Nepenthes jamban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nepenthes jamban
Nepenthesjamban6.jpg
Intermediate pitchers of N. jamban
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Core Eudikotil
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nepenthaceae
Genus: Nepenthes
Spesies: N. jamban
Nama binomial
Nepenthes jamban
Chi C.Lee, Hernawati & Akhriadi (2006)[1]

Nepenthes jamban adalah salah satu spesies kantong semar (Nepenthes) yang endemik Sumatra Utara. Nama spesies ini diambil dari bahasa Indonesia yang mengacu pada bentuk kantongnya yang menyerupai jamban atau toilet. Spesies ini pertama kali dikoleksi pada 22 April 2005 dari selatan Padang Sidempuan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Nepenthes jamban adalah tumbuhan merambat. Tebal batangnya biasanya tidak lebih dari 5 mm, dan dapat tumbuh hingga mencapai 4 m. Kantong bawah atau roset berbentuk kerucut sampai seperti corong sempit pada kantong bawah ketiga, selanjutnya lebih berbentuk corong yang lebar, berukuran relatif kecil dengan tinggi 5.8 cm dan lebar 4.4 cm, sayap berumbai dengan lebar ≤2 mm, bentuk mulut hampir horizontal, bibir dapat mempunyai lebar hingga 8 mm dengan barisan gigi-gigi kecil. Taji kantong mempunyai panjang ≤4 mm, biasanya tidak bercabang namun menggarpu.[1]

Kantong atas berukuran lebih besar dari kantong bawah yaitu dengan tinggi 12 cm dan lebar 5.2 cm, mempunyai bibir dengan panjang hingga 6 mm, tutup kantong mirip dengan kantong bawah dengan panjang 4.8 cm dan lebar 0.9 cm yang menutupi mulut kantong sekitar 45 derajat.

Sulur kantong dapat mencapai 24 cm.[1]

Hampir semua bagian tanaman berambut halus ("bulu"). Kantong, sulur, hingga bunga ditutup rapat dengan bulu abu-abu kecoklatan.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Nepenthes jamban endemik pada Bukit Barisan yang melintasi pulau Sumatra. Spesies ini tumbuh pada ketinggian 1800-2100 meter di atas permukaan laut[2]. Spesies ini tumbuh terrestrial.

Di alam, ia tumbuh bersama N. bongso, N. dubia, N. gymnamphora, dan N. lingulata.

Karnivora[sunting | sunting sumber]

Kantong atas dari spesies ini tercatat sebagai penangkap mangsa-mangsa yang besar, seperti tawon, jangkrik dan binatang-binatang kecil.

N. jamban memproduksi cairan khusus yang lengket dan tebal seperti pada N. inermis, yang dapat menjebak serangga pada bagian dalam kantong seperti kertas perekat, yang berada di atas permukaan cairan kantong.[3]

Spesies Terkait[sunting | sunting sumber]

N. jamban terkait pada suatu kelompok spesies kantong semar yang hidup di Sumatra, yang terdiri dari N. dubia, N. inermis, N. jacquelineae, dan N. tenuis. Salah satu dari ciri spesies tersebut adalah kantong yang berbentuk corong. Kesemuanya dari spesies tersebut memiliki cairan kantong yang lengket.[1]

Spesies ini paling berkerabat dengan N. jacquelineae.

Hibrida Alami[sunting | sunting sumber]

N. jamban yang pernah tercatat memiliki hibrida alami dengan N. lingulata.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

a.^Deskripsi dengan bahasa Latin dari N. jamban adalah:[1]

N. jacquelineae simile sed peristomii operculo valde porcato neque lato expanso, ascidii super valde abrupte infundibuliformibun et pedicellis in toto uniflorius differt. — Typus: Lee, Hernawati, Akhriadi NP 433 (ANDA), Indonesia, Sumatra Utara, Bukit Barisan, south of Padang Sidempuan, 22 April 2005.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Lee, C.C., Hernawati & P. Akhriadi 2006. Two new species of Nepenthes (Nepenthaceae) from North Sumatra. Blumea 51(3): 561–568.
  2. ^ McPherson, S.R. 2009. Pitcher Plants of the Old World. 2 volumes. Redfern Natural History Productions, Poole.
  3. ^ Clarke, C.M. 2001. Nepenthes of Sumatra and Peninsular Malaysia. Natural History Publications (Borneo), Kota Kinabalu.