Ned Stark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eddard "Ned" Stark
Tokoh A Song of Ice and Fire
Tokoh Game of Thrones
Berkas:Ned Stark-Sean Bean.jpg
Sean Bean sebagai Ned Stark
Penampilan
perdana
Penampilan
terakhir
PenciptaGeorge R. R. Martin
Pemeran
Informasi
AliasThe Quiet Wolf
Jenis kelaminLaki-laki
Gelar
  • Lord of Winterfell
  • Lord Paramount of the North
  • Warden of the North
  • Hand of the King
  • Lord Regent of the Seven Kingdoms
  • Protector of the Realm
KeluargaHouse Stark
PasanganCatelyn Tully
Anak
Kerabat
AsalWinterfell

Eddard " Ned " Stark adalah karakter fiksi dalam seri novel fantasi— A Song of Ice and Fire karangan penulis AmerikaGeorge R. R. Martin dan untuk adaptasi televisi berjudul Game of Thrones.

Dalam alur cerita, Ned adalah penguasa Winterfell, sebuah benteng kuno di Utara benua fiksi Westeros. Meskipun karakter ini ditetapkan sebagai karakter utama dalam novel dan musim pertama adaptasi TV, sebuah plot twist yang melibatkan Ned di akhir novel dan akhir musim pertama mengejutkan keduanya, baik pembaca buku dan pemirsa serial TV.[1]

Ned diperankan oleh Sean Bean di musim pertama Game of Thrones,[1][2] untuk versi anak-anak diperankan oleh Sebastian Croft di musim keenam dan versi remaja-dewasa oleh Robert Aramayo di musim keenam dan ketujuh. Bean dinominasikan untuk Saturn Award kategori Aktor Terbaik di Televisi dan Scream Award kategori Aktor Fantasi Terbaik untuk peran tersebut. Dia dan para pemeran lainnya dinominasikan untuk Screen Actors Guild Awards kategori Performa Luar Biasa oleh Ensemble dalam Seri Drama pada tahun 2011.

Penggambaran karakter[sunting | sunting sumber]

Pertama kali diperkenalkan dalam A Game of Thrones (1996), Ned Stark digambarkan sebagai seorang yang berbudi luhur dan terhormat dari House Stark dan ayah dari enam orang anak. Dia merupakan kompas moral dalam cerita ini, ia berusaha menjauhkan diri dari segala intrik di Tujuh Kerajaan.[3] Ketika cerita berlanjut, ia mulai melihat pentingnya kompromi moral dan praktis untuk mencapai tujuan yang adil, dan akhirnya dipaksa untuk memilih antara keselamatan keluarganya dan melakukan apa yang benar.[4]

Sean Bean berkata mengenai karakternya, "dia orang baik yang berusaha melakukan yang terbaik di tengah-tengah korupsi ini, dia adalah seekor ikan yang keluar dari air, dia terbiasa berada di utara—di Winterfell—di mana orang-orangnya cukup lurus dan pragmatis, dan dia datang ke tempat di mana orang-orang bermain game dan menikam... dia adalah lelaki berprinsip yang mencoba menyatukan segala sesuatu. Ini adalah perjalanan yang ia lakukan di mana akhirnya kesetiaannya menyebabkan kejatuhannya."[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hibberd, James (13 Juni 2011). "HBO defends Game of Thrones". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 September 2019. 
  2. ^ Martin, George R. R. (16 Juli 2010). "From HBO - Not A Blog". grrm.livejournal.com. Diakses tanggal 28 September 2019. 
  3. ^ McNamara, Mary (15 April 2011). "Swords, sex and struggles". latimes.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  4. ^ Hibberd, James (13 Juni 2011). "Game of Thrones recap: The Killing". ew.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  5. ^ Hibberd, James (12 Juni 2011). "Sean Bean on Game of Thrones". ew.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 Oktober 2019.