining Angels" Short Form Music Video of the Year Menang
Song of the Year Nominasi
2000 One Night in Pennsylvania Long Form Music Video of the Year Nominasi
2001 City on a Hill: Songs of Worship and Praise Special Event Album of the Year Menang
"Love Liberty Disco" Short Form Music Video of the Year Nominasi
2003 Thrive: Live from the Rock and Roll Hall of Fame Long Form Music Video of the Year Nominasi
2004 Newsboys Group of the Year Nominasi
Adoration: The Worship Album Praise & Worship Album of the Year Nominasi
"He Reigns" Song of the Year Nominasi
Worship Song of the Year Nominasi
2005 Devotion Praise and Worship Album of the Year Nominasi
2008 GO: Remixed Pop/Contemporary Album of the Year Nominasi
2012 "Born Again" Rock Song of the Year Nominasi
"Miracles" Short Form Music Video of the Year Nominasi

Billboard Music Video Awards[sunting | sunting sumber]

  • 1999 Award untuk Best CCM Video
    • "Entertaining Angels"

Intl. Angel Awards[sunting | sunting sumber]

  • 1995 Award untuk Video
    • "Shine"
  • 1999 Award for Video
    • "Entertaining Angels"

Nashville Music Awards[sunting | sunting sumber]

  • 1999 Award untuk Favorite CCM Album
    • Step Up to the Microphone
  • 2000 Nomination untuk Contemporary Christian Album of the Year
    • Love Liberty Disco

SESAC Awards[sunting | sunting sumber]

  • 2000 Award untuk Christian Songwriter of the Year
    • Peter Furler

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NbD: The Newsboys". Newsboysdeluxe.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-28. Diakses tanggal 15 October 2011. 
  2. ^ "Music And Life | Christian Radio Online". Cross Rhythms. 26 January 2007. Diakses tanggal 15 October 2011. 
  3. ^ "1995 Dove Awards". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-11. Diakses tanggal 2014-09-25. 
  4. ^ "Michael Tait To Join Newsboys". Newsboys.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-06. Diakses tanggal 15 October 2011. 
  5. ^ "Special Preview EP available on WinterJam tour!". Newsboys.com. 9 January 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-12. Diakses tanggal 11 January 2010. 
  6. ^ "Newsboys Album & Song Chart History". billboard.com. Diakses tanggal 21 August 2011. 
  7. ^ "Eninem Still Tops on Billboard 200, Korn And Newsboys Arrive High". billboard.biz. 21 July 2010. Diakses tanggal May 2011. 
  8. ^ ""GOD'S NOT DEAD" SET FOR RELEASE ON NOVEMBER 15TH". Newsboys.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-26. Diakses tanggal 15 October 2011. 
  9. ^ "Attention Friends! Our new album, 'Live in Concert: God's Not Dead' releases October 22!". Diakses tanggal 23 August 2012. 
  10. ^ a b "Newsboys Restart Tour Dates Released". Christianpost.com. 9 August 2013. Diakses tanggal 25 September 2013. 
  11. ^ "Newsboys to Perform on the Winter Jam 2013 Tour". Christianpost.com. 14 August 2013. Diakses tanggal 25 September 2013. 
  12. ^ "GOD'S NOT DEAD – Official Movie Website". Godsnotdeadthemovie.com. Diakses tanggal 25 September 2013. 
  13. ^ "Newsboys We Believe Spring Tour - YouTube". YouTube. 19 February 2014. Diakses tanggal 23 June 2014. 
  14. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-29. Diakses tanggal 2014-09-25. 
  15. ^ The Story music tour Diarsipkan 2011-12-19 di Wayback Machine., Published on 8 November 2011 on About.com Retrieved 26 November 2011
  16. ^ NEWSBOYS EXTEND THEIR “GOD’S NOT DEAD TOUR,” ANNOUNCE SPRING 2013 DATES[pranala nonaktif permanen], MusicFaith.com, 2013-01-22, Retrieved 25 January 2013
  17. ^ {{cite web|url=http://youtube.com/watch?v=S-1tD8EITwo/ |title=NEWSBOYS – RESTART 2013 Fall Tour |date=25 June 2013 |accessdate=27 February 2014}}

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Dc Talk