Nelson, Selandia Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nelson
Whakatū (Māori)
Flag of the city of nelson.gif

Bendera Kota Nelson

Nelson.PNG
Populasi:
(June 2018[1])
67,500
(urban)
51,900(kesatuan)
Wilayah Urban
Bentangan: dari Glenduan ke
Sungai Wairoa
Pemerintahan bersatu
Nama: Kota Nelson
Wali kota: Kerry Marshall
Bentangan: dari Rai Saddle ke
Stoke
Luas Daratan: 444 km²

Kota Nelson dekat dengan pusat Selandia Baru. Terletak di tepi Teluk Tasman, di ujung utara Pulau Selatan, dan merupakan pusat administratif region Nelson.

Nelson adalah pusat seni dan kerajinan, dan setiap tahun mengadakan acara terkenal seperti Nelson Arts Festival. Wearable Art Awards tahunan dimulai di Nelson dan sebuah museum, World of Wearable Art, sekarang didirikan dekat Bandar Udara Nelson yang memamerkan desain pemenang.

Brightwater, dekat Nelson adalah tempat lahir Lord Rutherford, ahli fisika pemenang Penghargaan Nobel yang wajahnya terpampang di uang kertas $100 Selandia Baru, denominasi terbesar pada peredaran uang di Selandia Baru.

Nelson mendapatkan namanya dari Laksamana Horatio Nelson yang mengalahkan kapal Prancis dan Spanyol dalam Pertempuran Trafalgar tahun 1805. Banyak jalan dan area publik di sekitar kota dinamai setelah nama orang dan kapal yang berkaitan dengan pertempuran ini dan Trafalgar Street adalah pusat perbelanjaan utama di kota ini. Penduduk Nelson disebut Nelsonians.

Nama Māori Nelson, yakni Whakatū,[2] berarti 'membangun', 'membesarkan', atau 'mendirikan'. Nelson adalah satu dari beberapa kota Selandia Baru yang memiliki benderanya sendiri.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Subnational Population Estimates: At 30 June 2018 (provisional)". Statistics New Zealand. 23 October 2018. Diakses tanggal 23 October 2018.  For urban areas, "Subnational population estimates (UA, AU), by age and sex, at 30 June 1996, 2001, 2006-18 (2017 boundaries)". Statistics New Zealand. 23 October 2018. Diakses tanggal 23 October 2018. 
  2. ^ "NZ government Māori Language Commission". Diakses tanggal August 25 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]