News of the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
News of the World
Notw last2.jpg
Halaman depan dari terbitan akhir
Tipe Surat kabar mingguan
Format Tabloid
Pemilik News Group Newspapers
(News International)
Redaksi Colin Myler
Didirikan 01 Oktober 1843 (1843-10-01)
Pandangan politik Konservatif
Berhenti publikasi 10 Juli Juli 2011 (2011-07-10)
Pusat Wapping, London
Sirkulasi surat kabar 2,606,397 (April 2011)[1]
Surat kabar saudari The Sun,[2] The Times, The Sunday Times[3]
Situs web www.newsoftheworld.co.uk Inaktif, tak lagi diperbaharui

News of the World adalah surat kabar nasional yang diterbitkan di Britania Raya dari tahun 1843 sampai 2011. Surat kabar ini adalah surat kabar berbahasa Inggris terlaris di dunia, dan pada saat penutupan masih menjadi salah satu surat kabar berbahasa Inggris dengan sirkulasi tertinggi.[4] Surat kabar ini awalnya didirikan sebagai lembar lebar oleh John Browne Bell, yang mengidentifikasi kejahatan, sensasi dan perbuatan jahat sebagai tema yang akan menjual salinannya.[5] The Bells dijual ke Henry Lascelles Carr pada tahun 1891; pada tahun 1969 dibeli dari Carrs oleh perusahaan media Rupert Murdoch News Limited. Direorganisasi menjadi News International, yang merupakan anak perusahaan News Corporation, kemudian ditransformasikan menjadi tabloid pada tahun 1984 dan menjadi surat kabar mingguan The Sun. Surat kabar tersebut berkonsentrasi pada selebritis dan berita populer. Kesukaannya pada skandal seks membuatnya mendapat berbagai julukan seperti Wanker's Weekly, News of the Screws dan Screws of the World.[6] Tabloid ini memiliki reputasi untuk mengekspos penggunaan narkoba nasional atau lokal, peccadilloes seksual, atau tindakan kriminal, membentuk orang dalam dan jurnalis yang menyamar untuk memberikan bukti video atau foto, dan peretasan telepon dalam investigasi kepolisian yang sedang berlangsung.[7][8] Penjualan rata-rata 2,812,005 kopi per minggu pada Oktober 2010.[9]

Sejak 2006, tuduhan peretasan telepon mulai berdampak pada surat kabar tersebut. Hal ini berujung pada pengungkapan pada tanggal 4 Juli 2011 bahwa, hampir satu dekade sebelumnya, seorang penyidik swasta yang disewa oleh surat kabar tersebut telah mencegat pesan suara remaja Inggris yang hilang, yang kemudian ditemukan terbunuh. Juru bicara Scotland Yard kemudian mengaku dalam Penyelidikan Leveson bahwa mereka bukan penyidik swasta yang telah menghapus pesan suara Dowler.

Di tengah aksi balasan publik dan penarikan iklan, News International mengumumkan penutupan surat kabar tersebut pada tanggal 7 Juli 2011.[8][10] Skandal itu semakin dalam ketika surat kabar tersebut diduga telah menyusup ke telepon keluarga petugas servis Inggris yang tewas dalam aksi tersbeut. Tokoh senior di surat kabar tersebut telah ditahan untuk diinterogasi oleh polisi yang menyelidiki peretasan telepon dan tuduhan korupsi. Ditangkap pada tanggal 8 Juli 2011 adalah mantan editor Andy Coulson dan mantan editor berita News of the World Clive Goodman, yang terakhir dipenjara karena hacking telepon pada tahun 2007. Mantan editor eksekutif Neil Wallis ditangkap pada tanggal 15 Juli 2011 dan mantan editor Rebekah Brooks, menjadi orang kesepuluh yang ditahan, pada tanggal 17 Juli 2011.

Dalam sebuah kunjungan ke London pada tanggal 17 Februari 2012, Murdoch mengumumkan bahwa dia akan segera meluncurkan edisi Minggu The Sun, yang bertindak sebagai pengganti News of the World. Pada tanggal 19 Februari 2012 diumumkan bahwa edisi pertama 'The Sun on Sunday' akan dicetak pada tanggal 26 Februari 2012.[11] Surat kabar ini akan mempekerjakan mantan jurnalis News of the World.

