Neoproterozoikum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Neoproterozoik)

Neoproterozoikum adalah era geologi yang berlangsung antara 1000 hingga 542 juta tahun yang lalu dan merupakan bagian akhir eon Proterozoikum dan masa Prakambrium. Era ini mungkin merupakan salah satu era yang memiliki catatan geologis paling menarik karena Bumi dilanda oleh beberapa glasiasi terparah yang pernah diketahui, sampai-sampai lembaran es bisa mencapai khatulistiwa. Pada bagian akhir era ini, periode Ediakara, ditemukan fosil paling awal kehidupan multisel, termasuk hewan-hewan paling awal. Neoproterozoikum terdiri tiga periode:

Geologi[sunting | sunting sumber]

Pada permulaan era Neoproterozoikum, superbenua Rodinia, yang mulai terbentuk pada Mesoproterozoikum akhir, bergerak ke arah khatulistiwa. Selama periode Tonium, Rodinia berpecah menjadi beberapa daratan.

Kemungkinan, karena imbas dari lokasi kebanyakan dataran yang berada di garis lintang yang rendah, beberapa glasiasi besar seperti Glasiasi Sturtian dan Marinoan, terjadi pada periode Kriogenium. Saking parahnya kedua glasiasi tersebut, pada saat itu, es dapat ditemukan, dari kedua kutub Bumi, hingga ke Khatulistiwa. Periode ini dijuluki sebagai Bumi Bola Salju.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon
Didahului oleh Eon Arkean 2.5 Milyar tahun - Eon Proterozoikum - 542 Milyar tahun Diikuti oleh Eon Fanerozoikum
2.5 Milyar tahun - Era Paleoproterozoikum -1.6 Milyar tahun 1.6 Milyar tahun - Era Mesoproterozoikum -1.0 Milyar tahun 1.0 Milyar tahun - Era Neoproterozoikum -542 Milyar tahun
Siderium Riasium Orosirium Staterium Kalimium Ektasium Stenium Tonium Kriogenium Ediakarium