Nebula gelap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nebula Kepala Kuda, Nebula gelap yang terkenal

Nebula gelap (kadang juga disebut nebula penyerap)[1] adalah awan antarbintang yang mengandung debu kosmik dan gas dengan konsentrasi yang sangat tinggi sehingga dapat menyebarkan dan menyerap semua cahaya yang ia terima.[2] Ini juga adalah alasan mengapa nebula ini cukup sulit terlihat dan hanya akan terlihat jelas saat ia berada di belakang nebula emisi yang terang atau saat ia menghalangi bintang latar belakang, contohnya adalah nebula kepala kuda yang terlihat jelas karena terdapat nebula emisi yang terang.

Nebula Kuda Gelap, salah satu nebula gelap yang besar dan terkenal karena menghalangi tonjolan galaksi bimasakti

Ada banyak nebula gelap yang terdapat di bima sakti, Salah satunya adalah nebula kuda gelap, karena menghalangi tonjolan galaksi bimasakti.

Karateristik[sunting | sunting sumber]

Suhu rata-rata dari suatu nebula gelap adalah sekitar 10-100 K (-263,25 s/d -173,15 °C), Yang memungkinkan untuk membentuk molekul Hidrogen H2 dan memberlangsungkan formasi bintang. untuk massa, khususnya nebula gelap yang besar bisa memiliki massa hingga lebih dari 1 juta massa matahari, dan untuk nebula gelap yang kecil (disebut gumpalan Bok) memiliki massa yang kurang dari 2000 massa matahari.

Ukuran dari suatu nebula berkisar antara 200-0.9 pc (652-3 T.C.), jika ukurannya mencapai 200 pc atau lebih maka disebut awan molekul raksasa, dan jika ukurannya mencapai 0.9 pc atau kurang maka disebut gumpalan Bok. Bentuk dari Nebula gelap sangatlah tidak beraturan dan sepertinya tidak memliki batas, Kadang mereka berbentuk serpentin yang berbelit-belit[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dark Nebula | COSMOS". astronomy.swin.edu.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-07-11. 
  2. ^ "Dark Nebulae". www.atlasoftheuniverse.com. Diakses tanggal 2017-07-11. 
  3. ^ "Dark Nebula". abyss.uoregon.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-26. Diakses tanggal 2017-07-11. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]