Nebula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Contoh salah satu nebula, Nebula Trifid

Nebula (dari bahasa Latin yang artinya "kabut"; jamak: nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.[1] Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh dari penggunaan lama masih bertahan; sebagai contoh, Galaksi Andromeda kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda).

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Nebula emisi / Daerah H II NGC 604

Nebula terbentuk dari berbagai hal (dan jenisnya juga berbeda-beda). Kebanyakan nebula terbentuk dalam wujud nebula emisi. Nebula emisi yang berisikan gas-gas terionisasi disebut Daerah H II. Nebula seperti ini terbentuk ketika bintang yang baru saja terbentuk mengionisasi gas yang ada di sekitarnya sehingga menciptakan nebula emisi.[2][3] Contoh dari Daerah H II adalah Nebula Orion dan NGC 604.

Sisa-sisa nova GK Persei

Ada pula nebula yang terbentuk dari ledakan Supernova dan Nova. Nebula yang terbentuk dari hasil supernova disebut Sisa-sisa supernova (Supernova Remnant). Contoh dari sisa-sisa supernova adalah Nebula Kepiting. Dan nebula yang terbentuk dari hasil nova disebut Sisa-sisa nova (Nova Remnant). Contoh dari sisa-sisa nova adalah GK Persei (atau biasa dikenal sebagai Nova Persei 1901).

Nebula planeter NGC 6302

Nebula seringkali juga terbentuk dari bintang-bintang seperti Matahari saat mereka menuju kematiannya, yaitu tahapan Katai putih. Nebula ini biasa disebut Nebula planeter. Nebula ini terbentuk ketika bintang seperti Matahari kehabisan bahan bakar berupa. Hal itu mengakibatkan bintang akan terus membesar hingga akhirnya ia menghempaskan angin bintangnya dalam skala besar sehingga menyebabkan kehilangan massanya. Angin bintang tersebut kemudian membentuk Nebula Planeter dan bintangnya menjadi Katai Putih.

Ada struktur awan antarbintang yang terbentuk dari Jet Bintang, namun biasanya tidak berstatus Nebula, tetapi dapat dianggap sebagau nebula. Namanya Obyek Herbig-haro. Obyek ini terbentuk ketika sebuah jet dari bintang baru lahir menabrak materi dingin lalu membentuk nebula.[4]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What Is A Nebula?". universetoday.com. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  2. ^ "HII Region - COSMOS". swin.edu.au. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  3. ^ "H II region - astronomy - Britannica.com". britannica.com. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  4. ^ "Apa itu Obyek Herbig-Haro ?". Ancha Astronomi. 2017-10-06. Diakses tanggal 2017-11-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]