Editor[sunting | sunting sumber]

1843: John Browne Bell
1855: John William Bell
1877: Walter John Bell dan Adolphus William Bell
1891: Emsley Carr
1941: David Percy Davies
1946: Robert Skelton
1947: Arthur Waters
1953: Reg Cudlipp
1960: Stafford Somerfield
1970: Cyril Lear
1974: Peter Stephens
1975: Bernard Shrimsley
1980: Kenneth Donlan
1981: Barry Askew
1981: Derek Jameson
1984: Nicholas Lloyd
1985: David Montgomery
1987: Wendy Henry
1988: Patsy Chapman
1993: Stuart Higgins
1994: Piers Morgan
1995: Phil Hall
2000: Rebekah Wade
2003: Andy Coulson
2007: Colin Myler[12]

Kontributor terkemuka[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

British Press Awards:[15]

  • "Newspaper of the Year" (2005)
  • "Scoop of the Year" (2000, 'Archer quits'; 2005, 'Beckham's secret affair'; 2011, 'Cricket corruption'[16])
  • "Front Page of the Year" (204, 'Huntley in his cell')
  • "Reporter of the Year" (Gary Jones, 1995,[17] Mazher Mahmood, 1999,[18] 2011[19])

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sweney, Mark (13 May 2011). "Sunday Express sales increase by 12.8%". The Guardian (UK). Diakses tanggal 6 July 2011. 
  2. ^ "News" (UK ed.). UK: BBC. 6 July 2011. 
  3. ^ "News of the World fallout: Renault pull deals from all News International titles". Mirror. UK. 9 July 2011. Renault, which spent £343,829 with the Sunday paper last year, says it would not be advertising with sister publications such as The Sun, The Times and The Sunday Times. 
  4. ^ Robinson, James (10 July 2011). "News of the World to close as Rupert Murdoch acts to limit fallout". The Guardian (UK). ISSN 0261-3077. OCLC 60623878. Diakses tanggal 10 July 2011. 
  5. ^ Addley, Esther (7 July 2011). "The News of the World's sensational history", The Guardian (UK), Retrieved 24 June 2014.
  6. ^ "News of the World to close amid hacking scandal". News (UK: BBC). 7 July 2011. 
  7. ^ Cohan, Peter (2011). "How Much Will ‘News of The World’ Closing Cost?". Forbes. Diakses tanggal 10 July 2011. 
  8. ^ a b "News of the World Closed After Telephone Hacking Scandal". News. ABC. 2011. Diakses tanggal 10 July 2011. 
  9. ^ "ABC data – News of the World". UK: ABC. 
  10. ^ Ross, Tim (5 July 2011). "News of the World loses adverts over Milly Dowler scandal". UK: The Telegraph. Diakses tanggal 5 July 2011. 
  11. ^ BBC News.
  12. ^ Dominic Ponsford (8 July 2011). "Colin Myler: 25th and last editor of the News of the World". Press Gazette. Diakses tanggal 6 September 2011. 
  13. ^ "The News of the World and Fleet Street's dark era". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 July 2011. Diakses tanggal 8 July 2011. 
  14. ^ David Rowan (2005). "Interview: Andy Coulson, News of the World editor (Evening Standard)". DavidRowan.com. Diakses tanggal 4 June 2011. 
  15. ^ Press Gazette, Roll of Honour. Retrieved 24 July 2011.
  16. ^ pressawards.org, Scoop of the Year. Retrieved 24 July 2011.
  17. ^ Jon Slattery, Press Gazette, 8 April 2005, back Issues 08.04.05: Insight team wins two awards.
  18. ^ Brown, Jonathan (3 June 2003). "The award-winning 'fake sheikh' who terrifies the rich and famous". The Independent (London). Diakses tanggal 2 March 2010. 
  19. ^ guardian.co.uk, 6 April 2011, Guardian, Times and NoW win big at Press Awards.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]